Beranda > Tips &Trik > Menggunakan HP dengan aman

Menggunakan HP dengan aman


berhp amanSuatu hari ada seorang teman datang ke Conter saya. Beliau berterus terang mencari handphonenya yang baru saja hilang di rumahnya,barangkali hpnya dijual di conter saya. Saya cuma tertawa dalam hati,disangkanya saya tukang tadah barangkali. Setelah omong-omong sebentar tahulah saya kronologis hilangnya sang hp. Menurut beliau hpnya hilang pada saat dicas di rumahnya. Cuma sebentar ditinggal ke belakang tahu-tahu raiblah hpnya. Padahal di rumahnya tidak ada siapa-siapa. Lalu siapa kira-kira yang telah “meminjam’ hpnya ya?

Beberapa hari kemudian teman saya tadi datang lagi ke conter saya dan menceritakan bahwa si tangan panjang yang mengambil hpnya telah diketahui, yaitu…orang dekat yang sudah amat dikenalnya!

Dari cerita teman saya tadi barangkali kita bisa mengambil hikmah tentang pentingnya menjaga hp kesayangan kita secara teliti dan aman. Lalu bagaimana sebaiknya kita menjaga hp sepanjang waktu  dari sentuhan si tangan jail ?

Saat di rumah

1). Usahakan meletakkan hp di tempat yang tersembunyi (jangan di kolong tempat tidur lho). Maksudnya tidak di tempat yang mencolok mata dan siapa saja bisa melihatnya.

2). Jangan pula meletakkan hp di dekat jendela. Meski di rumah sendiri jangan lupa tutup pintu. Nah,lho!Bukan apa-apa, ya cuma antisipasi doang. Tidak perlu curiga sama orang terdekat kita.

3). Saat mengecas hp sebaiknya di dalam kamar saja, jangan di depan televisi atau di kamar depan/kamar tamu.

4). Saat di rumah ketika berada di tempat-tempat berair misalnya kolam, bak mandi, saat mencuciatau mau mandi sebaiknya hp ditinggal di kamar saja. Kadang karena kurang hati-hati hp bisa saja kecebur ke air. Kalau sudah kadung kecebur ke air kan repot, ya kalau bisa melakukan P3K HP Terkena Air sih gak apa-apa. Kalau tidak bisa kan terpaksa nyambat tukang service hp.

Saat di Tempat Kerja

1). Usahakan hp selalu berada di tangan (saku), andai terpaksa boleh lepas dari tangan namun jangan terlalu jauh.

2). Jangan pernah meninggalkan hp di meja kerja  atau di manapun. Jadikanlah hp Anda sebagai teman hidup Anda yang setia (selain isteri/pacar Anda tentunya).

3). Pada saat hp dicas kalau bisa Anda tunggu sampai selesai. Namun jika terlalu merepotkan usahakan hp masih senantiasa dalam pengawasan Anda. Andai hal itu juga tidak bisa, maka Anda bisa minta tolong pihak ketiga untuk menemani hp Anda. Sekedar ditraktir bakso satu mangkok cukuplah sebagai balas jasa dan merekatkan pertemanan.

Saat di Kendaraan Umum

1). Simpanlah hp Anda di saku baju atau celana, lindungi dengan jaket kalau punya. Meninggalkan hp di tas atau bersama barang bawaan kadang dirasa masih kurang aman dari si tangan jail.

2). Gunakan tali hp dan kalungkan di leher Anda dengan benar. Hal ini selain mencegah gerayangan si tangan jail, juga menjamin keamanan hp dari jatuh pada saat Anda membungkuk misalnya.

3). Matikan dering hp Anda dan gantikan dengan modus getar saja. Hal ini agar tidak mengganggu penumpang lain yang sedang tidur dan juga tidak menarik “perhatian”.

4). Saat menerima panggilan telepon jangan menampakkan hp Anda secara terbuka/over acting. Lakukan pembicaraan secara perlahan bila perlu cari tempat yang agak menyendiri. Walaupun hp Anda sudah canggih keluaran terbaru dan mahal harganya, percayalah  orang lain sudah banyak yang punya.

5). Jika Anda terlalu khawatir membawa hp mahal dalam perjalanan, Anda boleh menggantikannya dengan hp murah (bukan murahan lho) namun masih normal. Hp yang canggih biar di rumah saja daripada bikin ribet di perjalanan.

Saat di Kendaraan Pribadi

1). Simpan hp di tempat tersembunyi. Jangan letakkan hp di atas dasbor mobil. Kaca mobil sebaiknya ditutup atau paling tidak  ditutup separo saja.

2). Saat ada panggilan,lebih bijaksana menggunakan headset sehingga tidak mengganggu konsentrasi mengemudi. Anda bisa berkomunikasi tanpa memegang hp sehingga tangan lebih leluasa menyetir.

Saat di atas Sepeda Motor

Saat Anda berada di atas sepeda motor, Anda tidak disarankan melakukan/menerima panggilan atau bersmsan. Lebih bijaksana Anda menghentikan sepeda motor di tempat aman lalu melakukan komunikasi/smsan secara aman. Aman bagi diri sendiri dan juga aman bagi orang lain.

Saat di Restaurant/Rumah Makan

1). Usahakan hp selalu dalam jangkauab tangan Anda. Bisa juga disimpan di saku baju atau celana.

2). Jangan pernah meletakkan hp di atas meja. Di dekat Anda sekalipun. Kan nggak lucu sambil makan,tuh mata sambil mantengin hp. Jadi nggak konses kan makannya?

3). Andai tiba-tiba mau ke belakang, jangan pernah meninggalkan hp di meja restaurant seorang diri. Bawa saja hp kesayanganmu.

Saat di Sekolah

1). Bagi sekolah yang ada peraturan dilarang membawa hp, kamu bisa titipkan hpmu ke penjaga/gurumu. Nanti kalau pas pulang sekolah bisa diambil kembali.

2). Jangan pernah menyimpan file 3GP yang berisi materi video biru di dalam hpmu. Siapa tahu tiba-tiba ada razia hp. Bersihkan hati dan fikiranmu wahai anak-anak bangsa dari segala pengaruh negatif termasuk hpmu. Oke?

Pesan sponsor : Kejahatan dapat terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya, tetapi juga karena ada kesempatan. Waspadalah! Waspadalah!

Demikian, sekilas tips aman berhandphone. Semoga membawa manfaat bagi kita semua. Materi diambil dari pengalaman. Bagi yang mau mengirim komentar, masukan, kritik dan saran….kutunggu.

Jangan lewatkan postingan selanjutnya : 5 Kesalahan Tak Disengaja dalam Menggunakan hp

  1. 5 September 2009 pukul 04:04

    Sugeng siang P Wid, remen sanget sampun kersa pinarak dhateng blog kula ingkang sawatawis klendran (gara2 fb an, hehehe). Mangga sareng2 sinau ing donya sunyaruri. Suwun.

  2. Hastuti
    21 Agustus 2010 pukul 16:01

    Trimakasih, sudah berbagi.
    -Salam kenal-

  3. 26 Agustus 2010 pukul 14:24

    jabon

    terimaksih ya atas tipsnya .. saya juga dulu prnah mengalami musibah yang serupa hik hik

  4. 2 Maret 2012 pukul 12:27

    tips yang sangat bermanfaat bagi banyak orang

  5. zakir hamzah
    23 April 2016 pukul 10:56

    terimakasih atas penjasan dan sarannya. tapi saya masih ingin penjelasan lagi . suara hp saya lemah saya rasa bukan karena kesalahan pemakai. karena suara lemah ini semenjak mulai baru dibeli dalam keadaan baru. saya katakan lemah suaranya setelah dibanding dengan hp lain dengan merek dan ukuran yang sama. yaitu samsung SM-G313HZ

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: