Beranda > Tips &Trik > 5 Kesalahan Tak Sengaja Menggunakan hp

5 Kesalahan Tak Sengaja Menggunakan hp


Sudah beberapa kali saya mendapat order memperbaiki berbagai jenis tipe dan merek handphone. Setelah saya cek, sebagian ternyata tidak tergolong rusak  tetapi hanya mengalami kelainan. Dan menurut dugaan saya kelainan tersebut bisa jadi akibat kesalahan si pemakai sendiri. Saya berusaha tidak memanfaatkan ketidaktahuan konsumen untuk keuntungan pribadi, jadi  saya benahi hp konsumen langsung di hadapannya sambil saya beri saran penggunaan hp yang benar. Meskipun belum paham benar terlihat pancaran rasa senang yang tulus di wajahnya. Ucapan terimakasih yang dilontarkannya sudah membuat diri saya puas. Dan demi niat saya ingin berbagi berikut ini saya sampaikan beberapa kelalaian yang dapat menimbulkan kelainan atau kerusakan pada hp.

1). Mencabut batere hp dalam keadaan on/menyala.

Banyak konsumen mengira perilaku tersebut tidak berpengaruh pada kinerja hp. Tetapi hal itu sebenarnya sangat berpengaruh pada kinerja hp. Bayangkan seandainya hp dalam keadaan menyala padahal sedang menjalankan program lalu batere dicabut, maka program akan terputus paksa. Hal ini ibaratnya kita langsung mencekik hp agar padam/mati. Hp pada dasarnya sama dengan computer yang jika akan dipadamkan harus melalui proses shut down, bukan langsung cabut kabel/power. Computer pun jika cara mematikannya dengan cara cabut kabel/power jika sudah kebiasaan maka akhirnya hardiscnyalah yang tidak kuat atau mungkin juga komponen lainnya yang akhirnya akan kena.

Tips : Jika akan melepas batere pastikan hp sudah dipadamkan/off. Cara memadamkan hp dengan menekan tombol off. Tombol off ada yang terletak di bagian atas, ada juga yang di depan sebelah kanan. Hal ini tergantung merek dan tipe hp.

2). Main tekan tombol sembarangan

Tidak cukup sekali, beberapa konsumen mendatangi conter saya lalu mengadukan hpnya yang tidak bisa mengirim smslah, tidak bisa menerima panggilan, sinyalnya naik turun, suaranya hilang, bahkan ada yang nomornya terblokir. Saya cuma tertawa dalam hati, sambil tersenyum saya katakan bahwa hpnya tidak rusak. Lalu saya betulkan pengaturan/settingannya. Sebentar kemudian hp tersebut normal kembali. Sang konsumen menerima hpnya dengan tersipu malu namun saya pura-pura tidak melihat. Sebenarnya asal kita sudah memahami semua fungsi tombol dan tidak main tekan tombol sembarangan hal-hal di atas tidak akan terjadi.

a). hp tidak bisa untuk mengirim sms mungkin karena settingan pada “no pusat layanan” sudah berubah dari yang baku. Hal ini mungkin karena memang tidak tahu atau bisa juga karena unsur keteledoran saja (main tekan sembarangan). b). hp tidak bisa menerima panggilan bisa jadi karena settingan pada menu panggilan diatur secara tak sengaja” alihkan semua panggilan”. c). Sinyal lemah pada hp selain faktor komponen PA yang memang sudah lemah, bisa jadi karena settingan pada “pilihan jaringan.” Usahakan pilih “manual”agar sinyal tetap stabil. d). Saat ada panggilan, tidak ada suara terdengar. Hal ini bisa ditebak mungkin karena komponen headphone malfungsi, atau mikrophone pemanggil yang rusak, putus jalur pada board yang menuju headphone , atau settingan volume panggilan tak sengaja ditekan “mute”. Maaf, saya berulangkali menggunakan kata “mungkin” hal ini memang karena sebagai seorang teknisi harus mempunyai feeling berbagai kemungkinan kerusakan yang nantinya akan dicek satu per satu. Jika satu kemungkinan tidak terselesaikan maka kemungkinan yang lain harus ditempuh. e). Nomor terblokir biasanya jika kode pengaman telepon diketikkan salah 3 kali berturut- turut. Biasanya hal ini terjadi karena hp sering dipinjamkan orang lain. Bisa juga karena ditekan secara tak sengaja/iseng. Untuk membuka nomor terblokir, harus menelepon pusat layanan dan menanyakan no PUK. Caranya nanti Anda akan dituntun oleh operator.

Tips  : Jika tidak dipakai sebaiknya hp dikunci tombol, atau telepon dikunci dengan pasword yang hanya Anda sendiri yang tahu kodenya. Tapi kelihatannya kok egois ya?

3). Kembali ke menu siaga/tampilan awal lewat jalan pintas

Saat kita melakukan pengaturan atau sekedar melihat-lihat menu/fitur hp melalui beberapa tahap dengan cara menekan-nekan tombol hp, maka jika kita ingin kembali ke menu semula atau menu siaga/tampilan awal, sering terjadi langsung memencet tombol “end call” (tombol bergambar gagang telepon berwarna merah). Praktis memang, namun jika menjadi kebiasaan akan menimbulkan gangguan pada akhirnya. Hal ini disebabkan karena cara seperti itu akan menimbulkan tumpukan program yang masih ‘running’. Lama-lama program/software bisa error, hang atau macet. Langkah yang bijak adalah dengan menekan tombol ‘kembali’ atau ‘mundur ke halaman sebelumnya’ sampai beberapa kali hingga kembali ke menu siaga/tampilan awal.

Tips   : Gunakan selalu cara ‘kembali ke halaman sebelumnya’, meskipun agak lama dan kurang praktis namun  cara kedua tersebut terbukti lebih aman bagi hp kita.

4). Cara memegang hp yang kurang Benar

Saya yakin para pengguna hp sudah memahami bagaimana memegang hp yang benar saat melakukan panggilan. Namun sebagian  masih saja melakukan kelalaian tak sengaja saat memegang hp. Hal ini bukan karena dapat menyebabkan kerusakan melainkan hanya agar sinyal tidak terganggu oleh jari/tangan kita. Padahal dalam buku petunjuk sudah ada tuntunannya. Memegang hp yang benar saat melakukan panggilan adalah menghindari jari/tangan menyentuh atau menutupi daerah sekitar sinyal karena hal ini akan mengganggu pengiriman atau penerimaan sinyal. Daerah sinyal terletak pada bagian belakang sisi atas. Kadang terjadi saat berbicara sang penelepon kurang mendengar suara lawan bicara karena daerah sinyal tertutup jari tangan.

5). Menyimpan hp di saku celana jeans (ketat)

Beberapa kasus hp rusak (retak, pecah) pada bagian rangka/tulang dan casing ternyata akibat dimasukkan ke dalam saku celana jeans ketat. Logikanya bagaimana? Begini, saat kita duduk sementara hp berada di saku celana maka hp akan terjepit dengan keras dan mungkin juga ikut tertekuk, maka kerusakan pada casing atau rangka tak dapat dihindari.Terutama pada saku bagian belakang/pantat. Lain halnya jika celana tidak ketat alias longgar/ gombrang kerusakan rangka dan casing jarang terjadi. Andai pun rusak pasti karenasebab yang lain, terjatuh misalnya.

Demikian sedikit tips dari saya, bukan karena ingin menggurui tetapi ingin sedikit berbagi. Mudah-mudahan ada manfaatnya. Koment, masukan, kritik dan saran membangun amat membantu saya. Terimakasih

  1. 22 September 2009 pukul 17:23

    Infonya sangat bagus nih..
    Yg sering saya lihat Poin 1 dan 4..
    Mungkin karena th org males tkan tmbol,jadinya main Lgs dicabut aja..

    • wyw1d
      22 September 2009 pukul 18:42

      Ada yang memang belum tahu, ada pula yang sudah tahu tapi cuek.Baru nanti kalau pas hpnya kasus,bingung kenapa nih? Thanks atas support dan komentnya.

  2. Ilmi Kalam
    26 November 2009 pukul 06:24

    Infonya bagus sekali dan itu adalah kesalahan – kesalahan yang sering terjadi sama orang lain (termasuk saya).

    • wyw1d
      26 November 2009 pukul 07:04

      Mudah-mudahan infonya bisa sedikit menambah wawasan.Jangan sungkan datang lagi ya.Terimakasih.

  3. 12 Februari 2010 pukul 20:05

    tipsnya menarik.. Saya Copas ya.. hehehe..
    Saya pasang di..
    http://http://zone2net.wordpress.com/2010/02/12/5-kesalahan-tak-sengaja-menggunakan-hp/#more-74
    Terima kasih Ya mas..

  4. y
    29 Desember 2013 pukul 04:52

    makasih pak. hp saya ga bs ditelpon ternyata alihkan panggilannya aktif, setelah saya batalkan skarang bs ditelpon. efek dipencet-pencet adik saya.

  5. angga
    14 Januari 2014 pukul 19:22

    kenapa nomor saya ketika menelpon di salah satu nomor tidak bisa terdengar oleh org tersebut begitu pula sebaliknya dia yang menelpon saya juga tidak bisa mendengar suaranya,padahal saya coba nelpon di nomor lain semuanya normal2 aj,saya juga pernah nyoba ganti hp tpi kndisiny tetap sama,mohon bantuanny y gan kesalahan terdapat di hp ato nomornya(kejadianny baru beberapa hari ini padahal dulu nelpon ke nmr tersebut gak ada masalah sama sekali)

  6. angga
    14 Januari 2014 pukul 19:22

    kenapa nomor saya ketika menelpon di salah satu nomor tidak bisa terdengar oleh org tersebut begitu pula sebaliknya dia yang menelpon saya juga tidak bisa mendengar suaranya,padahal saya coba nelpon di nomor lain semuanya normal2 aj,saya juga pernah nyoba ganti hp tpi kndisiny tetap sama,mohon bantuanny y gan kesalahan terdapat di hp ato nomornya(kejadianny baru beberapa hari ini padahal dulu nelpon ke nmr tersebut gak ada masalah sama sekali)saya juga sudah mengecek di pengaturan hp

  7. erlina
    4 Februari 2014 pukul 12:00

    hp andromax u2 saya muncul gbr headset terus…
    jadi sampai sekarang kl mo trima telp hrs pke hedset terus..
    mohon pencerahannya.
    thx

  8. Titin Septiani
    14 Maret 2014 pukul 08:10

    mw nxa ni. lw hp tba2 msti, lalu d hidupin kmbli tu gmna ya, lw d buka krtuxa bsa nyala, lw d masukin krtu mati lgi,

  9. SABAR
    4 April 2014 pukul 11:05

    saya tempo hari mendapat sms dr no yg sy kenal, begitu sy kroscek ke org tsb, dia tidak mengirimkan sms tsb, apa mungkin hal ini bisa terjadi ?, saya sdh cek ke provider, tp provider tdk bisa memberikan data yang akurat. Mohon penjelasan, terima kasih.

  10. 29 Desember 2014 pukul 09:09

    Kenapa hp saya jika dimasukkan kartu hp tersebut tidak menyala???Mengapa demikian mohon jawabannya secepatnya…

  11. 16 Februari 2015 pukul 14:30

    Unquestionably consider that that you said. Your favorite reason appeared to be on the internet the simplest factor to keep in mind of.
    I say to you, I certainly get annoyed while folks think about concerns that they plainly don’t realize about.
    You managed to hit the nail upon the highest as neatly as outlined out the whole thing without having side-effects
    , other folks can take a signal. Will probably be again to get more.
    Thank you

  12. muslihah
    19 April 2015 pukul 09:47

    ka mau nanya nih hp saya ditelpon sama orang,di saya ada suaranya tapi di orang itu gak ada,apa penyebabnya dan cara mengatasinya ya?
    kejadian ini terus menerus terjadi
    mohon jawabannya ya ka:)

  13. jr
    7 Mei 2015 pukul 23:39

    pak saya minta solusinya. hp saya kalo ada telfon masuk pasti nerima sendiri. gimana cara memperbaikinya pak… thanks

  14. jr
    7 Mei 2015 pukul 23:43

    hp saya andromax c pak

  15. ul
    30 Mei 2015 pukul 13:49

    saya baru beli evercoss, kalo ditelpon 1 menit suara terputus. gimana mengatasinya ya?

  16. erfan
    2 Juli 2015 pukul 16:16

    sy pemakai iphone 4….ketika telp ke mana aja, si penerima telp merasa kurang nyaman karena ada suara nya sendiri di speaker si penerima telephone…. bagaimana cara mengatasi hal tersebut?apakah harus mengganti speaker di iphone 4 saya?terima kasih

  17. Muchlis
    4 Agustus 2015 pukul 21:00

    Alhamdulillah bs jd wawasan. Trims

  18. Zhinaindriani
    20 Oktober 2015 pukul 18:42

    Maaf sebumnya cweremponx disini mau nanya dikit nih ka….
    Hp ku klo buat dengerin musik oke oke ja swaranya
    Tp ketika memanggil dan menerima panggilan ,swara sangat mengganggu karna biarpun gk di speker swara kaya d speker , pake handset pun begitu swara keluar kaya d speker

    Kenapa yachhhhh

  19. Budi Santoso
    2 November 2015 pukul 15:43

    bang hp saya simbol headset ga hilang-hilang walaupun di matiin juga, terus kalo di mainin hp malah cepet panas, tolong beritahu

  20. Niar
    8 Desember 2015 pukul 05:11

    Itulah yg sekarang terjadi dgn hp saya..hp saya tidak bisa melakukan panggilan maupun sms..dn yg menjadi pertanyaan saya klo ada sms masuk baru bs melakukan panggilan..tp it hanya sesaat saja setelah itu gk bisa lg..saya jd bingungapa yg terjadi dgn hp saya? Padahal sebelumnya baik” aj..dn gk terjatuh jg…?klo boleh mohon bantuannya mas…untuk info hp saya samsung galaxy young GT-S6310..trimakasih mas

  21. aries ragha nazwa
    9 Februari 2016 pukul 13:19

    hp saya bisa buat telp tapi tidak muncul gambar menu telp nya seperti biasanya muncul tanda panggilan.suaranya pun tidak terdengar.lemot juga.mohon bantuan nya mengatasi masalah seperti itu.terima kasih sebelumnya.

    • dian
      25 Maret 2016 pukul 12:28

      hp saya lenovo a 1000 tiap ada telepon masuk, tidak ada muncul gambar tlpon masuk sperti biasa cuman getar hp.. bagaimana caranya agar hp sya bisa kembali sperti semula.

  22. aries ragha nazwa
    9 Februari 2016 pukul 13:20

    hp saya samsung galaxy ace 3

  23. 24 Mei 2016 pukul 20:05

    Ijin baca ya gan????

  24. maisura
    19 Juli 2016 pukul 17:21

    gini pak, hp saya klo di telpon suara dari seberang bisa saya dengar, tapi klo dari saya ke seberang suara saya sama kali tidak terdengar. itu kek mana pak? xiomi note3
    terima kasih

  25. 9 September 2016 pukul 08:13

    mas tanya, asus zenfone c z007 saya, apabila ada kontak telepon layar langsung gelap dan penerima telepon kurang jelas mendengar voksl saya. terima kasih.

  1. 19 November 2014 pukul 17:59

Tinggalkan Balasan

