Beranda > Pembelajaran > Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (Spencer Kagan,1992)

Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (Spencer Kagan,1992)


Model pembelajaran Two Stay Two Stray / Dua Tinggal Dua Tamu merupakan model pembelajaran yang memberi  kesempatan kepada kelompok untuk membagikan hasil dan informasi dengan kelompok lainnya. Hal ini dilakukan dengan cara saling mengunjungi/bertamu antar kelompok untuk berbagi informasi.

Langkah-langkah pembelajarannya sebagai berikut :

  1. Siswa bekerja sama dalam kelompok yang berjumlah 4 (empat) orang.
  2. Setelah selesai, dua orang dari masing-masing menjadi tamu kedua kelompok yang lain.
  3. Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi ke tamu mereka.
  4. Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain.
  5. Kelompok mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka.
  6. Kesimpulan..

Demikianlah, mudah-mudahan postingan ini dapat menambah khasanah pembelajaran kita sehingga pembelajaran yang dirancang Bapak/Ibu Guru dapat lebih bervariatif, lebih bermakna, menantang sekaligus menyenangkan.

Majulah Pendidikan di Indonesia!

  1. 13 Januari 2010 pukul 13:13

    TOLONG KIRIM REFERENSI PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY!

    • wyw1d
      13 Januari 2010 pukul 14:17

      Silakan melihat jawaban saya atas komentar dari Mbak Sisi pada postingan berjudul Model Pembelajaran Wors Square. Terimakasih atas kunjungannya Mbak Eka Nopilia. Salam hangat dariku.

    • MUHLI
      20 Oktober 2010 pukul 20:48

      mohon referensi tentang judul skripsi IMPROVING THE STUDENTS SPEAKING ABILITY THROUGH ONE STAY TWO STRAY

  2. hadma yuliani
    20 Februari 2010 pukul 09:26

    mas,tolong kirimkan untuk saya referensi two say two stray sebab di daerah saya ini susah untuk mencari reerensinya…………terima kasih sebelumnya

    • 20 Februari 2010 pukul 12:05

      Terimakasih atas tanggapannya. Materi ini saya dapatkan saat mengikuti ToT Guru Pemandu di LPMP Jawa Tengah. Buku referensi yang cukup relevan yang dapat saya sampaikan yaitu : 1. Mempraktikkan Cooperatif Learning di Kelas Kita- Penulis Anita Li, PT Grasindo. 2. Model Pembelajaran Inovatif-Penulis Udin S.Winataputra, penerbit Universitas Terbuka. Coba dicari di TB Grasindo, perpustakaan daerah. toko buku bekas atau UPBJJ Universitas Terbuka di daerah Mbak Hadma. Selamat berkreasi.Salam hangat dariku.

      • hadma yuliani
        10 Maret 2010 pukul 11:49

        terimakasih banyak atas informasinya buat mas Rachmad Widodo….sebab sangat membantu saya

      • 11 Maret 2010 pukul 06:41

        Terimakasih kembali ya Mbak Hadma Yuliani, senang bisa berbagi dengan Anda. Jangan sungkan datang lagi ya, salam hangat dariku.

      • Miska9205
        3 November 2011 pukul 00:56

        oia mas,seandainya nie. klo liat buku referensi d internet bs g ya?

      • 4 November 2011 pukul 06:20

        Sepertinya saya belum pernah menjumpai buku referensi yang mbak Miska maksud model seperti BSE yang bisa dilihat/dibaca di internet..Mungkin lain waktu kalau saya menjumpai Mbak Miska saya beritahu.Terimakasih

  3. zain
    24 Februari 2010 pukul 13:42

    tolong jika ada ebook tentang two stay two stray dikirim ke email saya

    • 24 Februari 2010 pukul 18:24

      Terimakasih atas tanggapannya. Materi ini saya dapatkan saat mengikuti ToT Guru Pemandu di LPMP Jawa Tengah. Buku referensi yang cukup relevan yang dapat saya sampaikan yaitu : 1. Mempraktikkan Cooperatif Learning di Kelas Kita- Penulis Anita Li, PT Grasindo. 2. Model Pembelajaran Inovatif-Penulis Udin S.Winataputra, penerbit Universitas Terbuka. Mas Zain bisa mencarinya di TB.Grasindo, UPBJJ Universitas Terbuka, Perpustakaan Daerah atau Toko buku bekas, dsb. Selamat bereksperimen, semoga sukses. Salam hangat dariku.

  4. WHYWIN
    22 Maret 2010 pukul 08:39

    kalau materi tiap kelompok beda tidak apa2 kah maz? terima kasih

  5. 3 April 2010 pukul 07:00

    Buat semua : asya punya refrensi lengkap untuk model pembelajaran TSTS,,silahkan lihat di BLOG saya “biologiforum.wordpress.com”
    semoga bermanfaat

  6. TANTRI
    8 April 2010 pukul 19:32

    maz.. tlong saya diberi informasi tentang kelebihan dan kekurangan dari model TSTS y… terima kasih.

  7. mirza
    12 April 2010 pukul 21:54

    buat mbak tantri.,.silahkan download n di baca-baca dikit ntar pasti nemuin kelebihan dan kekurangan dari model TSTS,,
    “http://biologiforum.wordpress.com”

  8. mia
    14 April 2010 pukul 12:02

    pak sy menggunakan tsts ni dalam skripsi sy? tolong pak sy diberi referensi ttg teknik ini..

  9. Juve
    15 April 2010 pukul 09:42

    Salam knal dari saya pak……….Begini, teman saya lagi menyusun skripsi tentang TSTS. Tapi sedang kesulitan dalam mencari teori-teori pendukung TSTS, saya minta tolong, kalo bapak punya beberapa teori pendukung atau teori yang berhubungan dengan TSTS tolong kirim ke Email saya….Terima Kasih pak

  10. yati
    19 Mei 2010 pukul 08:48

    tolong kirimkan contoh skipsi dan laporan

  11. yati
    19 Mei 2010 pukul 08:48

    tolong kirimkan contoh skipsi dan laporan ke email saya

  12. dewi sintia n
    6 Juni 2010 pukul 21:19

    salam hormat.
    pa widodo saya tertarik untuk meneliti lebih lanjut pengenai TSTS dalam skripsi saya… boleh saya meminta alamat jurnal pendukung untuk model ini?
    sepertinya model TSTS ini menuntut siswa menemukan jawaban sendiri dari hasil eksperimen yg telah dilakukan…. apakah model ini menggunakan metode inquiry terbimbing dlm proses pelaksanaannya? untuk instrumen yg diberikan berbentuk LKS?
    trm’s……..

  13. ima pratiwi m
    8 Juni 2010 pukul 15:06

    pak, saat ini saya sedang menyusun skripsi, saya ingin bertanya apakah tsts ini berhubungan dengan berpikir kreatif???

  14. maimun
    12 Juni 2010 pukul 08:31

    Tks untuk masukannya… sy butuh banyak rujukan about two stay learning models … bisa bantu pak ???

  15. my moon
    17 Juni 2010 pukul 20:42

    tHANKS PAK… TP GMN/DMN SY CARI REFERENSI ABOUT TWO STAY-TWO STAY?

  16. Imam Ghazali
    23 September 2010 pukul 10:35

    Pak Rachmad…..kalau punya referensi tentang TSTS, Inside-outside circle, dan metode tebak kata, baik itu dalam bentuk file atau document, tolong kirim ke e-mail saya ini karena saya lagi membuat tesis PTK tentang strategy itu, jd sy butuh banget. kalau buku yang isinya tentang itu ada apa tidak? atas bantuannya terima kasih banyak

  17. lina
    30 September 2010 pukul 16:43

    pak sy sdng mnyusun skripsi,,sy minta teori pendukung untuk model TS-TS ini ga..krm kn sj k almat email sy..terima kasih

  18. nafis
    6 Oktober 2010 pukul 20:12

    pak bisa kirimkan contoh skripsinya gak ke email saya…. sy lg butuh buat referensi pembanding nich

  19. yatiq
    21 Oktober 2010 pukul 16:45

    krimin referensi tsts dung ke email sy.. mksiii

  20. fitria
    29 Oktober 2010 pukul 16:44

    met sore pak!!!!!
    sebelumnya mohon maaf pak, emmmmm boleh tidak saya minta tolong kirimin contoh penerapan TSTS untuk anak SD.
    kalau boleh tolong kirim ke email saya ya pak……..
    makasih sebelumnya pak

  21. meita
    12 November 2010 pukul 07:21

    pak, sya akan menyusun skripsi tapi masih kesulitan mencari teori pendukung model pembelajaran itu. saya minta tolong seperti teman2 yang lain tntang iformasi mengenai model pembelajaran TSTS. tlng krm ke email saya ya pak.terimakasih……….

  22. 12 Desember 2010 pukul 14:44

    assl,,,tolong di infokan tentang buku yang mengkaji tetang metode two stay two stray,,karena di makassar masih kurng buku yang mengkaji metode tersebut,,,moho perhatiannya

  23. ginnung
    15 Desember 2010 pukul 14:58

    mas minta kelebihan dan keleemahan two stay two stray,makasih.

  24. ginnung
    15 Desember 2010 pukul 15:02

    oh ya pak lo mw cari refereensi, judulnya apaa and karangan siapa?

  25. fifi
    17 Desember 2010 pukul 10:25

    Aslm.. pak saya sedang kesulitan mencari jurnal TSTS.. mohon bantuannya.

  26. deti
    15 Maret 2011 pukul 20:54

    aslmk.. pak saya boleh minta referensi contoh rpp dan skenario pembelajarannya gak?? kalau boleh tolong di kirim ke email saya yach pak.. terima kasih sebelumnya pak.

  27. deti
    15 Maret 2011 pukul 21:03

    mas mirza: saya search di link yg anda cantumin, ttg TSTSnya koq gak ada yach?? butuh bgt kelebihan dan kekurangan dari TSTS itu sendiri..

  28. Ria
    21 Maret 2011 pukul 22:31

    Butuh sumber ttg TWO STAY TWO STRAY, gimana ya? thx

  29. andy herlangga
    8 April 2011 pukul 19:47

    pak, keunggulan Three stay one stray dibanding TSTS apa ya pak?

  30. andy herlangga
    8 April 2011 pukul 19:51

    ii

  31. nur haryani
    20 Mei 2011 pukul 10:25

    pak mau tanya cara penilaian TSTS itu gmn kelompo apa individu.terimakasih

  32. intan
    5 Juni 2011 pukul 22:04

    Butuh sumber ttg TWO STAY TWO STRAY,untuk mapel b.inggris gimana ya?

  33. nisa
    9 Juni 2011 pukul 10:21

    pak saya msh bngung untk TSTS trmsuk dlm model atau teknik? ada sumber yg mengatakn bhwa TSTS trmsk teknik… trmks

  34. nur
    17 Juni 2011 pukul 19:32

    tolong kirimin referensi two stay two stray yang bahasa inggrisnya, ada ga? kalo ada nyarinya dimana ya?? terimakasih

  35. Amirudin
    27 Juli 2011 pukul 18:09

    tolong kirim penjelasan secara detil tentang TSTS secara detil kalo boleh?? (trima kasih)

  36. cut rizka naisha
    18 September 2011 pukul 22:17

    pak,, tolong penjelasan tentang kelebihan model pembelajaran two stay two stray ???

  37. orang islam
    21 Oktober 2011 pukul 07:03

    universitas saya cukup dekat dengan dengan LPMP Jawa Tengah, kalau boleh tahu, dimana saya bisa mendapatkan reverensi bukunya?

    • 31 Oktober 2011 pukul 22:56

      1. Toko Buku/Penerbit (misalnya : Grasindo,BP,dsb)
      2. Perpustakaan daerah
      3. Kios Persewaan buku
      4. Kios Buku Bekas/Loak
      Mudah-mudahan dapat sedikit membantu, terimakasih, salam hangat jabat erat mas Bobby

  38. vina
    18 November 2011 pukul 20:45

    pak boleh minta referensi bukunya metode ts ts ini. susah nyarinya pak. lihat internet bisa pak. saya butuh kali buat skripsi. makasih ya pa

    • 4 Desember 2011 pukul 15:55

      Silakan lihat postingan saya”buku referensi model pembelajaran kooperatif
      Terimakasih, salam hangat jabat erat ya

  39. Yanti
    7 Desember 2011 pukul 16:45

    pak, saya akan menyusun proposal tapi masih kesulitan mencari teori pendukung model pembelajaran TSTS. saya minta tolong seperti teman2 yang lain tntang iformasi mengenai model pembelajaran TSTS. tlng krm ke email saya ya pak. terimakasih……….

    • 5 Januari 2012 pukul 12:01

      Yanti minta contoh proposalnya dong gw uga tertarik Metode ini ( TSTS)

  40. echa
    8 Desember 2011 pukul 17:13

    Pak saya butuh referensi two stay two stray..
    cooperative learning karangan Anita Lie,Agua Suprijono, dan Isjoni.
    tapi masih kurang. selain itu buku apa lagi m karangan siapa?
    makasih…

    • 8 Desember 2011 pukul 20:59

      Silakan lihat postingan”Buku Referensi Model Pembelajaran Kooperatif” Terimakasih.Salam hangat selalu

  41. dedi martua
    15 Desember 2011 pukul 21:20

    pak, tlong donk referensi TSTS nya, karena proposal lg menggantung nch,
    terima kasih.

  42. 5 Januari 2012 pukul 11:59

    Bang bantuin judul skripsinya donk yg menggunakan metode two stay two stray

  43. Tri Bowo P
    13 Januari 2012 pukul 20:56

    pak minta info referensi mengenai jurnal penelitian TSTS?
    bwt syarat skripsi….
    klo ada bisa dkirim ke email saya,,mksh…

  44. turangga ametung
    4 Februari 2012 pukul 17:45

    Saya butuh refrensi cooperartif learnin dalam berbagai typenya, judul bukunya apa?

  45. Eti Novi Riyana
    20 Februari 2012 pukul 08:35

    Maaf, apakah bpk punya buku SNOWBALL THROWINGnya Kagan Spancer? Saya sedang mencari buku tsb untuk referensi skripsi. Trimksih.

  46. siti
    20 Februari 2012 pukul 13:59

    bpk, saya lg nyusun thesis s2 saya, saya butuh beberapa previous research tentang two stay two stray in teaching reading comprehension. thanks.

  47. tsamrotul fuadah
    24 Maret 2012 pukul 15:03

    gimana klo jumlah siswanya ganjil?????masih bisa ngga????
    thanks

  48. 29 Maret 2012 pukul 11:19

    pak saya butuh referensi tentang cooperative learning tehnik two stay two spray?bisa di muat g ya?mksh

  49. 10 Mei 2012 pukul 04:55

    minta referensi model TSTS yang lengkap seperti kelebihan+kelemahan, peran siswa, peran guru, dsb.. tolong yaa..

  50. nisha
    22 November 2012 pukul 16:57

    assalamualaikum pak,,kita mau nanya seandainya dalam pelaksanaan TSTS ada kelompok yang siswanya jumlahnya ganjil,,, gimana cara mengatasinya ? dan apakah dalam setiap kelompok itu harus di kasih sub-sub materi tertentu….
    mohon untuk di balaz di email saya ….

  51. riri
    3 Januari 2013 pukul 18:06

    pak, bisa bantu buku yang membahas tentang fungsi, tujuan dan karakteristik tsts ini, karena yang saya temui hanya pengertian dan langkah-langkahnya saja. terima kasih.

  52. yusuf
    20 Januari 2013 pukul 00:38

    tolong lampirkan referensi bukunya ya….

  53. 2 Februari 2013 pukul 19:49

    asww saya butuh sekali referensi buku inikarena judul skripsih yang sya angkat mengenai TSTS tolong kirimkan daftar pustakanya

  54. 2 Februari 2013 pukul 19:51

    tolong kirim lewat email kudong paaaaaak …………………karena metode ini sangat bagus……………….saya sangat tertrik……………………………………..

  55. 2 Februari 2013 pukul 19:52

    daftar pustakanya di lampirkan sekalian pak ……………………………

  56. 8 Februari 2013 pukul 20:38

    saaya bisa lihat referensinya gak?
    soalnya saya sudah mencari bukunya kemana-mana tapi sya tidak menemukan buku ini?
    bisa kasih jawaban yang pasti ya
    judul buku dan pengarangnya

  57. wista
    9 Maret 2013 pukul 21:36

    saaya bisa lihat referensinya gak?
    soalnya saya sudah mencari bukunya kemana-mana tapi sya tidak menemukan buku ini?

  58. 27 Maret 2013 pukul 10:19

    saya juga sedang membuat proposal dengan metode kooperatif tipe TSTS, tolong mas kirimin softkopynya. terima kasih. dauzkd6ptr@gmail.com

  59. james
    13 April 2013 pukul 17:23

    Kk bisa minta referensi metode TSTSnya tidak?

  60. zulfitrah
    18 Juli 2013 pukul 23:55

    bagaimana cara penerapan TSTS jika siswanya 17,,?? apakah TSTS masi bisa diterapkan..
    mohon penjelasannya.

  61. widia
    19 Desember 2013 pukul 11:34

    hi all,,please help me sya jga btuh skli bku tentang TSTS ini,tlong share dong bagaimna cara penerapanx pada pengajaran reading comprehension!

  62. sandra
    21 Desember 2013 pukul 11:39

    salam sejatrah….pa tolong minta bantuan refrensi ttg tsts.makasih.

  63. 12 Februari 2014 pukul 09:31

    mas minta contoh skripsi yang judulnya the effectiveness of two stay two stray in teaching reading. mksi sblumnya mas

  64. efazzahra
    23 Juni 2014 pukul 13:30

    assalamualaikum, pak saya minta referensi buku yang berkaitan dengan model pembelajaran two stay two stray versi bahasa inggris nya. saya butuh bgt bukunya untuk skripsi saya. saya mohon bantuan bapak dan temen2 semua yang tau. mungkin yang bersedia membantu bisa kirim email ke: efa.azzahra@yahoo.com

  65. nawir
    7 Juli 2014 pukul 18:58

    mba bisa kirim referensi buku tentang two stay two stray ,mkasih sebelumnya

  66. Astira Hasan
    23 Agustus 2014 pukul 08:12

    saya bleh mnta nama” buku tentang two stay two stray..? mkasi sblumnya

  67. Roxanne
    20 September 2014 pukul 04:57

    Excellent beat ! I wish to apprentice aat thhe sqme time aas you amend yoour
    website, how can i subscriibe foor a blog website? The account aided mee
    a apolicable deal. I hage beenn a litttle biit famliar of
    tthis your broadcast offeresd vivid clear concept

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 52 pengikut lainnya.