Beranda > Tips &Trik > Pertolongan Pertama HP terkena Air

Pertolongan Pertama HP terkena Air


Anda atau teman Anda mungkin pernah mempunyai pengalaman bagaimana handphone kesayangan secara tidak sengaja terkena air. Mungkin terkena air hujan, tercebur ke kolam/bak air atau tak sengaja masuk ke ember cucian. Nah, tips berikut ini mudah-mudahan dapat membantu menolong hp kesayangan terhindar dari kerusakan fatal akibat terkena air dengan cara melakukan tindakan darurat. Saya yakin Anda bisa menanganinya sendiri.

Pada umumnya orang akan gugup dan panik begitu mendapati HP kesayangannya terkena air. Bisa karena kelalaian atau ketidaksengajaan. Kasus HP terkena air antara lain: terkena air hujan, terendam/terjatuh ke sungai atau kolam, terendam air cucian, ketumpahan gelas minuman, dsb. Betapa sayangnya HP kebanggaan rusak gara-gara hal sepele.

Namun sebenarnya kita bisa menghindari akibat fatal dari HP yang terkena air. Paling tidak meminimalisir resiko rusak berat. Itung-itung tambah pengalaman sebelum HP diserahkan kepada tukang service. Jika Anda mempunyai cukup keberanian Anda dapat menempuh cara sebagai berikut.

1. Begitu mendapati HP kesayangan terkena air langsung matikan HP dengan menekan tombol off. Jika HP sudah dalam keadaan padam tinggal dilepas baterenya. Hal ini untuk mencegah kerusakan fatal akibat korsleting. Lalu tenangkan pikiran untuk melakukan langkah selanjutnya.

2. Buka penutup batere lalu casingnya sekalian. Dengan hati-hati bersihkan air yang menempel di sekuruh permukaan HP menggunakan kain kering. Bagus juga pakai kertas tissu atau kuas cat yang lembut.

melepas casing/board hp

melepas casing/board hp

3. Cobalah buka baut kerangka HP yang biasanya terletak pada keempat sisinya menggunakan obeng mini (khusus HP). Anda dapat membelinya di Conter HP bagian service. Kadang obeng mini untuk reparasi jam tangan bisa juga digunakan. Sebelumnya sesuaikan dahulu bentuk dan ukuran obeng dengan bentuk dan ukuran baut HP. Sambil melepas baut jangan lupa mengingat bentuk baut dan posisinya, agar ketika memasangnya kembali tidak salah tempat yang tidak semestinya. Setiap merek dan Tipe HP ada yang sama bentuk, ukuran dan posisi bautnya, namun  pada umumnya berbeda-beda.

4. Dengan hati-hati lepaskan bagian-bagian Hp seperti LCD atau MainBoard. Ada yang dengan cara di diangkat begitu saja, ada yang mesti diangkat sambil diungkit sedikit. Ada pula yang cuma ditekan bagian pinggir (ada penjepitnya). Pelajari dahulu sambil diuthak-uthik pelan-pelan dan hati-hati.

5. Nah, setelah semua bagian HP dilepas Anda bisa mengeringkannya dengan berbagai cara yang aman. Seperti mengusap  perlahan memakai kertas tissu, kain atau kuas lembut. Setelah kering Anda jangan keburu puas dulu. Pada bagian Mainboard dan LCD adalah bagian yang tersulit karena secara kasat mata memang sudah kering, namun pada bagian”dalamnya” besar kemungkinan masih bercokol air dalam jumlah kecil namun dapat menyebabkan kerusakan fatal. Untuk mengeringkan air pada bagian tersebut biasanya teknisi Handphone menggunakan alat khusus yang disebut blower. Namun  Anda bisa menggunakan 3 cara sederhana untuk mengeringkannya yaitu: a). Dengan menggunakan Hair Dryer ( alat pengering rambut ), arahkan hembusan angin panasnya ke mainboard atau LCD (hati-hati jangan mengenai bagian rentan/tengahnya). Usahakan jarak Hairdryer diatur sedemikian rupa agar tidak terlalu panas karena tujuannya hanya untuk mengeringkan air saja bukan untuk merangkai komponen. b). Dengan menjemur bagian-bagian HP tersebut dengan  panas sinar matahari. Waktunya sekitar setengah sampai satu jam tergantung situasi/cuaca. c). Jika tidak punya Hairdryer dan pas kebetulan tetangga pada pergi semua, kebetulan lagi langit mendung tidak muncul matahari?Anda tak perlu khawatir, pakai saja seterika. Caranya hampir sama. Pada intinya menghembuskan angin panas pada bagian HP agar airnya mengering. Seterika panas posisinya diletakkan miring di atas meja sehingga bagian elemen panas yang buat menyetrika  terbuka lalu kipasi bagian elemen panas seterika tersebut. Nah, angin yang berhembus dari proses mengipasi tadi dapat dipakai untuk mengeringkan bagian-bagian hp. Mudah bukan?

6. Setelah dirasa cukup dan memastikan hp tersebut sudah dalam keadaan kering maka Anda bisa mulai merangkai kembali bagian-bagian hp tersebut ke tempat semula. Anda tentu masih ingat posisinya. Ada teman yang sebelumnya bahkan menggambarkan sketsanya segala. Maklum masih dalam taraf uji coba.Tapi aku salut pada keberaniannya.

7. Setelah semua bagian hp berhasil Anda rangkai kembali kini tibalah saat penentuan berhasil atau tidaknya usaha Anda melakukan P3K pada hp yang terkena air. Sambil berdoa nyalakanlah hp…….byar! LCD menyala lalu loading dan akhirnya muncul logo operator dan seterusnya… Congratulations! Selamat, Anda berhasil menjadi ahli service hp taraf pemula.

8. Bagaimana jika HP tidak mau menyala?

Anda tidak perlu berkecil hati. Coba dicek barangkali Anda kurang tepat dalam memasang bagian-bagian hp yang dilepas tadi. Posisi baterenya juga harus benar, jangan terbalik. Tetap tidak menyala? Coba ulangi proses pengeringan. Barangkali pengeringan pertama kurang sempurna. Coba gunakan batere lain yang bertipe sama. Sikap sabar amat dibutuhkan dalam hal ini.

Jika Handphone tetap tidak mau menyala, mungkin pada saat terkena/terendam air terjadi  korsleting sehingga mengakibatkan kerusakan cukup serius. Namun Anda tidak perlu khawatir, para teknisi hp di kota Anda selalu siap memperbaiki handphone kesayangan Anda. Atau Anda lebih suka membeli hp harga miring tetapi masih tahan banting?

Yang terpenting, Anda sudah berani mencoba. Keberanian dan rasa optimis Andalah  yang tak ternilai harganya.

Demikianlah sedikit tips sederhana, bukan karena ingin menggurui tetapi karena ingin berbagi. Semoga ada manfaatnya. Komentar, kritik dan saran sangat membantu saya. Terimakasih, salam.

Kategori:Tips &Trik Tag:
  1. Katarina
    1 Agustus 2009 pukul 08:26

    Buat perempuan,kayaknya kok sulit.Paling HP cuma diseka kertas tissu atau saputangan.Buat bongkar casing and dalemnya mesti butuh pihak ketiga.Tapi thanx atas tipsnya ya.Bagus juga tuh…

    • wyw1d
      4 Agustus 2009 pukul 15:01

      Eh,ada lho wanita bisa bongkar pasang hp.Sueerr!Trims ya atas komentarnya.Ditunggu masukan lainnya.

  2. lawliet90
    23 Agustus 2009 pukul 11:30

    bleh tu jadi pihak ketiganya……hehehehe….😀

  3. indri
    14 Januari 2010 pukul 03:58

    terima kasih atas tips & trik yang diberikan. suatu saat bisa di coba nich…

  4. wyw1d
    14 Januari 2010 pukul 08:48

    Terimakasih kembali Mbak Indri.Jangan sungkan datang lagi ya…..

  5. reza
    18 Oktober 2012 pukul 20:32

    makasic sekarang aku tau dec sara memperbaiki hp says,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  6. 18 November 2012 pukul 22:34

    hp n 97 saya kena air hujan , kena lcd bagian dalam tp kalau dipergunakan bisa . hanya pas ditanaya ke konter hp mereka rata2 tdk bisa membuka lcnya . bagaimana mengatasinnya

  7. 2 September 2013 pukul 14:57

    Today, I went to the beach front with my children. I found a
    sea shell and gave it to my 4 year old daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She placed the
    shell to her ear and screamed. There was a hermit crab inside and it pinched her ear.
    She never wants to go back! LoL I know this is totally
    off topic but I had to tell someone!

  1. 5 Februari 2010 pukul 00:54

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: