Beranda > Handphoneku > HP Jadul Tetapi Antik

HP Jadul Tetapi Antik


Pada suatu hari, kira-kira satu minggu sebelum hari lebaran tahun 2009 seorang pemuda datang ke rumah saya. Maksud kedatangannya ingin menjual hp miliknya. Kebetulan conter saya sedang tutup karena saya sibuk akan menyambut lebaran. Setelah berbasa-basi sebentar dengan malu-malu pemuda tersebut mengeluarkan hpnya. Ternyata hp bermerek tetapi sudah jadul alias kuno  persis seperti milik saya sebelumnya. Dalam hati saya bersorak karena hp seperti itulah yang sudah lama saya nantikan. Bukan karena mau saya jual kembali tetapi karena akan saya jadikan koleksi. Setelah tawar menawar dan akhirnya terjadi kesepakatan jadilah hp tersebut sah menjadi milik saya. Teman-teman langsung saya sms berita gembira tersebut. Ada yang membalas sms saya memberi penawaran harga 3 sampai 4 kali lipat dari harga beli saya, namun saya tidak berniat untuk melepasnya. Pengunjung tentu ingin tahu apa kelebihan/keistimewaan hp apa yang baru saja saya beli tadi bukan?

Kebanyakan orang tertarik memiliki hp karena sudah menjadi kebutuhan akan alat komunikasi yang cepat, praktis dan murah. Saat ini alat komunikasi sudah menjadi suatu kebutuhan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Setelah kebutuhan akan hp terpenuhi, beberapa waktu kemudian akan mulai timbul keinginan memiliki hp yang tergolong lebih modern, canggih dan mutakhir dengan berbagai fitur tambahan yang memikat hati. Seperti radio, mp3 player, bluetooth, 3G, televisi, acses internet dan sebagainya. Selain menuruti kata hati bisa juga karena gengsi. Hal ini saya rasa wajar-wajar saja, sah-sah saja dan manusiawi. Maka hp-hp second yang tergolong versi agak lama mulai berpindah ke tangan orang lain atau ke conter-conter hp. Maka hp yang sudah ketinggalan jaman/jadul pun mulai ditinggalkan.

Namun tahukah Anda bahwa sebagian orang memiliki hp selain sebagai suatu kebutuhan juga karena tertarik karena kejadulannya, keunikannya, keantikannya dan kelangkaannya. Maka tidak sedikit kini bertebaran para kolektor hp jadul (jaman dulu). Saya termasuk golongan di dalamnya. Dan hp antik yang baru saja saya beli tadi selain bermerek juga unik (punya antena panjang) serta sudah tua/kuno. Namun perlu diketahui bahwa hp yang dikatakan antik  bukan hanya karena umurnya sudah tua saja. Ada beberapa kriteria yang menjadi tolok ukur keantikan sebuah hp, di antaranya yaitu :

1). Faktor umur

Hp dikatakan jadul atau antik pastilah berumur tua setidaknya sudah ratusan tahun (kalau ada) atau paling tidak yang paling tua dari hp yang pernah ada. Kalau pas kumpul bareng (sesama komunitas hp jadul) hp yang paling tua akan menjadi pusat perhatian dan jadi hp yang dikagumi banyak orang.

2). Faktor Bentuk

Selain umur, bentuk hp juga menjadi indikator hp bisa dikatakan antik. Biar umurnya tidak tua-tua banget tapi bentuknya unik, cantik pastilah banyak orang yang mencari. Misanya hp yang antenanya panjang atau besar, hp yang bentuknya melengkung seperti pisang, hp yang antenanya persis sirip hiu, hp yang bentuknya gede banget atau justru kecil banget,dsb. Maka jadilah dia barang antik dan jadi rebutan kaum kolektor.

3). Fitur-Fitur Unik

Ada juga hp jadi rebutan kolektor bukan karena umur tua, atau bentuk yang unik tetapi karena hp tersebut memiliki fitur unik yang tidak dimiliki hp lain. Termasuk kreatif /inovatif yang merancangnya ya. Misalnya hp anti air (unik kan?), hp bisa buat mengusir nyamuk (ada beneran lho), hp dengan sinar X (rontgent), hp yang ada kipas anginnya he he he.

4). Faktor Langka

Kadang faktor kelangkaan hp menyebabkan hp jadi antik dan jadi sasaran kaum kolektor. Langka bisa jadi karena produsennya hanya membuat limite edition ( jumlah terbatas) atau karena sudah banyak yang rusak dan tinggal beberapa yang masih selamat dan kini jadi barang langka. Persis sama barang-barang peninggalan selebritis yang sudah meninggal jadi langka dan harganya langsung meroket, roket saja kalah tinggi ya nggak?.

5). Faktor Keawetan/Tahan Banting

Ini dia yang menyebabkan orang jadi sayang buat melepaskannya. Keawetan dan daya tahan hp yang sudah teruji akan menyebabkan hp tersebut banyak yang mencari. Banyak yang memberi predikat pada hp jenis ini seperti tahan banting, wanteq, awet, tahan lama dan sebagainya. Kalau hp yang sedikit-sedikit rewel sih niscaya akan segera dilupakan orang.

6). Faktor Mode

Faktor mode adalah salah satu faktor eksternal yang bukan berasal dari hp itu sendiri tetapi karena ya memang banyak orang yang suka dan banyak yang mencari sehingga harganya jadi lebih tinggi meskipun hp tersebut tidak begitu istimewa. Mungkin lagi mode begitu. Maka jadilah hp tersebut jadi barang antik karena banyak yang mencari. Tetapi faktor mode ini biasanya tidak bisa bertahan lama karena musiman. Nanti kalau orang-orang sudah pada bosan atau mucul hp model baru maka hp tersebut akan dilupakan, atau predikat hp antik akan direbut oleh hp lain.

Dari 6 faktor di atas adakah yang sesuai dengan keadaan hp Anda? Jika ada berarti hp Anda termasuk golongan hp antik, maka rawatlah dengan seksama dan cintailah dengan setulus-tulusnya. Namun jika tidak ada Anda tak perlu berkecil hati. Jadikan hp Anda menjadi hp terantik di dunia karena di dalamnya tersimpan kenangan yang tak terlupakan dan hanya Anda sendirilah yang mengetahuinya selain …………Tuhan.

Postingan yang akan datang ‘yang termasuk hp jadul tapi antik’ dari merek/tipe hp beserta gambar-gambarnya.Tunggu saja…….

Semoga uraian di atas dapat menambah wawasan dan membawa manfaat bagi kita semua. Bukan karena ingin menggurui, tetapi karena niat ingin berbagi. Koment, kritik dan saran membangun sangat membantu saya.Terimakasih.

  1. 12 Oktober 2009 pukul 17:05

    bos, saya ada hp jadul, barangkali bos minat
    ini link nya:

    http://www.kaskus.us/showthread.php?p=122379941#post122379941

  2. romeo
    26 Oktober 2009 pukul 08:46

    gue ada hp jadul erikson 3 pcs,,motorola 8700,,8200,,5700,,siemens,,semua sehat dan tinggakl pakai,,lcd semua oke,,hub 08388900208

  3. wyw1d
    26 Oktober 2009 pukul 10:40

    Thanks atas infonya.Wahh……. hp keren semua ya.Lain kesempatan saya hubungi.

  4. eko ndeso
    1 Desember 2009 pukul 12:18

    aku ada hp jadoel bos..7110 sm siemens S4..it hp apa yg langka bos..

    • wyw1d
      1 Desember 2009 pukul 12:30

      Wah itu juga sudah termasuk langka, sayangnya koleksi saya sepertinya sudah cukup banyak. Mau nambah lagi khawatir gak muat tempatnya ….Oke, lain waktu kalau ada frend yg tertarik tak hubungi gitu. Terimakasih ya sudah mau mampir.

    • Agoues
      13 Juli 2013 pukul 07:38

      mas s4 nya masih ada ?, email ke cacingcawu@hotmail.com kalo mau di jual yaa. tks

  5. ridha
    18 Maret 2010 pukul 12:29

    sorri…ada gak motorola v 8088,tolong bro sy minat,tq

    • 18 Maret 2010 pukul 19:44

      Wah…maaf motorolanya kok lagi kosong. Lain kali kalau pas ada saya beritahu ya. Terimakasih sudah mampir, salam hangat selalu.

  6. Lukman Hakim
    2 Mei 2010 pukul 13:44

    Mungkin aq br aja yg seneng ma hp jadul, mohon referensinya tipe hp apa aja yg termasuk kategori hp jadul. Soalnya aq cm py Nokia 6150 sm 5110.
    Thank’s Bro….

  7. agung
    2 Mei 2010 pukul 23:56

    aku punya 5185i… siapa yang minat

    • fajar
      22 Oktober 2010 pukul 14:51

      gung, aku minat,.. hubungi disini : kubekong@gmail.com serius, asal hape lo masi layak pakai,..

  8. kurniawan
    9 Mei 2010 pukul 23:31

    assalamu’alikum, pak,saya mau cari hp jadul ciri2nya besar,antena bisa memanjang,punya tutup yang bisa dibuka ke bawah,dan masih bisa digunakan.ada nggak yang mau jual?atau barangkali antum mau jual?kalo ada kira2 harganya berapa?alamat saya daerah salatiga.No hp saya 085865953879.tolong bales pakek sms aja ya trimakasih

  9. 16 Mei 2010 pukul 14:46

    aku ada 8110, panasonic GD55, 3315, nokia 3110 jadul(yg ini flxible lcdnya patah), ma 6210

  10. Sony
    24 Mei 2010 pukul 19:43

    Saya punya Ericksson Model T60c CDMA + original charger, kondisi 95%
    kalo berminat bisa hubungi saya di 0815 8823200 / 021.91403050.
    Thanks Bro

  11. agung
    10 Agustus 2010 pukul 19:00

    asslmualaikum wrwb, saya membutuhkan info untuk handphone jadul type ericson T28 atau T29 mohon info dari teman2 mungkin ada yg memiliki dan berminat menjual,saya sangat berminat dan serius bisa hubungi 081 703 232309 melalui sms atau tlp ataupun lewat e mail sukses_selalu91@yahoo.co.id saya di daerah surabaya wasslm

    • 30 September 2010 pukul 20:50

      Waalaikum salam mas Agung. Sayang sekali saya tidak mempunyai koleksi T28/T29. Namun mudah-mudahan ada teman/pengunjung yang memiliki? silakan saja menghubungi mas Agung. terimakasih.

  12. Birman
    14 Agustus 2010 pukul 10:23

    Ass,saya lg nyari hp nokia 7380,atau siemens SL45.Kalo ada yg mau jual (sekitar bekasi atau jak-tim) tolong hubungi 081514786083

  13. Rio
    2 Februari 2011 pukul 10:41

    saya lagi search yang berkaitan dengan hape jadul..eh ketemu web ini..emang bos punya hape antik bikin bangga he..he…saya koleksi paling tidak 10 hape antik tapi khusus yang brand Siemens, mana tau kita bisa saling sharing..thks

  14. anjas mara
    4 Februari 2011 pukul 04:35

    bos..ane punya philip genie lengkap dus,dekstop,charger dan dua batery normal..sama motorola startac x..cuma ada charger doank…ada yg minat ga??

    • budi
      6 Maret 2011 pukul 13:07

      gw pengen tuh motorola startac X, di mana aq bs hubungi??

  15. ilham
    14 Agustus 2011 pukul 12:03

    Saya ada hp jadul ni mereknya
    Audiovox gm 8w0 massi layak pakai charger msi original hp dr jerman ni bahasanya nya aja pake bahaa jerman hehe. Minat hub 08567889912

  16. dimas
    24 Oktober 2011 pukul 10:53

    ass rekan2 ada yg sering kumpul tidak sesama penggemar hp jadul? sy dimas dr trans tv ingin liput kegiatan rekan2 nih yg gabung sesama penggemar hp jadul..trm ksh..

    • 31 Oktober 2011 pukul 22:59

      Terimakasih mas Dimas,
      Buat para sahabat yuk ngumpul buat acara khusus di trans tv. Masuk tv …masuk tv

  17. hpantik
    12 November 2011 pukul 22:04
    • 4 Desember 2011 pukul 15:39

      Wah, terimakasih sahabat.Ayo tamu istimewa semua kita langsung ke TKP!

  18. emir fadly mutahar
    2 Februari 2012 pukul 22:59

    klo ada yg minat casing/tulang nokia jadul hub eming :02198942201

  19. Petrux
    4 Februari 2012 pukul 19:14

    Klo ada ericsson r 250 pro kasi infonya termasuk harga nett-nya bales lewat Email (wilayah salatiga)

  20. sya pnya hp sirip hiu dan pisang,brani brapa tawar tman2. klu mnat hub q 08985201884. q tggl d sktran sby aj! plur
    17 Maret 2012 pukul 17:04

    sya pnya hp jadul sirip hiu dan hp psang brani brapa tman2. klu brmnat hub q. di 08985201884 missen.

    • yudi
      2 Juni 2012 pukul 11:41

      brapa mau jual

  21. yudi
    2 Juni 2012 pukul 11:40

    ad yg mau jual hp jadul sirip hiu & samsung satelit R190

  22. 5 Maret 2013 pukul 13:02

    ane pnya hp jadul ericson tipe GA 628 ama nokia 9300i gan ane mau jual,,

  23. 3 Mei 2013 pukul 13:23

    I got this website from my friend who shared with me about this web page and now this time I am visiting this website and
    reading very informative articles at this place.

  24. nur ridwan latief
    5 November 2013 pukul 01:10

    ane ada nokia jadul gatau nih serinya brp cuma gede terus antenanya masih yang kaya walkytalky terus monochrome kalau minat 085779937376

  25. rizal
    27 Februari 2014 pukul 14:46

    gw punya nokia 3315,2300,ericson sirip hiu,5560,..msh aktif semua buat isi plsa,.sopo minat

  26. angga
    10 Mei 2014 pukul 23:57

    ane lg butuh charger nokia pisang barangkali ada yg mau jual. hub 089696922344

  27. eko
    18 Juni 2014 pukul 15:37

    Pak Rachmat saya eko ingin bincnag2 soal hape jadul. Jika berkenan sms nomor bapak ke 08121231445, atau email ke eko.mardi@gmail.com. tks

  28. 19 Juni 2014 pukul 20:12

    Saya ad hp nokia lama, mungkin bnpk berminat? Bsa sms 085753094168

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.