Beranda > Pendidikan > Rambu-rambu Penulisan PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

Rambu-rambu Penulisan PTK (Penelitian Tindakan Kelas)


JUDUL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

  • Ditulis secara singkat tapi padat, spesifik dan jelas
  • Menggambarkan masalah yang akan diteliti
  • Menggambarkan tindakan penelitian yang dipilih untuk memecahkan suatu masalah
  • Setting (tempat dan waktu)
  • Maksimal sebanyak 20 kata

Contoh:

a. Peningkatan Kompetensi Menulis Narasi Melalui Media Blog Siswa Kelas IX   SMPN Bulu 2 Rembang Tahun Pelajaran 2009/2010.

b.Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Media Google Earth Siswa Kelas V SDN Lambangan Wetan Tahun Pelajaran 2009/2010.

c. Penggunaan Media Pandang Dengar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca  Puisi Siswa Kelas VII SMP Bulu 2 Rembang Tahun Pelajaran 2009/2010.BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH

  • Masalah PTK yang diangkat:

1). Merupakan masalah nyata di kelas / sekolah, bukan hasil kajian teoretik dari buku

    2). Dapat terinspirasi dari hasil penelitian terdahulu, tetapi  digali dari permasalahan pembelajaran yang aktual.

    3). Masalah didiagnosis secara kolaboratif oleh dosen dan guru.

    • Masalah harus bersifat:

    1). penting dan mendesak untuk dipecahkan,

    2). dapat dilaksanakan (ketersediaan waktu, biaya dan daya dukung lainnya).

    • Identifikasi masalah sebaiknya disertai data-data pendukung.
    • Deskripsikan dan analisis penyebab timbulnya masalah secara komprehensif, sehingga ditemukan akar masalahnya.

    B. RUMUSAN MASALAH DAN PEMECAHANNYA

    a. Rumusan masalah disusun:

    • Substansi bentuk rumusan PTK
    1. Ada permasalahan yang akan diatasi
    2. Ada alternatif tindakan yang akan diambil dan hasil
    3. Positif yang diantisipasi
    • Bentuk rumusan menggunakan kalimat tanya, contoh:

    Apakah Penggunaan Media Google Earth dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam  pembelajaran  IPS siswa kelas V SDN Lambangan Wetan ?

    b. Pemecahan Masalah

    • Pemecahan masalah berisi:
    • Identifikasi alternatif tindakan
      • Sajian argumentasi logis terhadap pilihan tindakan atau deskripsi     secara logis alternatif tindakan secara konseptual berdasarkan:
    • kesesuaiannya dengan masalah
    • penyebabnya
    • kemutakhirannya,
    • keberhasilannya dalam penelitian sejenis
    • Berdasarkan teori atau wawancara dengan ahli
    • Indikator keberhasilannya secara rasional dan terukur

    c. Buat definisi operasional dari variabel pokok penelitian

    C. TUJUAN PENELITIAN

    Dirumuskan secara singkat dan jelas tentang apa yang ingin diatasi atau dicapai berdasarkan permasalahan dan cara pemecahan masalah yang dikemukakan.

    Contoh:

    1. Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan media google Earth.
    2. Meningkatkan hasil belajar yang lebih bermakna baik aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa melalui penggunaan penggunaan metode SQ3R.

    D. MANFAAT PENELITIAN

    • Manfaat diuraikan secara jelas dan sistematis baik
    • Kemukakan manfaat bagi siswa, guru, komponen pendidikan terkait di sekolah, misalnya :

    1. Bagi siswa:

    a. Tumbuhnya motivasi siswa dalam proses pembelajaran.

    b. Meningkatnya hasil belajar siswa baik aspek kognitif maupun afektif.

    c. Meningkatnya ketrampilan sosial siswa dalam bergaul di lingkungan sosialnya.

    d. Meningkatnya keaktifan siswa dalam belajar.

    2. Bagi guru:

    1. mengetahui strategi pembelajaran yang bervariasi untuk memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran Pengetahuan sosial
    2. Diperolehnya strategi pembelajaran yang tepat untuk materi bahasan kenampakan alam Indonesia dan negara tetangga
    3. Diperolehnya media pembelajaran yang cocok untuk pembelajaran Kawasan Regional

    2. Bagi Sekolah:

    a. Meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pengetahuan Sosial.

    b. Tumbuhnya motivasi guru dalam mengembangkan proses pembelajaran yang bermutu.

    c. Tumbuhnya iklim  pembelajaran  siswa aktif di sekolah.

    BAB II

    KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS TINDAKAN

    1. Deskripsikan kajian teori yang relevan dengan topik penelitian yang dilakukan , terutama variabel yang mau diatasi dan variabel digunakan untuk mengatasi
    2. Deskripsikan hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan topik yang diteliti
    3. Buat kerangka pemikiran yang menjelaskan keandalan tindakan untuk mengatasi masalah.
    4. Buat kerangka pemikiran diatas dalam bentuk gambar skema tindakan
    5. Tulislah Hipotesis tindakan.

    BAB  III

    METODE PENELITIAN

    1. Setting Penelitian : Deskripsikan Tempat, kondisi dan waktu penelitian dilakukan

    2.  Subjek Penelitian ; Deskripsikan Subjek penelitian secara lugas yang mencakup jumlah, jenis kelamin, cakupan, kondisi siswa.

    3. Siklus Penelitian ; Jelaskan jumlah siklus, tindakan siklus I, siklus 2 dan seterusnya disertai dengan penjelasan.

    4. Prosedur Penelitian ;Prosedur Penelitian mencakup: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi serta analisis dan refleksi

    a. Perencanaan Tindakan ; Deskripsikan tentang persiapan tindakan, kegiatannya mencakup :

    • penyusunan rencana tindakan (skenario pembelajaran)
    • penyusunan media
    • penyusunan materi
    • penyusunan instrumen
    • Simulasi rencana tindakan (skenario pembelajaran)

    b. Pelaksanaan tindakan  ; Deskripsikan rencana pelaksanaan  tindakan dalam bentuk RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) serta jumlah pertemuaannya.

    c. Observasi tindakan ; Jelaskan data yang dikumpulkan dan teknik pengumpulan datanya (soal test, lembar observasi, kuesioner).

    d. Analisis dan Refleksi ; Deskripsikan teknik analisis yang digunakan serta bahan dan   prosedur refleksi yang  digunakan.

    BAB IV

    HASIL PENELTIAN DAN PEMBAHASAN

    Pada bagian ini sistematika sajiannya dapat dibuat sebagai berikut:

    A. Kondisi Awal

    B. Siklus I

    C. Siklus II

    D. Siklus III

    E. Siklus selanjutnya ( jika ada )

    F. Pembahasan antar siklus

    Penjelasan

    A. Kondisi Awal

    Deskripsikan fakta dari permasalahan atau kondisi variabel yang ada sebelum dilakukan penelitian, Misalnya: nilai tes rata-rata yang dicapai, aspek ketrampilan sosial yang ada, tingkat keberanian bertanya siswa, miskonsepsi, dan sejenisnya.

    B. Siklus I

    Untuk masing-masing siklus dapat disajikan urutan sebagai berikut:

    1. Rencana tindakan (deskripsikan skenario pembelajaran),
    2. Pelaksanaan tindakan (deskripsi hasil observasi proses pelaksanaan pembelajaran secara rinci dari dari awal sampai akhir setiap pertemuan)
    3. Hasil Tindakan   (sajikan /deskripsikan hasil analisis data dari observasi proses, hasil test, dan angket)
        • Hasil Belajar siswa aspek kognitif,
        • Hasil Belajar siswa apek ketrampilan sosial (keberanian siswa dalam bertanya, berpendapat dan berargumentasi),
        • Efektifitas cara pembelajaran menurut siswa, dan seterusnya
          1. Refleksi ( Deskripsikan hasil analisis tindakan dan bandingkan dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan). Deskripsi ini merupakan sajian  analisis kritis  terhadap indikator kinerja VS hasil tindakan serta pengembangan konsep teoritis dan rencana tindak lanjut yang diperlukan.

          B. Siklus II (seperti siklus I)

          C. Siklus III ((seperti siklus I)

          D. ………..

          E. Pembahasan Antar Siklus

            Catatan: PTK minimal dilakukan dalam dua siklus.


            BAB V

            SIMPULAN DAN SARAN

              1). Simpulan :

              Merupakan jawaban terhadap perumusan masalah.

              2).  Saran :

              Merupakan tindak lanjut dari hasil penelitian baik yang bersifat teoritis, praktis, maupun kebijakan.

              Sumber : Materi workshop Guru Pemandu KKG ( Karya Tulis Ilmiah-PTK) di LPMP Jawa Tengah

              About these ads
              Kategori:Pendidikan Tag:
              1. jun
                18 Februari 2010 pukul 21:28

                kalau bisa uraikan secaralebih rinci lagi, agar guru sd dapat memahami cara manulis proposal sesuai dengan komponen prosal ptk

              2. 19 Februari 2010 pukul 02:10

                Terimakasih Pak Jun, lain kesempatan insyaAllah akan saya uraikan secara lebih rinci lagi.Salam hangat

              3. Winda Andriani
                17 Maret 2010 pukul 11:49

                Assalamualaikum wr.wb.
                Alhamdulillah, setelah membaca uraian mengenai PTK yang telah dipaparkan oleh bapak, saya memperoleh tambahan ilmu mengenai sistematika penyusunan KTI PTK. Saya seorang guru SD di Bandung yang ingin belajar lebih banyak menyusun Karya Tulis Ilmiah.

                • 18 Maret 2010 pukul 19:11

                  Waalaikumsalam,
                  Senang dapat sedikit berbagi dengan Mbak Winda Andriani. Selamat mencoba membuat KTI PTK ya….semoga sukses ! Salam hangat selalu

              4. Agus Mansur
                17 Maret 2010 pukul 20:38

                Contoh yang sudah jadi kalau bisa dimuat disini. trima kasih

                • 18 Maret 2010 pukul 19:18

                  Maaf ya Pak Mansur, saat ini masih belum bisa membuat postingan PTK yang sudah jadi…kalau review bisa saja. Silakan Pak Mansur melihat postingan berjudul “Google Earth sebagai Media Pembelajaran” itu merupakan PTK saya ketika mengikuti Lomba th 2009 (hanya secara garis besarnya saja). Semoga dapat menambah motivasi dan inspirasi Pak Mansur. Salam hangat selalu ya.

              5. 4 April 2010 pukul 10:54

                Saya sangat tertarik apa yang telah Bapak uraikan tentang PTK,dan saya memohon pada Bapak agar dapat mengirimkan Contoh PTK Yangsudah siap ke-emailsaya, atas bantuan dan pertolongan saya ucapkan terima kasih

              6. siswantozheis
                15 Mei 2010 pukul 19:19

                Assalamualaikum wr.wb.

                Artikel yang sangat menarik sekaligus bermanfaat bagi saya dalam usaha tuk memahami PTK.
                Bolehkan saya menampilkan artikel di atas pada blog saya ( saat ini saya baru dalam taraf belajar membuat blog )

              7. Gun
                29 September 2010 pukul 16:17

                Yang pasti… makasih banyaak.Semoga Allah SWT membalasnya dengan pahala yang berlipat ganda !

                • 30 September 2010 pukul 22:54

                  Terimakasih kembali mas Gun, senang bisa berbagi dengan Anda. Salam hangat selalu

              8. 31 Desember 2010 pukul 23:45

                Saya ingin berbagi pengetahuan ptk dengan pelanggan anda, apakah dengan buku ptk yang saya tawarkan atau dengan pelatihan, lihat http//ptk-tidak-sulit.blogspot.com

              9. NAJEMIATI,S.Pd
                15 Mei 2011 pukul 20:39

                THANKS ATS INFO TTG RAMBU2 DLM PENYUSUNAN PTK

              10. 7 Juni 2011 pukul 18:41

                TERIMA KASIH PAK ATAS RAMBU-RAMBUNYA, SY MERASA TERBANTU.

              11. sri peny
                11 Juni 2011 pukul 20:13

                Tulisan anda banyak memberikan wawaan dan inspirasi bagi kami…. sebagai pendidik, semoga apa yang disampaikan lebih kompetitif, berbagi ilmu adalah mulia dan berpahala, semoga mendapat balasan yang baik.

              12. Hisar Silaban
                19 Agustus 2011 pukul 17:47

                Bravo Guru…! terimakasih buat tulisannya yang dimuat dimedia ini….sudah semakin terjawab apa kendala saya selama ini dalam menulis PTK…. mudah-mudahan teman guru semakin inovatif dan kreatif yang senasib dengan saya.

              13. Pendo
                20 Maret 2012 pukul 06:35

                trimakasih Pak… ini sangat bermanfaat bagiku…. Kiasan Orang Jawa… Lemah Teles…Gusti Allah sing males….

              14. lhia
                25 Oktober 2012 pukul 09:56

                makasih yach ataz info mengenai ptk :)

              15. kak rowa maulana
                4 November 2012 pukul 18:31

                askum…. p.rahmad widodo. kami masih kesulitan dalam menjelaskan maksud dari point2 diatas… tolong agak di jelaskan sedikit tentang poin2 dalam pembuatan sekripsi tersebut… trimkasih… waskum….

              16. 10 Januari 2013 pukul 07:25

                Sip. Tulisan tentang rambu-rambu menulis ptk ini tentu sangat bermanfaat bagi kita para guru yang sedang menulis laporan atau proposal penelitian tindakan kelas. Mungkin bisa juga dilihat tulisan tentang Cara Menulis Rumusan Masalah PTK
                berikut.
                Salam.

              17. habib nugraha
                7 Mei 2013 pukul 11:50

                TRIMKS..

              18. 4 Juni 2014 pukul 00:12

                sangat bermanfaat

              1. 6 Juni 2011 pukul 11:15
              2. 7 Juni 2011 pukul 20:35

              Tinggalkan Balasan

              Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

              WordPress.com Logo

              You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

              Twitter picture

              You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

              Facebook photo

              You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

              Google+ photo

              You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

              Connecting to %s

              Ikuti

              Get every new post delivered to your Inbox.

              Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.