Beranda > Ice Break > Memanfaatkan Kesempatan

Memanfaatkan Kesempatan


Saat sebuah kesempatan datang menghampiri kita,maka akan ada 3 kemungkinan reaksi kita terhadap datangnya kesempatan tersebut.

Yang pertama: kita biarkan kesempatan tersebut berlalu begitu saja karena kita merasa belum/tidak merasa perlu untuk menggunakan kesempatan tersebut.Toh nanti akan datang kesempatan kedua, ketiga dan seterusnya. Kita berjanji suatu saat nanti kesempatan itu akan kita manfaatkan.

Yang kedua : Kita manfaatkan kesempatan itu dengan segera, karena kita berkeyakinan tidak akan ada datangnya kesempatan yang kedua!

Yang ketiga : kita buang kesempatan itu begitu saja, dan seandainya ada kesempatan yang sama datang lagi akan kita hiraukan. Kita tegas pada diri sendiri bahwa kita tidak memerlukan kesempatan tersebut.

Tamu istimewa dan sahabat semua, saya tidak akan memberikan penilaian mana yang terbaik dari ketiga sikap di atas. Semua saya serahkan pada kebijaksanaan Anda dalam menilai, karena ada 3 tipe manusia melihat datangnya sebuah kesempatan, yaitu :

1. Orang yang lemah, menunggu kesempatan.
2. Orang yang kuat, menciptakan kesempatan.
3. Orang yang bijak, memanfaatkan kesempatan.

Bagi orang yang lemah, bila kesempatan belum datang dia akan menunggu dan menunggu dengan sabar sampai kesempatan itu datang. Dan apabila sekian lama ditunggu kesempatan itu belum juga datang, maka dia akan mengambil keputusan…. yach,ini memang sudah nasibku.

Bagi orang yang kuat, bila kesempatan belum datang dia akan menggunakan berbagai macam cara dan rekadaya, dengan segenap kreatifitas, koneksitas, dan segenap kemampuannya untuk menciptakan kesempatan itu ada/datang padanya. Orang tipe seperti ini mempunyai prinsip kesempatan tidak datang begitu saja, tetapi kesempatan harus dicari atau diciptakan.

Bagi orang cerdik/bijak, dia akan memanfaatkan kesempatan dengan sebaik-baiknya, karena dia menyadari bahwa kesempatan adalah karunia yang sangat berharga dan belum tentu kesempatan itu akan datang untuk kedua kali.

Dalam realita memang pada kondisi tertentu,munculnya kesempatan itu mungkin butuh pematangan waktu. Kita perlu menunggu sesaat, tetapi bukan dengan sikap yang pasif. Sebaliknya, kita menunggu kesempatan itu dengan sikap waspada, proaktif dan penuh kesiapan.

Kesempatan merupakan salah satu faktor yang harus dimiliki bagi siapa saja yang mau mengembangkan diri. Tanpa kesempatan yang tersedia, tidak mungkin kita bisa sukses. Oleh sebab itu bila kesempatan belum datang, kita harus berusaha menciptakannya, bahkan di dalam kesulitan pun, jika kita mempunyai keuletan untuk berusaha terus menerus, suatu hari, kesempatan itu insyaAllah akan datang.

Pastikan dengan segenap kreatifitas, kerja keras, keuletan dan niat baik kita ciptakan kesempatan, manfaatkan kesempatan untuk mengembangkan diri semaksimal mungkin dan memperoleh kehidupan yang lebih baik, lebih sukses, dan lebih berarti.

Ada 5 kesempatan yang patut segera kita manfaatkan sebelum datang 5 hal yang lain,yaitu :

1. Manfaatkan masa mudamu dengan sebaik-baiknya, sebelum datang masa tuamu.

2. Manfaatkan masa kayamu, sebelum datang miskinmu.

3. Manfaatkan masa luangmu, sebelum datang masa sempitmu.

4. Manfaatkan masa sehatmu, sebelum datang masa sakitmu.

5. Manfaatkan masa hidupmu, sebelum datang ajalmu.

Akhirnya, saya mengajak tamu istimewa dan sahabat semua untuk segera memanfaatkan waktu, peluang dan kesempatan dengan sebaik-baiknya untuk kebaikan diri sendiri, keluarga dan sesama (orang lain).

Semoga kita menjadi orang yang sukses. Baik sukses di dunia maupun sukses di akherat…amin.Mudah-mudahan meskipun kecil ada manfaatnya.

Salam hangat dan jabat erat dariku.

About these ads
  1. 8 Februari 2012 pukul 10:49

    Kesempatan Tidak datang 2 kali, Jadi jangan sia2kan Kesempatan Baik,
    Tulisannya bermakna sekali Bro….
    Salam Kenal Dari kami…
    Jangan Sungkan buat Mampir di web kami ya Bro….

  2. 9 April 2012 pukul 08:29

    Orang bijak mengatakan: Kesempatan tidak datang dua kali. Tapi, menurut saya kesempatan bisa datang berkali-kali, tinggal kita mau tidak mengambil kesempatan itu. Terutama kesempatan untuk memperbaiki diri. Misalnya: kesempatan untuk cari uang lewat internet, kita perlu belajar jika ingin memanfaatkan internet untuk mencari penghasilan. Kalo kita hanya main-main di internet dan tidak mau mengambil kesempatan baik, maka kita tidak mendapatkan apa-apa dari internet. Ini pendapat pribadi. Salam Hangat semua blogger Indonesia. Selamat berbagi untuk Mas Rachmad Widodo, semoga mendapatkan balasan yang berlipat dari Yang Kuasa.

  3. tri
    26 Agustus 2012 pukul 23:02

    woww,dahsyat artikel nya,,,thanks

  4. susilo
    5 Agustus 2013 pukul 15:52

    hmmm, menurut mas rachmad, menunggu kesempatan itu termasuk lemah ya. memang kita harus bisa membawa diri pada saat yang tepat. kapan harus diam, kapan harus berusaha keras. menurut agama perang melawan hawa nafsu adl perang paling sulit. saya takut menyinggung perasaan bila mendefinisikan si A lemah atau si B kuat. tapi utk mendefinisikan si A lemah/si B kuat.perlu diliat siapa dia skrg atau sudah jadi apa si kuat / si lemah itu sekarang :)

  5. 6 Januari 2014 pukul 11:05

    sangat menyetujuinya. kita memang jangan selalu menyia nyiakan segala kesempatan yang ada di hidup ini!!

  6. darning
    14 Februari 2014 pukul 14:05

    Kesempatan memang harus dimanfaatkan, karena kesempatan adalah salah satu jalan penentuan hidup seseorang.
    Terimakasih.

  7. 4 Maret 2014 pukul 09:52

    bener sekali gan! semoga kita semua bisa menuju kesuksesan, aminn.. hehe

  8. 15 Juni 2014 pukul 15:53

    Selamat Sore gan numpang promo ya gan :)
    Apakah anda seorang poker mania??
    Jika iya,buruan yuk gabung bersama kami di mentaripoker.c0m realmoney

  9. chikal
    24 Juni 2014 pukul 14:19

    ralat : perlu dibedakan antara menunggu kesempatan denga SABAR
    utk soal SABAR ada dalil2nya juga

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 54 pengikut lainnya.