Beranda > Pembelajaran > Model Pembelajaran Artikulasi

Model Pembelajaran Artikulasi


Model pembelajaran Artikulasi prosesnya seperti pesan berantai, artinya apa yang telah diberikan Guru, seorang siswa wajib meneruskan menjelaskannya pada siswa lain (pasangan kelompoknya). Di sinilah keunikan model pembelajaran ini. Siswa dituntut untuk bisa berperan sebagai ‘penerima pesan’ sekaligus berperan sebagai ‘penyampai pesan.’

Langkah-langkah model pembelajaran Artikulasi adalah sebagai berikut :

  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
  2. Guru menyajikan materi sebagaimana biasa.
  3. Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang.
  4. Menugaskan salah satu siswa dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya.
  5. Menugaskan siswa secara bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya.
  6. Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa.
  7. Kesimpulan/penutup.

Demikianlah, mudah-mudahan postingan ini dapat menambah khasanah pembelajaran kita sehingga pembelajaran yang dirancang Bapak/Ibu Guru dapat lebih bervariatif, lebih bermakna, menantang sekaligus menyenangkan.

Majulah Pendidikan di Indonesia!

  1. vita
    13 Januari 2010 pukul 12:37

    tlg kirim kam referensi buku menai artikulasi ya

  2. wyw1d
    13 Januari 2010 pukul 14:11

    Silakan melihat jawaban komentar Mbak Sisi di postingan berjudul Model Pembelajaran Word Square. Terimakasih atas kunjungannya Mbak Vita. Salam hangat dariku.

  3. 24 April 2010 pukul 18:23

    tolng krimin refrensinya donk,buat bahan proposal……..

  4. sartono
    11 Juni 2010 pukul 13:17

    Pak, saya minta tlong donk,,, pak tolong kasih tahu judul buku yang memuat model artikulasi, pengarang dan penerbitnya. saya minta tlong ya pak, karena buku ini penting bngt untuk bahan skripsi saya. tolong dibalas ke email saya. terimakasih atas bantuan bapak

  5. amalia
    4 November 2010 pukul 15:49

    pak, saya minta tolong dong, bpk tolong kasih tau judul buku/daftar pustaka yang memuat model artikulasi ini. buku ini penting untuk skripsi saya. terimakasih atas bantuan bapak.

  6. Atit Djuwita
    13 Desember 2010 pukul 08:28

    Pak saya pernah mencoba melaksanakan model ini. Waktu itu saya belum tahu namanya, saya beri nama pembelajaran kooperatif dg metode pesan berantai (siswa dibuat berkelompok). Ternyata ini sebuah model ya pak? Boleh kan pak dimodifikasi menjadi berkelompok (nggak saklek 2 orng siswa)? Ingin saya buat jadi PTK, boleh kan nanti saya banyak bertanya kpd bapak?

  7. siti
    27 Agustus 2011 pukul 14:02

    saya pengen tw lebih jauh dgn model ini, soalnya ini mau saya gunakan buat bahan penelitian!

    bsa ga pa tlong krimkan k saya judul bukux, ato paling ga sya punya sumber?

  8. mba Yul
    13 September 2011 pukul 21:41

    ada yang tau tentang mnemonic g? kira2 dimana dapat bukunya?

  9. linda
    27 September 2011 pukul 21:03

    tlong kirimi juduk buku dan pengarangnya ya..

  10. Seri Parsalina
    10 November 2011 pukul 21:20

    tolong bantu buat makalah tentang artikulasi na…..

    • 4 Desember 2011 pukul 15:25

      Sementara saya baru bisa bantu lewat postingan di blog ini….maaf ya mbak Seri Parsalina

  11. zizah
    17 Desember 2011 pukul 20:11

    pak model artikulasi ini kebetulan model pembelajaran yang akan saya lakukan dalam penelitian saya,saya minta bantuanx pak tlong ksih tau referensi buku lain mengenai model artikulasi ini pengarang sama penerbitnya ?saya sngat minta tlong pak?tlong bpak kirim ke email saya pak?

  12. surya
    31 Januari 2012 pukul 18:17

    bapak,,minta refersni buku tentag artikulasi,,karena ini judul penelitian saya..mohon bantuannya

  13. lintang putra
    31 Januari 2012 pukul 19:47

    bapak tolong kirim kan refrensi bukunya.. ini judul skripsi ku…

  14. Hushniyah
    6 Februari 2012 pukul 16:20

    pak tolong dong krim kan saya pengertian artikulasi , langkah – langkah nya dan kelebihan dan kelemahan nya ,
    soal nya saya ge butuh buat penelitian skripsi saya .
    plis tolong krim kan ke email saya ya pak .

  15. Hushniyah
    6 Februari 2012 pukul 16:22

    6 Februari 2012 pukul 16:20 | #15
    Balas | Kutip

    pak tolong dong krim kan saya pengertian artikulasi , langkah – langkah nya dan kelebihan dan kelemahan nya ,
    soal nya saya ge butuh buat penelitian skripsi saya .
    plis tolong krim kan ke email saya ya pak .

  16. herni
    7 Maret 2012 pukul 23:01

    Pak tolong kirimkan judul buku yg smuanya mencakup model pembelajaran artikulasi dan siapa pengarangnya…

  17. herni
    7 Maret 2012 pukul 23:49

    pak tolong kirimkan judul buku tentang artikulasi serta pengarangnya…..makasih

  18. nhie
    20 Maret 2012 pukul 09:40

    Mkacih yah…………………

  19. oliez
    28 Juni 2012 pukul 14:58

    assalamualaikum. pak, apakah ada referensi buku model pelajaran yg menggunakan model ARTIKULASI.
    mhon jwaban nya.
    karena sya sedang melakukan PTK dan sya menggunakan model itu tpi, sangat susah sya temukan.
    terima kasih.

  20. Yemima Barasa
    27 November 2012 pukul 19:25

    terimakasihh yaa..sangat membantu saya…:)

  21. hdy alfiano
    1 Desember 2012 pukul 08:48

    pak ada buku yang memaut pengertian model pembelajaran artikulasi tidak?
    tolong jawabannya. saya lagi menyususn skripsi dengan model pembelajaran artikulasi tp susah nyari bukunya.

  22. 3 Januari 2013 pukul 14:04

    pak, gmn caranya ya supaya saya bisa dapatkolong an buku mengenai artikulasi ini? tolong jawabannya ya pak…? makasih sebelumnya

  23. diah pratiwi
    5 Januari 2013 pukul 11:30

    pak, bisa gak kasih tAU buku untuk model scramble, penerbit n pengarangnya siapa

  24. 10 April 2013 pukul 11:07

    The exterior is an excellent black colored, which makes it
    difficult to observe every one of the of the coffee
    that you have spilled on it over time, and additionally it doesn’t really come separate, and so aside from the filter basket and also the pot, you don’t need to worry about cleaning
    it. we love my personal bialetti coffee maker and think it perhaps produces the better coffee of the many another options about and also now we
    have relocated into my personal brand-new house containing
    the gas cooker im going which will make the undertaking in order to make
    use of it more often.

  25. yetty hutasoit
    6 Mei 2013 pukul 07:14

    pak, saya minta tolong kasi tahu judul dan pengarang dan tempat yang menyediakan buku tentang pembelajaran aktif model artikulasi, yang memuat teori yang lengkap.buku ini sangat saya butuhkan untuk referensi teori proposal saya…terimakasih atas bantuannya

  26. 17 Juli 2013 pukul 08:41

    I am really impressed with your writing skills as well as with
    the layout on your weblog. Is this a paid theme or did you modify it yourself?
    Anyway keep up the excellent quality writing, it’s rare to see a nice blog like this one these days.

  27. limoeeet
    31 Agustus 2013 pukul 07:01

    pak minta tolong kasih tw judul dan pengarnag.a siapa tentang pembelajaran kooperatif tipe artikulasi ini….. minta tolong banget pak krim lwat email yea terima kasih sebelumnya pak

  28. nia pramita
    30 Januari 2014 pukul 12:53

    pa tlong tuliskan judul buku tentnang artikulasi,coz susah bgt pak truz dmna kalo mau cri buku tersebut

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 54 pengikut lainnya.