Beranda > Pembelajaran > Model Pembelajaran Talking Stick

Model Pembelajaran Talking Stick


Model pembelajaran Talking Stick menggunakan sebuah tongkat sebagai alat penunjuk giliran. Siswa yang mendapat tongkat akan diberi pertanyaan dan harus menjawabnya. Kemudian secara estafet tongkat tersebut berpindah ke tangan siswa lainnya secara bergiliran. Demikian seterusnya sampai seluruh siswa mendapat tongkat dan pertanyaan.

Langkah-langkah pembelajarannya adalah sebagai berikut :

  1. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran/KD.
  2. Guru menyiapkan sebuah tongkat.
  3. Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi lebih lanjut.
  4. Setelah siswa selesai membaca materi/buku pelajaran dan mempelajarinya, siswa menutup bukunya dan mepersiapkan diri menjawab pertanyaan guru.
  5. Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, jika siswa sudah dapat menjawabnya maka tongkat diserahkan kepada siswa lain. Demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru.
  6. Guru memberikan kesimpulan.
  7. Evaluasi.
  8. Penutup.

Demikianlah, mudah-mudahan postingan ini dapat menambah khasanah pembelajaran kita sehingga pembelajaran yang dirancang Bapak/Ibu Guru dapat lebih bervariatif, lebih bermakna, menantang sekaligus menyenangkan.

Majulah Pendidikan di Indonesia!

  1. mimin
    23 Januari 2010 pukul 20:21

    kalo bisa dilengkapi dukzz,jangan garis besarnya doank…
    diunggu 1 minggu ge…
    butuh banget tuk referensi…

  2. 23 Januari 2010 pukul 21:19

    Terimakasih atas tanggapannya. Materi ini saya dapatkan saat mengikuti ToT Guru Pemandu di LPMP Jawa Tengah. Buku referensi yang cukup relevan yang dapat saya sampaikan yaitu : 1. Mempraktikkan Cooperatif Learning di Kelas Kita- Penulis Anita Li, PT Grasindo. 2. Model Pembelajaran Inovatif-Penulis Udin S.Winataputra, penerbit Universitas Terbuka. Selamat Belajar Mbak Mimin, semoga sukses selalu.

  3. HAYATI
    2 Februari 2010 pukul 15:29

    TAMBAH DOANG…. BAHASAN TENTANG PEMBELAJARAN TALKING STIK.TQ

  4. 2 Februari 2010 pukul 15:48

    hehehe……biar lebih puas silakan baca 2 buku di atas Mbak Hayati. Terimakasih ya atas kunjungannya. Salam hangat dariku.

  5. rahmania junelia
    1 Mei 2010 pukul 09:47

    pak rahmad,,skripsi saya ttng metode talking stick
    tp saya kesulitan dalam menemukan buku referensinya,,mohon di bantu ya pak
    judul buku n pengarang apa yg relefan dg ini,,soalnya d padang susah menemukannya,makasih pak

  6. 26 Agustus 2010 pukul 14:41

    pak,,,,,sy lg revisi skripsi,,,dosen minta pola langkah2 pembelajarannya.
    sya bingung gmana ggambarinnya.
    mohon bantuannya,,,,trms sebelumnya
    ditunggu jawabannya

  7. nia
    16 Oktober 2010 pukul 15:34

    kalau berkenan tlong sy krimi artikel/makalahnya dalm pembelajaran mtk>dn sy mnt tolng referensi nya karangan siapa?soalny sush menemukannya,mkseh pak

  8. Debby
    7 Desember 2010 pukul 12:05

    tolong kasi tau saya judul buku tentang talking stick

  9. Debby
    7 Desember 2010 pukul 12:08

    apakah hanya 2 buku itu saja yg membahas tentang talking stick???? tolong saya berikan refernsi yg lain

    trims

  10. dian wilda
    26 Januari 2011 pukul 20:47

    as….
    bapak
    saya salah satu mahasiswi di jogja…
    sekarang saya lg menyusun sikripsi tentang tolking stick
    mohon apabila berkenan saya minta tolong tentang buku-buku reverensinya pak…
    sebelumnya makasih banya…

    • Pihan
      13 April 2011 pukul 21:09

      Ass.. hai dian saya jga lagi nyusun skripsi ne ttg mdl pembj talking stick, krna sya tinggal di daerah sumatera jadi sulit mencari refrensi… sudikah kiranya sdr dian membantu saya… ini email saya. muhammadaspihan@ymail.com

  11. dina tri novita s
    6 April 2011 pukul 15:14

    Pak rachmad Skripsi saya tentang pembelajaran Talking Stick, tp saya kesulitan dalam menemukan bku referensinya,Mohon di bantu ya pak,,,

  12. Sri widari
    25 Juni 2011 pukul 08:57

    Kajian pustaka dan aspek penilaian aktivitasnya bisa bantu pak

  13. 7 September 2011 pukul 18:19

    Ass……
    pak rachmad, sya salah satu mahasiswi Universitas Negeri Makassar yang mengambil judul Skripsi tentang penerapan Talking stick dalm pembelajaran tapi sya kesulitan menemukan buku referensinya, mohon bantuannya ya pak…
    ini email saya pak Riskayana@ymail.com

    • ela
      12 Maret 2012 pukul 15:44

      aku jg sama, blh tau ga referensiny ap aj?

  14. anisa
    26 Oktober 2011 pukul 17:52

    ass….saya lagi mengerjakan proposal buat skripsi dan mengambil judul pengaruh talking stick pada peserta didik,tetapi saya tidak bisa bimbingan lagi karena buku tentang pengertian talking stick blum dapet,padahal sudah cari2 kemana2…tolong kasih tau ya pak judul bukunya..terimakasih

    • 31 Oktober 2011 pukul 23:03

      Coba lihat postingan :”Buku Referensi Model Pembelajaran Kooperatif”
      Terimakasih kembali

  15. elis
    26 Februari 2012 pukul 18:09

    ass.. punten bapak,, buku yang bapak sebutkan di atas tenatang talking stick lengkap tidak.. ada buku pendukung model pemnb talking stick tersebut??

  16. ela
    12 Maret 2012 pukul 15:42

    pak, aku lg nyusun skripsi ttg talking stick tp aku krang paham bwt referensinya, tlng di bantu dong pak,, pke buku ap n pengarangnya siapa?

  17. 8 Juni 2012 pukul 20:30

    pak… saya redy… saya lagi membuat sekripsi model pembelajaran talking stick… tapi susah mendapatkan sumbernya… sudi kiranya bapak membagikan ilmu… dan apa nama bukunya… trimakasih

  18. kafa_chem
    3 Oktober 2012 pukul 08:29

    maaf pak, ada kotak chatnya tidak?
    ada yang mau saya tanyakan skrg…
    ditunggu jawabannya…

  19. 19 Januari 2013 pukul 08:41

    pak saya triana…mahasiswa nommensen p.siantar
    saya lagi nyusun skripsi ttg talkin stick…
    tpi saya kesulitan mendapatkansumber ya…mhon bantuan ea pak
    ne email saya pak triana.imoet@ymail.com
    di tunggu ya pak

  20. 9 Agustus 2013 pukul 08:15

    Terrific article! This is the type of information that
    are meant to be shared around the net. Disgrace on Google for now
    not positioning this post upper! Come on over and consult with my website .
    Thank you =)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 52 pengikut lainnya.