Beranda > Pembelajaran > Model Pembelajaran Examples Non Examples

Model Pembelajaran Examples Non Examples


Sesuai dengan janji saya pada postingan yang lalu, maka pada kesempatan ini saya akan menyampaikan postingan tentang 35 Model Pembelajaran Efektif satu persatu beserta langkah-langkah pembelajarannya. Model Pembelajaran Examples non Examples sebenarnya sudah dan sering dipergunakan oleh Bapak/Ibu Guru dalam proses pembelajaran. Namun kadang masih awam mengenai istilah nama model pembelajarannya.

Model pembelajaran ini  menggunakan  contoh dapat dari kasus/gambar yang tentunya relevan dengan Kompetensi Dasar/KD.

Adapun Langkah-langkah Pembelajarannya adalah sebagi berikut :

  1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri 3-4 orang siswa.
  2. Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran/KD.
  3. Guru menempelkan gambar di papan tulis, ditayangkan melalui OHP atau LCD proyektor melalui komputer/laptop.
  4. Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan kepada para  siswa untuk memperhatikan dan menganalisa gambar.
  5. Melalui diskusi kelompok 3-4 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas/lembar kerja.
  6. Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan lembar kerja/hasil diskusinya.
  7. Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
  8. Kesimpulan.
  • Kelompok dengan nilai tertinggi diberi reward (misal tanda bintang pada lembar kerja) lalu ditempel di dinding kelas.

Demikianlah, mudah-mudahan postingan ini dapat menambah khasanah pembelajaran kita sehingga pembelajaran yang dirancang Bapak/Ibu Guru dapat lebih bervariatif, lebih bermakna, menantang sekaligus menyenangkan.

Majulah Pendidikan di Indonesia!

  1. ratna wulan sari
    25 Desember 2009 pukul 07:41

    Terimakasih, saya akan mencoba metode example non example smoga membantu saya di kelas

  2. wyw1d
    25 Desember 2009 pukul 07:49

    Terimakasih kembali Mbak Ratna Wulansari.Semoga sukses ya!

  3. piens
    7 Mei 2010 pukul 12:06

    bisa minta penjelasan yang lengkap tentang metode examples non examples? dan develop by spa?

  4. Riyana
    3 November 2010 pukul 20:12

    saya ingin membuat skripsi tentang metode examples non examples…bisa minta pejelasan yang lebih lengkap? selain itu, ada referensi buku tentang metode ini tidak…?? saya minta tolong di kirim ke email saya..
    ryry_pinky@yahoo.com…terima kasih..

  5. indra gunawan
    20 November 2010 pukul 13:12

    saya sedang membut skripsi menggunakan metode examples non examples saya pengen minta penjelasannya yang lebih lengkap.sama kaya rina yang pernah komentar tentang buku tentang metode ini ada g soalnya buat bahan referensinya…?tolong ya dikirimke email saya. indraexcel@ymail.com

  6. yuryce febrina
    25 November 2010 pukul 21:10

    rencananya saya mau buat skripsi mengenai metode ini tapi saya masih ragu karena dalam penerapan metode ini bisa untuk mata pelajaran sosiologi dan saya pengen referensi mengenai metode ini
    terima kasih sebelumnya
    kirim aja melalui email saya: rycef@yahoo.com

  7. Umi Qowiyatun
    8 Januari 2011 pukul 10:26

    Maaf pak…sy seorang guru sdg bingung mau memulai PTK.kalo examples and non examples digunakan untuk materi fotosintesis serta penyakit dan hama tanaman bisa ga? trmksh

  8. AyuMi
    2 Februari 2011 pukul 15:09

    Lam kNaL paK,,
    Saya lagi mencari referensi mengenai metode example non example. Bisa minta penjelasan lebih lengkap tdk, tentang metode examples non examples,,. krn rencananya mw buat TA mengenai metode ini…
    kalau ada,, tlg d kirimkan ke email sy :ayutrisna90@yahoo.co.id
    thanks b4…

  9. leny yoseva
    15 Februari 2011 pukul 07:16

    Lam knal pak…sya lgi nyusun Tesis tentng PTK dengan model pembelajaran Example non Example tapi sya kebentur Refrensinya…tlong donk pak kirim ke email saya yoseleva@yahoo.co.id

  10. maria claudia aurelia tiow
    15 Maret 2011 pukul 19:17

    Salam kenal pak. saya sedang mencari referensi mengenai metode example non example,, karna rencananya saya mau buat skripsi tentang metode ini, boleh nda saya minta penjelasan lebih lengkap tentang metode ini, dan ada gak buku referensi tentang metode ini??? kalau ada tolong dikirim ke email saya: mariaaureliatiow@yahoo.com

  11. arisondank
    29 Mei 2011 pukul 15:01

    saya sedang dalam proses penyusunan Proposal Penelitian.
    sya akan mengambil judul ini.
    saya mintak kejelasan referensi di atas untuk menambah bahan skripsi saya nantinya.
    terima kasih

  12. 2 Juli 2011 pukul 19:18

    minta penjelasan lengkap dung tentang example non example…soal.a sya kekurangan bahan buwat bikin makalah…tolong kirim ke email sya…trma ksh…

  13. resky afriani
    15 Juli 2011 pukul 11:50

    maaf pa klo boleh saya minta tolong dijelaskan mengenai example non example.juga perbedaan mengenai kedua contoh tenttang example dan non example

  14. noer
    19 Juli 2011 pukul 19:37

    tolong kirim penjelasan yang lengkap tentang example non example sebagai bahan referensi sya nantix..mksh,kirim ke email sy:AnthieNoer07@yahoo.co.id

  15. aan surya putra
    21 Desember 2011 pukul 14:13

    saya sedang dalam penyusunan tugas akhir skripsi n mengambil judul yg berkaitan dengan metode pembelajaran example non example. mohon dibantu untuk penjelasan yg lengkap tentang metode pembelajaran tsb. terima ksh sebelum n sesudahnya ;-)

  16. 25 Januari 2012 pukul 00:28

    salam kenal pak,saya tertarik dengan artikel bapak semoga dapat menjadi suber belajar bagi kami ,nuwun

  17. 3 Februari 2012 pukul 19:17

    saya tertarik untuk menyusun proposal tentang metode ini..
    mohon kirimkan referensinya ke alamat email saya hendrawijaya2@gmail.com

  18. lida
    8 Februari 2012 pukul 20:32

    wahh sangan membantu sekali ini .
    terimakasih sahre materinya . sangan bermanfaat, kebetulan saya sedang membuat tugas akhir yang nantinya akan di jadikan sebagai proposal skripsi, kemudian di jadikan skripsi, saya tertaring dengan metode pembelajaran ini, namun saya masih kekurangan bahan untuk penerapannya, jika berkenan boleh kah saya meminta penjelasannya secara mendetail ?
    jika diizinkan bisa diberikan referensinya ke alamat email saya lidhachu@yahoo.com
    terimakasih :)

  19. alikzan
    19 Februari 2012 pukul 14:08

    aq btuh banget referensi examples non examples krn skrng aq jg nyusun skripsi dengan judul itu,,,,,,,,, BUTUH BANGET……… MOHON DIBANTU

  20. windie
    4 April 2012 pukul 13:35

    ass,sya menyusun skripsi dgn materi exampes non examples,sy butuh referensix,mohon dibantu dmn sy bza dpat bukunya,sy sdh cari ketoko2 tp tdk dpt

  21. era
    27 September 2012 pukul 08:48

    maaf yaa, saya mau buat skripsi tentang example non example. tolong kasih referensi yang lengkap biar bisa membantu saya. kirim ke email saya aja erasayang341@yahoo.com

  22. diniadusviyani
    19 Oktober 2012 pukul 17:03

    saya minta referensi nya donk saya sedang menyusun skripsi tenteng ini…

  23. dhinnie
    30 Oktober 2012 pukul 20:25

    boleh minta tolong g klo penemu model example no example siapa?? dan ada buku referensi untuk model tersebut tidak??

    tolong kinfir ke diniagusviyani@ymail.com
    terimakasih sebelumnya :)

  24. teby yunita sari
    5 Desember 2012 pukul 22:48

    tolong referensinya

  25. 28 Desember 2012 pukul 13:02

    saya sedang dalam proses penyusunan Proposal Penelitian.
    sya akan mengambil judul ini.
    saya mintak kejelasan referensi di atas untuk menambah bahan skripsi saya nantinya.
    terima kasih

  26. zamroni
    18 Maret 2013 pukul 19:59

    gan bisa minta contoh ptk model example lengkap?
    ale aq mo coba buat ptk tuk sd kelas 2

  27. rizki
    27 Mei 2013 pukul 11:51

    pak minta referensiny dong skripsi, kirim ja ke rizki_pkl@yahoo.co.id
    mkch

  28. saepul
    25 September 2013 pukul 21:15

    rencananya saya mau buat skripsi mengenai metode example non example ini tapi saya kesulitan dalam mencari referensi yah. mohon bantuan ya, dmana sy bisa mendapatkan referensi yah trsbut
    kirim aja melalui gmail saya: Saepul.bahcri@gmail.com

  29. rizqi
    2 Januari 2014 pukul 10:40

    rencananya saya mau buat skripsi mengenai metode example non example ini tapi saya kesulitan dalam mencari referensi yah. mohon bantuan ya pak
    gmail rizqianiaulia@gmail.com

  30. 5 Januari 2014 pukul 06:18

    pak, boleh minta referensi buku tentang model exaple non exaple??

  31. dila
    11 Januari 2014 pukul 14:31

    ada skripsi ttg example non examples ini nga’? kalau ada tolong d posting juga, soalnya lagi nyari penelitian relevan utk srikpsi, jurusan matematika

  32. 3 Februari 2014 pukul 00:17

    saya sedang menyusun skripsi kebetulan saya memakai metode exampel non exampel ..boleh tidak saya minta referensi buku tentang metode exampel non exampel …dan dimana saya harus cari buku tersebut karena saya sangat membutuhkan..sebelumnya terimakasi..
    email: umihabibah47@yahoo.co.id

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.