Beranda > Pembelajaran > Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining

Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining


Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining merupakan model pembelajaran dimana siswa/peserta didik belajar mempresentasikan ide/pendapat pada rekan peserta didik lainnya. Model pembelajaran ini efektif untuk melatih siswa berbicara untuk menyampaikan ide/gagasan atau pendapatnya sendiri.
Langkah-langkah pembelajarannya :

1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai/KD.
2. Guru mendemonstrasikan/menyajikan garis-garis besar materi pembelajaran.
3. Memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya, misalnya melalui bagan/peta konsep. Hal ini bisa dilakukan secara bergiliran.
4. Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa.
5. Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu.
6. Penutup.

Demikianlah, mudah-mudahan postingan ini dapat menambah khasanah pembelajaran kita sehingga pembelajaran yang dirancang Bapak/Ibu Guru dapat lebih bervariatif, lebih bermakna, menantang sekaligus menyenangkan.

Majulah Pendidikan di Indonesia!

  1. Azis
    16 Januari 2010 pukul 12:48

    Selamat sore!
    A punten bisa gak minta judul buku yang membahas model pembelajaran SFAE?
    saya lagim butuh nih. minta bantuannya. please

  2. wyw1d
    16 Januari 2010 pukul 13:04

    Terimakasih atas tanggapannya. Materi ini saya dapatkan saat mengikuti ToT Guru Pemandu di LPMP Jawa Tengah. Buku referensi yang cukup relevan yang dapat saya sampaikan yaitu : 1). Mempraktikkan Cooperatif Learning di Kelas Kita-Penulis Anita Li, PT Grasindo. 2). Model Pembelajaran Inovatif-Penulis Udin S.Winataputra, penerbit Universitas Terbuka. Demikian semoga bisa membantu.

  3. Ariza Wati
    22 Januari 2010 pukul 20:23

    Selamat Malam Pak, kira2 bisa nggak kalau saya bimbingan jarak jauh seputar SFAE melelui FB Bpk

    • 23 Januari 2010 pukul 05:20

      Insya Allah Mbak Ariza Wati, namun maaf ya saya lama tidak update status saya di FB. Kalau di blog saya sering update postingan. Terimakasih ya.Salam hangat dariku.

      • Ariza Wati
        14 Juli 2010 pukul 20:21

        pak jadi hanya beberapa siswa saja yang terpilih jadi facilitatornya?teruz siswa yang lainnya gimana pak?apakah hanya memperhatikan saja?misal jumlah siswa 29 orang yang cocok berapa facilitator?disini saya mengajarkan 1 materi matematika,jadi gimana pak buat peta konsepnya?tolong dibalaz ta pak.
        makasih ya pak sebelumnya.

      • 29 Juli 2010 pukul 19:28

        Terimakasih, siswa sebagai fasilitator per mata pelajaran. Tentu saja sebelumnya sudah dibekali guru mbak arizawati.

  4. lilik rahmawati
    25 Januari 2010 pukul 10:16

    pak saya mau meneliti tentang SFAE tapi bahannya masih kurang, boleh minta informasi tentang SFAE lebih lengkap tidak.maksih

  5. titin fatimah
    8 Februari 2010 pukul 20:44

    a pengen tau, pencetus/penemu model pembelajaran student facilitator and explaining siapa?tahun berapa? dan teorinya secara jelas.tolong jawab y

    • 9 Februari 2010 pukul 21:24

      Terimakasih atas perhatian Mbak Titin Fatimah. Anda dapat mendapatkan lebih detailnya di 2 buku yang saya sebutkan ini.Silakan di cari di toko buku/pesan TB Grasindo, Perpustakaan Daerah, UPBJJ UT, atau di toko loak
      Buku referensi yang cukup relevan yang dapat saya sampaikan yaitu : 1. Mempraktikkan Cooperatif Learning di Kelas Kita- Penulis Anita Li, PT Grasindo. 2. Model Pembelajaran Inovatif-Penulis Udin S.Winataputra, penerbit Universitas Terbuka.
      Salam hangat jabat erat dariku.

  6. Rahmawati
    20 Februari 2010 pukul 10:30

    Ass….Pak Wid, dalam model ini berarti siswa yang menjadi fasilitatornya yuach.. gimana caranya Pak?

    • 20 Februari 2010 pukul 12:09

      Terimakasih Mbak Rahmawati. Pilihlah 4 siswa(diseleksi guru) yang pandai sebagai fasilitator/tutor sebaya.Masing2 sebagai fasilitator per bidang studi (IPA.MTK.BI,IPS,dsb).Demikian, salam hangat dariku.

  7. Rahmawati
    24 Februari 2010 pukul 19:05

    Selamat malam Pak, ow ya pak… model ini ada kelebihan dan kekurangan nya gak pak?

  8. 25 Februari 2010 pukul 00:15

    Masing-masing model pembelajaran tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan, karena tidak ada model/metode pembelajaran yang terbaik/sempurna, maka seorang Guru dituntut untuk mampu memilah dan memilih serta menentukan model,media dan metode yang paling relevan dengan tujuan dan situasi yang dihadapinya di kelas.Mana yang paling relevan itulah yang terbaik. Demikian Mbak Rahmawati, terimakasih dan salam hangat dariku.

  9. deni surya
    26 Februari 2010 pukul 19:43

    Ass… Pa, Apkah model ini bisa di pakai dalam siswa dalam kelompok?

  10. 27 Februari 2010 pukul 02:02

    Terimakasih atas tanggapannya Mas Deni. Sepertinya bisa Mas Deni, tetapi nampaknya kurang efektif.Karena siswa yang menjadi fasilitator akan kerepotan menyampaikan informasi ke setiap kelompok. Salam hangat dariku.

  11. 28 Februari 2010 pukul 06:54

    ass_ pak WI berarti anak-anak yang terpilih untuk menjadi fasilitator masing-masing menjelaskan kepada teman-teman yang lain didepan kelas, begitu?

    • 28 Februari 2010 pukul 12:23

      Betul Mas Ziyad. Tentu saja siswa terpilih sudah mempelajarinya terlebih dahulu. Keuntungan diperoleh ada 2. Siswa akan merasa lebih dekat dan enjoy terhadap siswa terpilih. Sedang siswa terpilih akan lebih matang/mendalam kemampuannya. Salam hangat Mas Ziyad.

  12. Azis
    5 Maret 2010 pukul 15:39

    Terimakasih banyak A Widodo, mudah-mudahan Blognya bisa menjadi sarana pendidikan yang bermanfaat. Salam Sukses ………..

    • 5 Maret 2010 pukul 15:50

      Terimakasih atas dukungan dari Mas Azis. Sukses juga buat Mas Azis, Salam hangat dariku ya….

  13. 12 Maret 2010 pukul 12:11

    asslm Pak,,,Pak, saya mau tanya, menurut bapak bagaimana dengan model belajar Bertukar Pasangan?? Pak, saya butuh info banyak mengenai model belajar tersebut untuk penyusunan skripsi saya, kiranya cukup sulit mencari referensi tentang model tersebut, karena dari referensi yang saya dapat itu-itu saja. Kalau bapak ada buku,e-book,atau referensi yang lengkap tentang model Bertukar pasangan saya mohon dengan sangat bapak berkenan membantu saya,terima kasih…
    oya pak, model belajar ini akan saya terapkan dalam mata pelajaran TIK…

    wasslm…

  14. 13 Maret 2010 pukul 02:20

    Assalamu’alaikum Wr…Wb,
    Terimakasih atas tanggapannya ya Sdr Dila. Sementara ini sumber/referensi saya baru materi ToT Guru Pemandu dari Widyaiswara dari LPMP JawaTengah. Silakan mencari 2 buku referensi seperti yg sudah saya sebutkan pada jawaban saya atas komentar dari Mbak Titin Fatimah.Lain waktu jika saya mendapatkan buku referensi lagi,insyaAllah akan saya beritahukan. Salam hangat dariku.Wassalam.

  15. 17 Maret 2010 pukul 10:44

    Terima kasih pak infonya…saya akan coba dulu,,
    wassalam..

    • 18 Maret 2010 pukul 19:08

      Silakan…selamat mencoba ya semoga sukses. Salam hangat selalu

  16. zairiel
    23 Maret 2010 pukul 20:00

    assalamuakailkum, ada yang mau saya tanyakan mengenai model jigsaw, sy mau menanyakan pencetus model jigsaw pertama kali itu siapa ya pak??? terima kasih sebelumnya. mohon jawabannya

  17. tina
    14 April 2010 pukul 20:28

    pencetus model Student fasilitator dan expalinning ne sp ya ??

  18. Rahmawati
    21 April 2010 pukul 11:07

    Selamat pagi menjelang siang pak…. owya pak model student fasilitator and explaining ini sama ndag dengan tutor sebaya?

  19. lili
    5 Mei 2010 pukul 12:00

    mas mau tanya ya? buku-buku itu dah pasti ada kan dipasaran? ga langka kan….. alnya penting bgt nihhhhh….

  20. yuni
    27 Mei 2010 pukul 01:04

    pak saya mau bertanya apa kelebihan dan kekurangan model SFAE? dan tolong informasikan buku yang membahas tentang model ini saya sangat butuh infonya sebagai bahan refrensi pembuatan skrsi saya talong di balas ya pak……….

  21. fatimah azahra
    21 Oktober 2010 pukul 18:04

    assalamualaikum.pak aku ingin menanyakan bagaimana model pembelajaran studet fasilitator and explaining tua,biasanya di terapkan d sekolah pa di luar sekolah

  22. kadek
    22 Oktober 2010 pukul 16:09

    pak, dimana saya bisa dapat buku Mempraktikkan Cooperatif Learning di Kelas Kita-Penulis Anita Li, PT Grasindo. 2). Model Pembelajaran Inovatif-Penulis Udin S.Winataputra, penerbit Universitas Terbuka. soalna dah saya cari-cari ditoko buku gak ada… trimakasih

  23. ady
    3 November 2010 pukul 18:59

    pak..minta tolong refrensi ttg SFAE ini..
    thanks sblmx.

  24. Ruly
    10 November 2010 pukul 08:44

    Ass..A’ mo tanya nih,sama gak SFAE dengan tutor teman sebaya???
    Apa bedanya?
    Terus pemilihan fasilitatornya dengan cara apa Aa’?
    Thanks A’…dtunggu jawabannya>>

  25. Leniyati
    21 Januari 2011 pukul 13:10

    aslm’pak saya mau bertanya apa kelebihan dan kekurangan dari model SFAE? dan imformasikan bku yg membahas model ini. tolong bls ya pak coz ini pnying bngt buat saya sebagai bahan skripsi

  26. indah dian sari
    28 Januari 2011 pukul 14:08

    Azis :
    Selamat sore!
    A punten bisa gak minta judul buku yang membahas model pembelajaran SFAE?
    saya lagim butuh nih. minta bantuannya. please

    pak mnta bntuan nya, saya nyari bku mdel pembelajaran student facilitator and explaining, tolong pak ya, saya pesan bukunya…

  27. indah dian sari
    28 Januari 2011 pukul 14:10

    pesan buku student facilitator and explaining

  28. indah dian sari
    28 Januari 2011 pukul 14:10

    pesan buku model pembelajaran student facilitator and explaining

  29. mar
    4 Februari 2011 pukul 17:36

    lilik rahmawati :
    pak saya mau meneliti tentang SFAE tapi bahannya masih kurang, boleh minta informasi tentang SFAE lebih lengkap tidak.maksih

    saya neliti tentang SFEA pak tapi masih kurang bahannya,tolong ya pak btuh sekali ne,terimakasih.

  30. mar
    4 Februari 2011 pukul 17:39

    pak minta tolong ya saya neliti tentang SFAE,tapi masih kurang bahannya,saya butuh infirmasinya pak,terimakasih…

  31. dewi apriyanti
    16 Februari 2011 pukul 15:42

    ass..saya mo nanya tentang model pembelajaran SFE. menurut bapak bagaimana untuk mencari buku tersebut sangat susah pak apalagi di kota palembang? bapak bisa gak kasih tahu contoh buku seperti apa yang harus dicari untuk judul skipsi saya pak? makasih sebelumnya pak.

  32. 1 Maret 2011 pukul 16:30

    ass..
    pak bisa minta jurnal tentang SFAE..
    or d alamat web apa saya harus mencarix…???
    trima kasih pak…

  33. ikhlas yuska
    20 Maret 2011 pukul 20:42

    pak dimana saya bisa dapt tentang (sfae) dan apa judul buku yang membahas nya

  34. indah putri
    12 April 2011 pukul 12:13

    assalamualaikum….
    bapak saya sudah mencari buku yang bapak rekomendasikan di atas yaitu buku 1). Mempraktikkan Cooperatif Learning di Kelas Kita-Penulis Anita Li, PT Grasindo. 2). Model Pembelajaran Inovatif-Penulis Udin S.Winataputra, penerbit Universitas Terbuka. nan saya te;ah menemukan buku tersebut namun didalam buku tersebut tidak ada materi tentang SFAE…
    apakah ada refrensi lain yang lebih relevan??? karna saya sedang menyusun skripsi dengan judul modek SFAE ini,…
    mohon bantuanya bapak terimakasih

  35. 24 Juli 2011 pukul 19:55

    ass…
    pak apakah bisa model SFAE dibentuk kelompok,,dan tiap kelompok mempunyai fasilitator untuk mempertanggung jwabkan hasil kelompoknya,,,setelah itu ditunjuk satu kelompok untuk menjelaskan pada siswa yang lain…jika dilakukan ini pa masih bisa disebut pmbelajaran SFAE????
    makasik atas invonya pak.wassalam..

  36. abi
    18 November 2011 pukul 14:34

    asskum. pak rahmat, menurut anda kelebihan dan kekuranagn model SFAE ini apa ya?

  37. ayu
    19 November 2011 pukul 09:15

    assalamu’alaikum
    pak model SFAE ini lebih releva dalam pembelajaran matematika materi apa ya pak?

    • 4 Desember 2011 pukul 16:06

      Semua materi tentu bisa kita gunakan model pembelajaran ini Mbak Ayu. Tetapi karena yang akan kita cari yang paling pas dan ideal maka kita perlu melakukan beberapa uji coba dahulu.Silakan Mbak Ayu mencobakannya.Terimakasih dan salam hangat selalu

  38. ema
    31 Desember 2011 pukul 15:28

    assalamualaikum pak, buku referensinya tentang pembelajaran ini ada gak pak??

  39. 4 Januari 2012 pukul 21:32

    malam pak,,student fasilitator ang expalining ini merupakan model pembelajaran atau metode pembelajaran..makasih sebelumnya pak.

  40. dinar
    6 Januari 2012 pukul 17:25

    saya cari buku tentang model pembelajaran student facilitator and explaining.. cri nya d mana?? tolong pakk kalau ada saya pesan

  41. vitria
    14 Januari 2012 pukul 14:24

    salam bahagia….
    saya mau tanya pak,,
    apa bedanya sfae ini dengan tutor sebaya??????

  42. vitria
    14 Januari 2012 pukul 14:26

    salam pak…
    apa bedanya sfae ini demgan tutor sebaya?????,blsnya ke amail saya y pak…
    makasi pakkk.

  43. 28 Januari 2012 pukul 12:03

    salam bapak
    boleh bapak kirimkan contoh skripsi matematika yang berjudul penerapan model pembelajaran facilitator and explaining pada pokok bahasan himpunan di kelas vii smp.
    terimakasih…

  44. lia
    5 Februari 2012 pukul 17:11

    ass…….bakk,sbenarnya bapak tidak tau y tentng siapa pencetus model SFAE t??????????????tq.

  45. ekakusuma
    2 Maret 2012 pukul 21:44

    pak wid maaf, saya sampai sekarang belum menemukan referensi di atas. kemana saya harus mendapatkannya pak,

  46. ekakusuma
    2 Maret 2012 pukul 21:46

    maaf pak saya belum menemukannya sampai sekarang referensi itu, dimana lagi saya menemukannya pak?

  47. 12 Maret 2012 pukul 10:46

    saya juga sangat butuh buku untuk model SFAE itu,, tlong bantuannya

  48. hani halifa pattimura
    9 April 2012 pukul 11:00

    saya juga butuh referensi tentang SFAE bwt lengkpi proposal saya, mhon bantuannya……._

  49. AISYA
    12 April 2012 pukul 11:56

    saya lagi bingung mentok kajian pustaka tentang SFAE

  50. trilaili
    14 April 2012 pukul 10:44

    pak model student facilitator ini termassuk model kooperatif apa pembelajran aktif.kalau kooperatif dibuku yang saya baca gak ada yang menjelaskan langkah-langkahnya secara berkelompok?

  51. 4 Mei 2012 pukul 18:51

    ijin sedot bos!!!!!!!!

  52. 28 Mei 2012 pukul 10:21

    terima kasih banyak pak… saya mau tanya…penjelasan tersebut berasal dari buku sumber apa dan karangan siapa pak?/

  53. Nuniek
    24 Desember 2012 pukul 17:33

    Pak, bisa tolong baantuannya gak? karena susah banget cari buku tentang model SFAE ini. apa tempat bapak ada yang jual?

  54. ayu
    14 Januari 2013 pukul 07:59

    selamat pagi pak,
    pak model SFAE ini merupakan model kooperatif apa tidak??
    mohon bantuannya,
    terimakasih

  55. 18 Februari 2013 pukul 06:55

    ady :
    pak..minta tolong refrensi ttg SFAE ini..
    thanks sblmx.

  56. Ebes Salemba
    7 November 2013 pukul 00:19

    assalam wr.wb !
    selamat mlam Pak..

    sya sdang mnyusun proposal dengan mnggunkan model pembelajaran SFAE pda mata kuliah Pend.Bastra Indonesia di tinjau pada keterampilan berbicara siswa..mnurut bapak, efektif tidak judul proposal sya ini..??

    mhon msukannya Pak !
    sbelum.y sya ucapkan bnyAK TRIMAH KASIH

  57. 16 Desember 2013 pukul 08:25

    Assalamu wr,wb…!!!
    Selamat pagi pak…
    kalau sya pake model SFAE ini untuk penelitian (skripsi) mata pelajaran Geografi. Apa materi pelajaran yang sesuai..???
    mohon bantuannya pak… trima kasih sbelumnya

  58. 7 Februari 2014 pukul 09:06

    ass.. pak widodo
    dalam skripsi saya, saya menggunakan model SFAE ini .. tapi saya butuh faktor-faktor yang menjadikan siswa sebagai fasilitator untuk pembelajaran fisika ?
    makasih ya pak

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.