Beranda > Tips &Trik > Cara Mengecas Batere HP yang Benar

Cara Mengecas Batere HP yang Benar


Banyak teman dan relasi mengeluh pada saya tentang performa batere pada handphone mereka yang baru saja diganti, ternyata mutu dan daya tahannya tidak seperti batere asli bawaan pabriknya. Bedanya jauh. Padahal hp mereka terhitung hp bermerek, bukan hp second merek asal-asalan. Namun setelah sayaberdialog dan diagnosa bak seorang dokter tahulah kini saya permasalahannya. Kesalahan ternyata tidak 100% terletak pada batere pengganti saja, tetapi yang utama adalah sikap bagaimana memperlakukan batere hp secara benar. Teman dan relasi saya ternyata belum sepenuhnya memahami bagaimana memperlakukan batere secara benar. Lalu bagaimana sebaiknya kita memperlakukan batere  secara benar?

Di bawah ini ada beberapa hal yang perlu rekan cermati.

1). Saat Pengecasan yang tepat

Saat pengecasan batere yang paling tepat adalah pada saat indikator pada batere menunjukkan batas minimal (1 garis) tetapi jangan sampai sudah didahului “tone”atau ada tulisan batere lemah. Apalagi sampai berkali-kali “tone”tadi berbunyi mengingatkan pemiliknya. Namun kenyataannya kita sering di tengah perjalanan atau dalam situasi kerja yang sibuk, HP kita berbunyi tidak cuma sekali mengingatkan kita kalau batere lemah perlu dicas. Nah,karena tidak bawa cas akhirnya HP merana kekurangan tenaga. Bahkan tragisnya ada yang sampai “tewas” seketika. Andaikata sudah bawa cas,bingung lagi musti ngecas di mana?rumah teman,kantor,atau rumah makan?

Saran : Pada saat HP berbunyi mengingatkan batere lemah, apabila tidak memungkinkan isi batere(cas) sebaiknya HP dinonaktifkan saja. Ini untuk menyelamatkan batere dari kemungkinan kerusakan dan penurunan performa batere. Jangan tunggu sampai HP padam dengan sendirinya. Konsekuensinya Anda tidak bisa melakukan komunikasi melalui HP. Antisipasi : bawa batere cadangan,atau HP yang lain (nggak maksa lho, ya kalau pas punya duit buat beli).

Ah,kalau begitu dicas saja pada saat indikator batere masih setengah penuh! *(Ya nggak juga, karena hal itu selain pemborosan kadang malah memicu ketidakstabilan performa batere).

2). Lama Pengecasan yang tepat

Lama pengecasan pada umumnya sekitar 3 sampai 4 jam, namun lebih bijaksana segera menghentikan pengecasan begitu indikator batere sudah menunjukkan penuh (tidak bergerak) atau ada tulisan “batere penuh “. Segera hentikan dan cabut instalasi pengecasan. Namun pada sebagian kasus banyak rekan masih beranggapan bahwa makin lama pengecasan akan semakin baik/semakin tahan lama. Ada pula yang mengecas semalam suntuk karena dia ketiduran sampai keesokan harinya. Pada sebagian jenis HP/batere tertentu memang ada outlet kelebihan energi saat pengecasan, namun tipe-tipe batere yang lain hal itu justru merusak karena over dosis muatan listriknya. Kadang ada reaksi spontan batere menggembung.Akhirnya batere tidak jadi tahan lama justru malah makin ngedrop. Sebaliknya, pengecasan yang tidak maksimal/tidak sampai indikator penuh akan menimbulkan penurunan performa batere, dipakai sebentar saja sudah pasti akan ngedrop.

Saran : Cas batere begitu dia membutuhkan atau “lapar” dan hentikan begitu dia sudah tak membutuhkan atau “kenyang”.

3). Alat dan cara pengecasan yang benar

a. Cas

Di pasaran banyak tersedia cas sesuai dengan segala macam tipe HP dalam berbagai  model yang menarik. Andaikata cas original bawaan pabrik sudah rusak Anda tak perlu khawatir menggunakan cas pengganti di pasaran. Memang kualitasnya agak berbeda, namun bukan berarti tidak lebih baik. Ada memang kejadian cas baru beli tapi dipakai kurang memberikan tenaga yang maksimal, kadang baru dipakai sebentar sudah hang/eror. Tetapi itu jarang terjadi. Andai terjadipun Anda pasti akan mendapat ganti yang baru gratis pula (asal ada perjanjian/garansi).

Saran : belilah cas yang sesuai dengan tipe HP Anda. Jangan asal cas langsung main tancep. Mintalah garansi pada Conter kepercayaan Anda. Janganpula mudah tergoda dengan iming-iming ini cas ori,asli,dsb.

Pada saat mengecas Anda perlu memastikan saluran kabel antara yang menuju arus listrik dan yang menuju HP harus terkoneksi dalam posisi yang benar dan sempurna(tidak goyah/renggang). Namun kadang ada rekan yang tidak menyadari saat mengecas arus listrik tidak mau masuk-masuk juga,atau kadang masuk kadang tidak. Setelah saya teliti ternyata hubungan kabel stop kontaknya kurang pas /masih renggang atau goyah.

Pengecasan batere HP agar hasilnya lebih optimal maka HP perlu dinonaktifkan. Karena pengecasan batere pada saat HP on/hidup akan membutuhkan waktu lebih lama. Kinerja batere juga terpengaruh karena harus melakukan dua pekerjaan sekaligus yaitu mengisi dan mengeluarkan energi secara bersamaan.

b. Batere

Pengecasan pada batere baru perlu perlakuan khusus. Ibarat motor baru mesti pakai reiyen dulu. Nah, pengecasan batere baru biasanya ada petunjuk khusus pada kemasannya. Namun jika tidak ada, Anda perlu melakukan pengecasan selama minimal 8 jam dalam posisi HP non aktif. Hal ini diulangi lagi pada pengecasan kedua dan ketiga. Maksudnya agar seluruh elemen di dalam batere aktif sempurna seluruhnya. Pengecasan batere baru yang kurang dari ketentuan akan mengakibatkan sebagian elemen di dalam batere tidak aktif, akibatnya kinerja dan performa batere tidak bisa maksimal seperti yang kita harapkan.

Mudah-mudahan sedikit berbagi pengalaman ini ada manfaatnya.

Jangan lewatkan postingan selanjutnya : Bagaimana Menggunakan hp Secara Aman.

  1. 22 Juli 2010 pukul 11:32

    dapet tips dari ahlinya nih.. maksih pak… semoga batera hp saya bisa hidup lebih lama he.. he..

  2. munirbay
    29 Juli 2010 pukul 02:36

    klo hape dichas baru pertama kali itu kurang dari 8 jam ya sekitar 5 jam itu gmn ya? truz untuk yang k2 kalinya harus gmn ??

    thx sebelumnya pak ,,

    • 29 Juli 2010 pukul 19:18

      Terimakasih, pada umumnya batere baru dicas 8 jam atau tergantung petunjuk di kemasannya. Cas kedua dan ketiga juga 8 jam. baru pada pengecasan ke empat dan seterusnya hanya sampai indikator batere full saja tidak sampai 8 jam. Jika kurang dari 8 jam dikhawatirkan ada sebagian elemen di dalam batere yang tidak aktif secara maksimal, hal ini nantinya akan mempengaruhi kinerja batere.

  3. Siti Jamilah
    17 September 2010 pukul 16:53

    Terima kasih atas infonya.

  4. Ahmadz
    22 September 2010 pukul 08:31

    Kalau batrei dari hape baru gimna? Misalnya sya beli nokia x5 saya ngecis 8 jam juga gak 3x ? Nunggu btrai nya abis dlu gak ktika bru dibuka tu hpe dari kotak nya trus dihidupin. . Makasih

    • 30 September 2010 pukul 22:52

      Terimakasih mas Ahmadz, tentu saja batere hp baru dicas maks.8 jam agar seluruh elemen dalam batere aktif. Pengecasan menunggu sampai indikator batere tinggal 1 garis baru di cas, jangan sampai daya habis total baru dicas ya. Salam hangat selalu

  5. Novardin R
    10 Januari 2011 pukul 19:21

    Mau tanya, saat dicas sebaiknya hp dalam keadaan mati atau hidup? terimakasih..

  6. rahmi
    19 April 2011 pukul 19:55

    bagaimana pak jika pengecasan baterai yang baru lebih dari 8 jam. apakah hal tersebut berdampak lebih pada kondisi baterai. makasih.

  7. 1 Juli 2011 pukul 22:37

    pak pengecasan bterai baru itu dilakukan kapan??? bterai baru biasanya sdh terisi, nah kita cas ktika isinya sdh hbis tw baru kt beli lngsung dicas??? trims

  8. Widodo Budiyanto
    18 November 2011 pukul 09:41

    Wah tips yg bagus pak widodo mudh2an berguna untk smuax..
    saya tunggu tips2 terbaru dri bpk..

    • 4 Desember 2011 pukul 15:49

      Terimakasih Pak Widodo Budiyanto
      salam hangat dari saya Pak

  9. Duarwo
    10 Januari 2012 pukul 11:23

    Maaf, mohon dijelaskan secara ilmiah benarkah kalo di cas kurang 8 jam ada elemen yg nggak aktif? Kalo dicas waktu batere blum habis memang bisa menurunkan performa, karena ada proses memory effect. Terima kasih.

  10. 9 Mei 2012 pukul 12:00

    gan…. ijin share yah…

  11. agung prasetyo
    6 Juli 2012 pukul 22:21

    Pengisian baterai pertama kali dengan tempo waktu yang lama (6-8 jam), ditemukan pada teknologi baterai ponsel Nokia generasi awal (sebagai contoh, baterai dengan teknoligi niMH).
    teknologi baterai terbaru yang saat ini digunakan adalah baterai Lithium. Teknologi baterai tidak memerlukan lagi waktu pengisian daya baterai untuk pertama kalinya dalam waktu lama (6-8 jam).
    Yang perlu dilihat adalah indikator baterai di layar ponsel. Apabila indikator baterai telah berhenti bergerak saat pengisian daya berlangsung, berarti baterai telah terisi penuh dan sambungan kabel bisa dicabut.
    Silakan browsing dan menuju ke alamat http://www.nokia.co.id. Kemudian menuju tempat FAQ dan tanyalah masalah baterai.

  12. 10 Juli 2012 pukul 11:05

    terima kasih atas informasinya, ditunggu info selanjutnya….

  13. 10 Juli 2012 pukul 11:09

    gan infonya berguna sekali…..

  14. 11 Juli 2012 pukul 10:13

    gan mau tanya nih kenapa hp saya suka lobet padahal saya udah berapa kali ganti baterai, bagaimana cara yang terbaik…

  15. 13 Juli 2012 pukul 12:36

    gan infonya keren banget dan mantap……

  16. 14 Juli 2012 pukul 15:34

    Boleh tanya gak nih gan, apa baterai hp itu ada jangka waktunya agar hp tidak lobet…..

  17. agus
    28 Juli 2012 pukul 19:42

    Makasih atas informasi nya bos…semoga sukses selalu..

  18. anto
    17 September 2012 pukul 04:16

    yg atas betul,tp tambahan. Kalau mencarge HP JANGAN 8 JAM. Itu TiPS NGAWUR. PAKAI STANDAR HP JA. KALAU PENUH Y LGSG DICABUT. PENJELASANNYA GA PAKE LOGIKA.

  19. Dhuha
    19 Januari 2013 pukul 08:38

    saya beli batre baru pak, apakah batre di pake dahulu, stelah tinggal 1 garis baru di cas ataukah sebelum di pake harus di cas dahulu 4-8 jam? tlg di jawab ya pak.

  20. asti
    16 Februari 2013 pukul 00:03

    saya bawa S3, dulu batre pertama sempet rusak dan saya bawa ke samsung service buat ganti batre dengan garansinya yang masih, semenjak itu saya sangat telaten merawat batre Hp saya, tiap akan drop saya cas dan saya nonaktifkan, dan dulu saat baru dapat batre barunya hanya butuh waktu 2 jam full, tapi sekarang kenapa malah jadi 4jam kadang” bisa lebih lama padahal saya sudah jaga sebaik mungkin dan bagaimana sekarang mengatasinya, tolong dibalas pak, terimakasih🙂

  21. 2 Maret 2013 pukul 04:46

    Bagaimana klo batre baru, langsung dicas dan hp dlm keadaan mati, ketika indikator penuh, charger dcabut, kemudian dicas lg, dan memang indikatornya bergerak kembali. Selang 1 menit, indikator penuh lg, kemudian sy cabut lg, sy cas lg, begitupun seterusnya. Sampai rencana sech mw 6 jam, ini br mw 4 jam. Hehe

    Nah itu gmn Pak?
    Tolong ditanggapi, trims y

  22. HARDI KUSUMA
    4 Juni 2013 pukul 21:31

    jgn percaya cas sampe 8jm, awas bahaya bs ngerusak batery. SEKALI LG NGERUSAK BATERY. YG BENAR ADALAH BELI HP LANGSUNG D CAS SAMPE BATERI PENUH. ITU AJA.

  23. Rial Adi Firansa
    30 Juni 2013 pukul 09:09

    Teman2 saya udah punya 2 Baterai, baterai lama yg Ori udh mnurun peformanya, Saya beli yang baru merek BINTANG dengan teknologi Lithium ion.. klo Baterai yg Ori lowbet sy suka Cash pake Cash kdok dan langsung sy ganti yg Bintang, klo Bintang yg lowbet sy cash aja dengan cash kdok, trus yg Baterai Ori gantian ane pake. Gimana tuh (bgitu seterusnya *baru beberapa hari*)
    ??

  24. Rial Adi Firansa
    30 Juni 2013 pukul 09:14

    Kalo cash kodok berbahaya dipake, sebaiknya sy cash baterai sy yg satux (yg lowbet) pake apa ?? Yg jawab dengan ikhlas dan mendidik saya doain Al-fatihah + Al+Ikhlas 3x + Al-Falaq 3x+ An-Nass 3x :)))))

  25. 21 September 2013 pukul 14:23

    gan ,mau tanya ,kalau hp guwe tu ngecas nya sampai 6jam lebih,,,baru bisa full 100%,,,.,itu batrainya yang rusak atau apanya,.,.,…???

  26. alvi mahendra
    2 Oktober 2013 pukul 18:56

    thank’s atas infonya,saya jadi lebih tau banyak untuk merawat battre saya agar tidak menggelumbung/gendut :v .sudah saya coba dan hasilnya ” WOW ” sangat bermanfaat dan alhasil battre HP saya menjadi lebih awat/kuat sampai 2/3 hari pemakaian🙂

    sekali lagi terimakasih😀

  27. Surya Lesmana
    13 Oktober 2013 pukul 22:29

    pak, saya mau nanya.
    knpa pak hp itu proses carging ny hrs nunggu alarm hp ny bunyi, knpa ga nunggu sampe batre bener2 habis betul..??
    trma kasih ^_^

  28. kimpli
    24 November 2013 pukul 20:18

    beli mito aja awet

    • kimpli
      24 November 2013 pukul 20:18

      ndasmu a

      • kimpli
        24 November 2013 pukul 20:19

        nd dewe

  29. ajis
    14 Desember 2013 pukul 12:22

    maaf sebelumnya mau tanya
    kenapa hp aq klo di cas langsung mati apakah dr battreynya atau dari handponnya

    mohon penjelasannya.

    *nb: sebelum itu terjadi, hpq mati total karna gak da battreynya soalnya saat itu di daerahku mati lampu selama 2 hari

  30. siti khalidah
    5 Februari 2014 pukul 12:06

    lau hp dicas tapi gk terisi penuh…. hanya satu garis saja bagaimana itu pak?
    pa pyebabnya dan saya harus gmana pak?
    mohon solusinya

  31. 3 Maret 2014 pukul 13:55

    May I simply say what a comfort to find someone who actually understands what
    they are talking about on the net. You actually understand how to bring a problem to
    light and make it important. A lot more people really need to read this and understand this
    side of your story. I was surprised you’re not more popular given that you definitely have the
    gift.

  32. 19 Maret 2014 pukul 19:16

    I love your blog.. very nice colors & theme. Did you make this website yourself or did you hire
    someone to do it for you? Plz answer back as I’m looking
    to construct my own blog and would like to find out where
    u got this from. thanks a lot

  33. 21 Maret 2014 pukul 09:22

    Wonderful beat ! I wish to apprentice even as you
    amend your web site, how could i subscribe for a blog web site?

    The account aided me a acceptable deal. I have been a little bit familiar of this your broadcast offered vibrant transparent idea

  34. 21 Maret 2014 pukul 18:44

    Hello, just wanted to mention, I liked this article.
    It was inspiring. Keep on posting!

  35. 21 Maret 2014 pukul 18:47

    Wooden garage door offer timeless beauty and elegance, and
    can give you a natural look inexpensively. In either case the hinge that
    holds the roller from the door panels must be removed
    to make the necessary door repair. Rolling shutters of ROMA have a patented sound
    body and are therefore pleasantly quiet.

  36. 23 Maret 2014 pukul 10:05

    Why users still use to read news papers when in this technological
    globe all is available on web?

  37. 12'
    28 Maret 2014 pukul 05:40

    Hello! This is kind of off topic but I need some
    help from an established blog. Is it very hard to set up your own
    blog? I’m not very techincal but I can figure things out pretty fast.
    I’m thinking about setting up my own but I’m not sure where to start.

    Do you have any tips or suggestions? Many thanks

  38. 28 Maret 2014 pukul 09:00

    I am sure this post has touched all the internet viewers,
    its really really fastidious post on building up
    new weblog.

  39. 29 Maret 2014 pukul 12:29

    Normally I do not read article on blogs, however I would like to
    say that this write-up very forced me to take a look at
    and do it! Your writing taste has been amazed me. Thank you,
    quite nice article.

  40. 21 April 2014 pukul 09:37

    kalau mengecas batre blackberry melalui laptop pake kabel data merusak batre gk ya?

  41. 30 April 2014 pukul 14:40

    kalau batas ngcas bb onyx berapa jam ya ?

  42. 1 Juli 2014 pukul 19:56

    kq misal nya kita mw cas,,hp da kita matikn,trus kita cas,tp hp malah hidup kembali,thu kaya mna ya

  43. 24 Agustus 2014 pukul 01:38

    We’re a group of volunteers and starting a new scheme in our community.

    Your site offered us with valuable information to work on. You’ve done a formidable job
    and our entire community will be grateful to you.

  44. 4 September 2014 pukul 15:11

    Can you tell us more about this? I’d like to find out more details.

  45. 23 September 2014 pukul 04:31

    Great site. A lot of useful information here. I’m sending it to some friends ans also sharing
    in delicious. And obviously, thank you for your effort!

  46. 7 Oktober 2014 pukul 21:48

    If you are going for finest contents like me,
    simply go to see this web site daily for the reason that it gives quality contents, thanks

  47. 23 Oktober 2014 pukul 17:14

    I’d like to find out more? I’d want to find out some additional
    information.

  48. 18 November 2014 pukul 10:16

    Hi, all is ցoing well here and ofcourse every one is sharing data,
    that’s really fine, keep up writing.

  49. 22 Desember 2014 pukul 07:12

    batu hp saya langsung ga ngisi ketika lagi dicas sambil di pake,,
    jadi kalo dicas jalan tapi energinya baterenya tidak ada
    apakah baterenya ato hapenya yang lemah?

  50. 11 Maret 2015 pukul 17:37

    kalo pengecasan pertama baterai baru pake dekstop gmna gan ?????

  51. 9 Mei 2015 pukul 20:43

    Mas saya baru beli batre baru kenapa batre saya tidak dapat digunakan (hp saya smartfren) apa mungkin harus dicas dekstop ?

  52. dessema
    21 Agustus 2015 pukul 10:29

    mas saya mau nanya dong,Hp saya kenapa ya kalau di cas dengan PB lansung 100%penuh dan bila di cabut mati total , saya udah service hpnya tetapi ternyata tukang servicenya bialang itu rusak baterainya , kira” itu benar ga ya…?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: