35 Model Pembelajaran Efektif
Ibarat pakaian yang penuh variasi lengkap dengan berbagai corak warna dan modelnya, semua itu adalah dengan tujuan agar si pemakai merasa nyaman, aman, terlindung, juga agar merasa percaya diri dan dihargai/dihormati orang lain. Orang lain yang memandang cara berpakaian pun akan merasa senang, simpati, bahkan mungkin tertarik akan performa dan potongan/model pakaian tersebut. Maka secara lugas dapat dikatakan bahwa tujuan daripada berpakaian sudah tercapai.
Demikian juga dengan pembelajaran. Banyak ragam strategi pembelajaran, pendekatan, metode pembelajaran dan juga model pembelajaran. Tujuan dilaksanakannya berbagai macam strategi pembelajaran, metode pembelajaran dan model pembelajaran adalah agar guru/pendidik lebih mudah, lebih efektif dan efisien dalam menerapkan suatu pembelajaran sehingga apa yang menjadi tujuan pembelajaran akan mudah tercapai secara maksimal.
Bagi peserta didik akan menimbulkan perasaan senang, termotivasi, tertantang sehingga pembelajaran pun menjadi lebih bermakna dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan ). Tidak ada lagi pembelajaran yang monoton dan menjemukan.
Khusus model pembelajaran, ternyata jumlahnya cukup banyak. Hal ini karena selalu ada inovasi-inovasi baru yang dilakukan oleh kalangan guru/pendidik, ahli pendidikan dan kaum cerdik cendikiawan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.
Efektif atau tidaknya suatu model pembelajaran diterapkan, tidak ditentukan oleh kecanggihan suatu model pembelajaran saja, karena pada prinsipnya tidak ada satu model pembelajaran pun yang terbaik. Model pembelajaran yang terbaik adalah model pembelajaran yang relevan dengan tujuan yang hendak dicapai.
Dari sekian model pembelajaran, berikut penulis sampaikan 35 model pembelajaran yang efektif. Efektif dalam arti cara penerapannya dan efektif dalam daya serap peserta didiknya.
1. Examples Non Examples ( contoh dapat dari kasus/gambar yang relevan dengan KD).
2. Picture and Picture.
3. Numbered Head Together ( Kepala Bernomor- Spencer Kagan 1992).
4. Cooperatif Script (Dansereau CS.,1985).
5. Kepala Bernomor Struktur ( modifikasi dari Number Heads).
6. Student Teams –Achievement Divisions (STAD) Tim Siswa Kelompok Prestasi (SLAVIN, 1995).
7. Jigsaw ( Model Tim Ahli )-(Aronson, Blaney, Stephen, Sikes, and Snapp, 1978).
8. Problem Based Introduction ( PBI ) Pembelajaran Berdasarkan Masalah.
9. Artikulasi.
10.Mind Mapping.
11. Make a Match (Mencari Pasangan – Lorna Curran, 1994).
12. Think Pair and Share (Frank Lyman 1985).
13. Debate (Debat).
14. Role playing.
15.Group Investigation ( Sharan, 1992 ).
16. Talking Stik.
17. Bertukar Pasangan.
18. Snowball Throwing.
19. Student Facilitator and Explaining.
20. Course Review Horay.
21. Demonstration ( khusus materi yang memerlukan peragaan atau percobaan).
22. Explicit Instruction/Pengajaran Langsung ( Rosenshina&Stevens, 1986).
23. Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC)-Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis (Stevens – Slavin, 1995).
24. Inside- Outside- Circle/Lingkaran Kecil-Lingkaran Besar ( Spencer Kagan).
25. Tebak Kata.
26. Word Square.
27. Scramble.
28. Take and Give.
29. Concept Centence.
30. Complete Sentence.
31. Time Token ( Arends, 1998).
32. Pair Checks ( Spencer Kagen, 1993).
33. Keliling Kelompok.
34. Tari Bambu.
35. Two Stay Two Stray-Dua Tinggal Dua Tamu ( Spencer Kagan, 1992 ).
Sebenarnya masih banyak macam model pembelajaran selain dari apa yang sudah penulis sampaikan di atas. Di antaranya yaitu model pembelajaran yang sudah atau baru saja ditemukan oleh Bapak/Ibu Guru namun karena suatu sebab belum sempat dipublikasikan. Penulis percaya hal itu hanya tinggal menunggu waktu saja.
Penjelasan lebih terperinci dari ke-35 model pembelajaran di atas akan penulis sampaikan satu persatu pada postingan yang akan datang. Meliputi pengertian, cara, media dan langkah-langkah penerapannya. Semoga Bapak/Ibu Guru bersedia mengikutinya.
nuhun o atas tulisannya yang menarik… kenalkan sy Agus Suhanto
Salam kenal juga.Terimakasih atas kunjungannya ya,jangan sungkan datang kembali.
Ass.slm knl pak knlkan saya rlien,mw mnt bntuansaat ini saya sedang mengerjakan skripsi mengenai metode snowball throwing.mhn bntuan bpk untuk mengirimkan saya teori dan referensinya karena saat ini saya sangat membutuhkannya.Bs kirimkan kealamat email saya rlien_88@yahoo.co.id
Postingan ini saya buat tidak dengan mengambil dari buku, tetapi dari hasil pengalaman saya mengikuti TOT guru Pemandu KKG di LPMP Jawa Tengah. Namun demikian saya hanya dapat menunjukkan buku-buku referensinya barangkali dapat sedikit membantu :
1. “Mempraktikkan Cooperative Learning di Kelas Kita” penulis Anita Lie,penerbit Grasindo.
2. “Model Pembelajaran Inovative” penulis Udin S.Winataputra,penerbit Universitas Terbuka. Terimakasih ya sudah mampir di blog ini.
Hehehe….silakan langsung dicopy saja ya. Ini buku-buku referensinya barangkali dapat sedikit membantu :
1. “Mempraktikkan Cooperative Learning di Kelas Kita” penulis Anita Lie,penerbit Grasindo.
2. “Model Pembelajaran Inovative” penulis Udin S.Winataputra,penerbit Universitas Terbuka. Terimakasih ya sudah mampir di blog ini.
salam kenal!
pak, saya bisa minta tolong kirimkan ke mail saya tentang asal ususl pembelajaran scramble.
maksih ya pak
wah komplit, ditulis beserta dengan nama pengembangnya. Terimakasih Pak Rachmad sangat bermanfaat untuk merumuskan penulisan tindakan penelitian kelas rekan guru. terimakasih sekali lagi.
salam hangat,
sesama penulis
w. http://www.jurnalphobia.org
oh ya ada yang lupa pak!!
saya sangat perlu penjelasan lebih lanjut tentang model pembelajaran scramble karena yang bapak buat terlalu singkat banget. tolongi loren ya pak!!makasih pak
Terimakasih atas kunjungannya.Mbak Lorenta dapat menemukan penjelasan lebih lanjut model pembelajaran scramble di 2 buku yang telah saya sebutkan pada jawaban pada Mas Amon Silaban. Buku tersebut dapat ditemukan di toko/penerbit grasindo, perpustakaan daerah atau mungkin di kios buku bekas juga bisa. Cari dulu ya.
Salam hangat dariku.
MAKASIH banyak. saya sangat terbantu dengan artikel2 anda. sukses terus. semoga artikel2 anda banyak memabntu bagi guru pemula seperti saya yang kekurangan metode pembelajaran
Sama-sama Mbak Nova, senang postingan sederhana blog saya dapat membantu Mbak Nova.
Salam hangat jabat erat dariku.
Selamat pagi……
Di mana ya saya bisa mendapatkan buku ini????
sudah beberapa hari ini saya cari di beberapa toko buku dan perpustakaan tidak ada..
Memang buku yang agak langka tetapi bukan berarti tidak ada. Coba hubungi TB Grasindo atau UPBJJ UT di daerah Mbak Endang. Terimakasih
Coba Mbak Endang cari atau pesan di TB Grasindo atau di UPBJJ UT di daerah Mbak Endang. Terimakasih ya
terima kasih!!!!
tapi apakah masih ada buku ini di jual ? soalnya di toko buku bekas yang di medan dan di gramedia ga ada yang jual lagi pak.Saya da cari yang kemaren di toko buku bekas dan gramedia pak. Ada ga pak jual bukunya di pulau jawa atau di tempat bapak . tolongi loren pak karena loren lagi menyusun skripsi. please ya pak !!!!!!!!!!!!!!!!!!
terima kasih pak
Wah, kok begitu ya. Coba cari/pesan di PT.Grasindo Jakarta,atau di UPBJJ Universitas Terbuka Medan. Di Perpustakaan Daerah Medan juga wajib dicari. Itu dulu, jangan cepat putus asa ya. Salam hangat dariku.
saya ingin tahu model pembelajaran apa yang sesuai dengan materi kimia tentang sistem periodik unsur. dan apa ya referensinya. terimakasih
Silakan melihat postingan penjelasan ke-35 model pembelajaran tersebut sehingga Mas Ziyad dapat menentukan model mana yang pas/relevan dengan materi kimia tersebut.Menurut saya model pemb.word square, demonstration, atau student facilitator and expalining cukup relevan.Referensinya silakan melihat 2 judul buku yang saya sebutkan pada jawaban saya atas pertanyaan Amon Silaban di atas.Terimakasih, salam hangat dariku.
salam manis buat bapak !
pak, jujur saya sudah hampir putus asa untuk mencari buku ini. karena saya sudah jalani semua gramedia yang ada di kota medan ini bahkan tempat – tempat jual buku bekas, perpustakaan . tapi hasilnya nihil.
jadi pak, bisa ga bapak nolong kami yang lagi menyusun skripsi ini pak . Pak tolong tambahi keterangan tentang model pembelajaran scramble ini dalam website bapak ini. Kami minta tolong banget pak. Karena hanya bapak yang mau membalas komentar kami.
Tolong kamilah pak …………!!!!!!!!!!!!!!!
Terima kasih ya pak atas bantuan bapak . Balas ya pak
Salam manis buat bapak
Tlng d jelaskan word square
punya file buku kooperatif skrip pak??? boleh saya minta???
buat bahan PPL nih pak….salam dari semarang
hwarang_adha@rocketmail.com
aslm,pak saya rezi.saya sekarang disemester akhir disebuah universitas diRiau.sudah berbulan-bulan saya mencari referensi atau buku yang membahas atau mengulas tentang kooperatif tipe three stay one stray (TSOS),sementara itu adalah judul tugas akhir saya,jd saya berharap bapak bersedia membantu kendala yang saya hadapi.kalau bs tolong kirimkan ke alamat email saya reziariawan14@yahoo.co.id
slm knl pak, saya tri mhon referen pengarang dan penerbit tentang model pembelajaran artikulasi (cara,kelemahan,dan kelebihan) saya sudah cari buku tapi bm dpt..
trmksh
terima kasih yah,, arikelnya bagus2,, saya izin copy yg ini yah,, mksii,,
pak, sya mau tanya, klo model pembljran kooperatif tipe kancing gemerincing, d.mana ya sya bisa cari referensi ny selain dari anita lie? klo dri lie sya sdh punya, tp sya hrus cari 2 referensi lagi..mhon bantuanny ya pak! terima kasih sbelumnya!
Terus terang saya baru tahu tipe kancing gemerincing. Salut ya, inovasi jalan terus. Teman-teman diberitahu ya itu buku yang dari Anita Li. Tuliskan saja di sini biar dishare. Silakan juga cari buku dari Udin S.Winataputra (pembelajaran inovatif). Terimakasih, salam hangat selalu.
saya mau beli buku model pembelajaran snowball throwling tapi saya tidak menemukannya di Pekanbaru, tolong bantu saya pak, saya butuh buku nya untuk penelitian. mohon bantuannya pak, sebelumnya terimakasih..
bisa minta ifo ttg pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing?
saya juga butuh materi tipe inside outside circle nieh: ada yang tahu bukunya ngak?
assalamu’alaikum……
pak, saya butuh sekitar 10 referensi tentang kooperatif learning yang membahas “model artikulasi atau bertukar pasangan” untuk mengerjakan skripsi….karena yg ada dibuku saya hanya membahas langkah2nya dan tdk membahas secara keseluruhan…
mohon bantuannya pak….
Assalamu’alaikum….
Pak… bisa minta tlg infonya tentang model pembelajaran kooperatif Bertukar pasangan. Atau jika ada buku yang membahas lebih dalam tentang model pembelajaran ini. Mohon bantuannya Pak… Terima kasih.
salam, kenal
pak, saya mau tanya dua hal.
1. bukunya anita lie yang “Mempraktikkan Cooperative Learning di Kelas Kita” itu membahas tentang model picture and picture dalam bab tersendiri atau secara umum saja??
2. picture and picture itu model apa metode? kalau model kok bisa ada di dalam model pembelajaran kooperatif??
ass.. pak bs g kirimkn penjelasan tntg ke35 model pembelajaran trsbt… mkzh b4….
tolong dikirimKn ke email sy.. whyna_centez@yahoo.co.id…
asS…
salam kenel pak…
pak saya sekarang kuliah disemester akhir..
saya menyusun skripsi tentang kooperative scrip tapi bukunya susah dicari,
apa ya pak judul bukunya dan pengarangnya siapa…
trima kasih.
ss.slm knl pak knlkan saya andes,mw mnt bntuansaat ini saya sedang mengerjakan skripsi mengenai metode Cooperatif Script .mhn bntuan bpk untuk mengirimkan saya teori dan referensinya karena saat ini saya sangat membutuhkannya.Bs kirimkan kealamat email saya.andes_gulo@yahoo.com
assalamualaikum, knlkn saya lisna, mau mnt bantuan pak, saya sedang menyusun skripsi mengenai model pembelajaran IOC dan TPS, mohon bantuan bapak untuk mengirim teori dan referensi dari ke 2 model tersebut, karna saya sudah mencari bukunya kemana-mana tapi tidak saya temukan, mohon bantuannya, karna saya sangat membutuhkannya, kalau bisa tolong bantu saya agar saya mendapatkan bukunya,, kirimkan kealamat email saya. lisn41@yahoo.com terimakasih
infomasi yang sangat menarik dan sangat diperlukan khususnya untuk saya sebagai seorang pendidik perlu mngetahui. terimakasih banyak krn sy dapat melihat informasi ini. saya tunggu informasi berikutnya seperti pembelajaran matematika
assalamu’alaikum wr.wb
pa saya risma kuliah di UNIGA(universitas Garut),saya mau minta bantuannya pa…saya kan mau nyusun skripsi kebetulan judul skripsi saya tentang scramble…saya mhon bpa bisa memberitahukan judul2 bku yang berisi tentang scramble…mkasih
buat pembelajaran ap g2?
minta tolong kalo ada pdf tentang scramble picture
Asalmualikum,wr.wb
Pak mau tanya kalau model mengajar dengar,lihat,kerjakan, nama buku dan pengarangnya sipa saja? soalnya saya cari2 gak dapet2. Ada model mengajar CBSA karya Dr.H.Nana Sudjana selain itu krya siapa lagi pak?Mohoon bantuanya sblmnya makasih Pak kalau ada kasih tau saya hub: 08991270205
saya ingin tahu model pembelajaran apa yang sesuai dengan materi fisika tentang usaha dan energi kelas XI semester 1. dan apa ya referensinya. terimakasih
saya mau tanya…apakah ada buku yg smuanya membahas tentang model pembelajaran scramble dan artikulasi pak…kalau ada apa judul n pengarangnya pak?trimakasih
saya mau tanya, apakah model tipe kancing gemerincing ini cocok buat diajarkan ke speaking subject pak?
bapak bisa dicopykan gag bukunya yang 2 itu,, nanti saya ganti sekalian ongkirnya
saya mau tanya pak, kalu model pembelajaran pair check itu ada di buku apa ya pak, saya udah cari cari susah dapatnya.tolong bantuannya.terimakasih
gak ada
Sharp thniknig! Thanks for the answer.
kalo model Two Stay Two Stray referensi buku yg bisa digunakan apa saja pak?trims
Pak saya mau tanya, kalau model pembelajaran Artikulasi ada di buku apa? Saya perlu sekali buku tentang itu? Terimakasih sebelumnya.
maaf pak saya mau tanya, kalau buku khusus yang membahas tentang metode picture and picture ada gak ya? kalau ada tolong dong pak kasih tau judul dan penulisnya.
Pak mohon bantuannya
sy sangat memerlukan pejelasan n sintak model pembelajjaran scramble
bolehkah saya taw sumber2 atau buku yang berkaitan dengan model pembelajaran scramble makasi pak 🙂
Perkenalkan nama saya Andika, saya ingin tau pengarang buku Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Klo ada link download untuk buku tersebut, tolong konfirmasi ke email saya di: andikakeren53@ymail.com. trimakasih.
Mighty useful. Make no mistake, I apciaprete it.
This is a great explanation of Lay and Lie. I actually just gave up on these verbs and used “put” instead of lay so I wouldn’t have to deal with it! I think I probably just used Lay wrong throughout my whole life it seems! Now I know. Thanks!
Ass.slm knl pak knlkan saya frima,mw mnt bntuan saat ini saya sedang mengerjakan skripsi mengenai metode artikulasi mhn bntuan bpk untuk mengirimkan saya teori dan referensinya karena saat ini saya sangat membutuhkannya.Bs kirimkan kealamat email saya
asasalamu alaikum pak,,salam kenal saya mau minta tolong referensi snow
ballnya
assalamualaikum pak…
saya ingin tahu judul buku dan pengarang yang membahas tentang model pembelajaran tebak kata, ,
tlong blas ya pak untuk mengerjakan skripsi…
pak bisa minta tolong kirimkan teori dan referensinya CIRC pak. saya mohon dengan sangat.
wah komplit, ditulis beserta dengan nama pengembangnya. Terimakasih Pak Rachmad sangat bermanfaat untuk merumuskan penulisan tindakan penelitian kelas rekan guru. terimakasih sekali lagi.
salam hangat,
sesama penulis
w. http://www.jurnalphobia.org
Selamat pagi Pak, saya suka dengna tulisan Bapak. Bolehkah saya menyematkan saran (aduh bahasanya alay, maafkan saya >.<), bisakah Bapak mencantumkan link pada setiap model/ metode pembelajaran di atas yang berisi ulasan/ review/ referensi tulisan bapak selanjutnya?
Demikian, terimakasih
salam hangat,
penulis http://www.JurnalPhobia.org
saya JUFIENE NGARLIN TUTUBOY,S.Pd guru SMP Naskat Maria Mediatrix – Ambon, menciptakan satu model pembelajaran TGT (team Game Tournament) bentuk Game Puzzle.