Beranda > Pendidikan > Lesson Study

Lesson Study


PENGERTIAN LESSON STUDY

  • Lesson Study adalah model pembinaan profesi melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif  dan berkelanjutan berdasarkan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun learning community.
  • Lesson Study mencakup 3 (tiga) tahap kegiatan, yaitu: tahap perencanaan (plan), implementasi pembelajaran dan observasi (do) serta refleksi (see).

Tahap 1 : PERENCANAAN

  • Identifikasi masalah (materi pelajaran yang relevan dengan kelas dan jadwal pelajaran, karakteristik siswa dan suasana kelas, metode/pendekatan pembelajaran, media, alat peraga, dan penilaian) dan alternatif pemecahannya.
  • Penyusunan Research Theme
  • Penyusunan perangkat pembelajaran yang terdiri atas:
  1. Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP)
  2. Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
  3. Media dan Alat Peraga
  4. Instrumen penilaian proses dan hasil pembelajaran
  5. Lembar Observasi Pembelajaran

Tahap 2 : TAHAP IMPLEMENTASI DAN OBSERVASI

  • Dalam mengamati siswa, para observer disarankan:
  1. Mencatat komentar atau diskusi yang dilakukan siswa dan menuliskan nama atau posisi tempat duduk siswa.
  2. Membuat catatan tentang situasi ketika siswa melakukan kerjasama atau memilih untuk tidak melakukan kerjasama.
  3. Mencari contoh-contoh terjadinya proses konstruksi pemahaman melalui diskusi dan aktivitas belajar yang dilakukan siswa.
  4. Mencatat variasi metode penyelesaian masalah oleh siswa secara individual atau kelompok termasuk strategi penyelesaian yang salah.
  5. Apakah siswa menggunakan pengetahuan awalnya atau pengetahuan sebelumnya untuk memahami konsep baru yang dipelajari?
  6. Apakah cara berpikir siswa terfasilitasi dan termotivasi oleh pertanyaan-pertanyaan yang diajukan guru?
  7. Apakah gagasan siswa dihargai dan dikaitkan dengan materi yang sedang dipelajari?
  8. Apakah kesimpulan akhir yang diajukan berdasarkan pada pendapat siswa?
  9. Apakah kesimpulan yang diajukan sesuai dengan tujuan pembelajaran?
  10. Apakah terjadi penguatan terhadap kompetensi yang dicapai siswa?

Tahap 3 : REFLEKSI

  • Guru yang melaksanakan kegiatan pembelajaran mengungkapkan kesan-kesannya selama kegiatan berlangsung tentang dirinya maupun siswa.
  • Observer (guru lain dan pakar) menyampaikan hasil analisis data observasinya, terutama yang menyangkut kegiatan siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung yang disertai dengan pemutaran video hasil rekaman kegiatan pembelajaran.
  • Guru yang melakukan implementasi tersebut memberikan tanggapan balik atas komentar para observer.
  • Revisi perangkat pembelajaran.

MENGAPA LESSON STUDY DIPERLUKAN?

  • Lesson study merupakan suatu cara yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan guru dan aktivitas belajar yang dilakukan siswa, karena :
  1. pengembangan lesson study dilakukan dan didasarkan pada hasil sharing pengetahuan profesional yang berlandaskan pada praktek dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan para guru;
  2. penekanan yang mendasar dari lesson study adalah agar para siswa memiliki kualitas belajar yang tinggi;
  3. tujuan pembelajaran dijadikan fokus utama dalam pembelajaran di kelas;
  4. berdasarkan pengalaman nyata di kelas, lesson study mampu menjadi landasan  bagi pengembangan pembelajaran; dan
  5. lesson study menempatkan peran para guru sebagai peneliti pembelajaran.
  • Lesson study yang didesain dengan baik akan menghasilkan guru yang profesional dan inovatif, karena :
  1. menentukan tujuan pembelajaran yang cocok dengan kebutuhan siswa beserta satuan (unit) pelajaran dan materi pelajaran yang diperlukan;
  2. mengkaji dan meningkatkan pembelajaran yang bermanfaat bagi siswa;
  3. memperdalam pengetahuan tentang materi pelajaran yang disampaikan guru;
  4. menentukan tujuan jangka panjang yang akan dicapai para siswa;
  5. merencanakan pembelajaran secara kolaboratif;
  6. mengkaji secara teliti proses pembelajaran dan perilaku siswa;
  7. mengembangkan pengetahuan pembelajaran yang andal;
  8. melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang dilaksanakannya berdasarkan perkembangan siswa dan kolega guru.

MANFAAT LESSON STUDY BAGI GURU

  1. Mengurangi keterasingan dalam perencanaan pembelajarannya.
  2. Membantu dengan mengobservasi pembelajarannya.
  3. Memperdalam pemahaman tentang materi pelajaran.
  4. Membantu supaya lebih fokus pada aktivitas belajar siswa.
  5. Meningkatkan kolaborasi antar sesama guru.
  6. Meningkatkan mutu guru dan mutu pembelajaran yang pada akhirnya meningkatkan mutu lulusan.
  7. Memberi kesempatan untuk memberi makna ide-ide pendidikan dalam praktek pembelajarannya.
  8. Mempermudah dalam berkonsultasi dengan pakar dalam hal pembelajaran atau kesulitan materi pelajaran.
  9. Memperbaiki praktek pembelajaran di kelas.

ENAM(6) TAHAPAN PELAKSANAAN LESSON STUDY

  • Tahap 1 : Membentuk kelompok Lesson Study:
  1. merekrut anggota kelompok
  2. menyusun komitmen bersama, menyusun jadwal pertemuan, dan menyepakati aturan kelompok.
  • Tahap 2 : Penentuan Tema Lesson Study:
  1. Bagaimana kualitas aktual para siswa saat sekarang?
  2. Apa kualitas ideal para siswa di masa mendatang?
  3. Apakah kesenjangan antara kualitas ideal dan kualiatas aktual para siswa yang menjadi tema lesson study? Contoh Tema:“Meningkatkan kemampuan berfikir mandiri siswa, menemukan, dan belajar antar sesama siswa saat mereka sedang fokus dalam pemecahan masalah dalam pelajaran IPS.”

Contoh Tema: “Meningkatkan kemampuan berfikir mandiri siswa, menemukan, dan belajar antar sesama siswa saat mereka sedang fokus dalam pemecahan masalah dalam pelajaran Matematika”

  • Tahap 3 : Perencanaan Pembelajaran.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan RPP:

  1. Apa yang saat ini dipahami siswa tentang topik yang akan dibelajarkan?
  2. Kompetensi apa yang diinginkan dari siswa untuk dimiliki pada akhir pembelajaran?
  3. Rentetan pertanyaan dan pengalaman apa yang akan mendorong siswa  berpindah dari pemahaman awal menuju pemahaman yang diinginkan?
  4. Bagaimana siswa akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut? Apa masalah dan miskonsepsi yang akan muncul? Bagaimana guru akan menggunakan ide dan miskonsepsi untuk meningkatkan pembelajaran tersebut?
  5. Apa yang akan membuat kegiatan pembelajaran ini mampu memotivasi dan bermakna bagi siswa?
  6. Catatan data apa yang perlu dibuat oleh observer tentang bagaimana siswa belajar, motivasi belajarnya, dan perilaku siswa selama pembelajaran berlangsung?
  • Tahap 4: Pelaksanaan pembelajaran di kelas dan observasinya:
    1. Guru yang ditunjuk mengimplementasikan RPP yang telah disepakati.
    2. Guru lain dan pakar sebagai observer. Observer mengambil tempat sedemikian hingga dapat leluasa mengamati jalannya proses pembelajaran tanpa mengganggu aktivitas dan kosentrasi siswa. Observer tidak diperkenankan melakukan intervensi pada pembelajaran, seperti menegur guru, membantu atau bertanya kepada siswa. Fokus observasi pada aktivitas belajar siswa, baik secara individual maupun kelompok.
    3. Dokumentasi proses pembelajaran.
  • Tahap 5 : Diskusi dan analisis implementasi dengan guru senior atau kepala sekolah sebagai fasilitator:
    1. Refleksi dari guru pelaksana pembelajaran
    2. Masukan dari observer/pengamat yang didasarkan atas hasil pengamatan, bukan berdasarkan pada teori.
    3. Tanggapan balik dari guru pelaksana atas komentar/masukan dari observer.
    4. Tanggapan dan saran dari ahli atau pakar.
  • Tahap 6 : Perencanaan tahap selanjutnya, dengan memperhatikan
    1. Apa yang berguna atau nilai tambah apa dari lesson study yang telah dilakukan bersama?
    2. Apa lesson study merupakan suatu cara untuk meningkatkan kualitas praktek pembelajaran sehari-hari?
    3. Apakah lesson study membantu mengembangkan pengetahuan kita tentang materi pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan siswa?
    4. Apakah pelaksanaan lesson study menarik bagi kita dalam meningkatkan keprofesionalan guru?
    5. Apakah pelaksanan lesson study yang dilakaukan secara kolaboratif merupakan suatu kerja yang produktif?
    6. Sudahkan kita membuat kemajuan dalam kegiatan pembelajaran melalui lesson study?
    7. Apakah semua anggota kelompok merasa terlibat dan berguna?
    8. Apakah pihak yang bukan peserta kelompok memperoleh informasi atau manfaat dari pelaksanan kegiatan lesson study kita?

BEBERAPA MODEL PELAKSANAAN LESSON STUDY

  • Pengelompokan guru mata pelajaran dalam lesson study di kelompok SD yang melaksanakan guru kelas.

  • Pengelompokan guru mata pelajaran dalam lesson study di kelompok SD yang melaksanakan guru mata pelajaran.

Disarikan dari materi workshop Guru Pemandu KKG SD in service 1 di LPMP Jawa Tengah

Kategori:Pendidikan Tag:
  1. abdullah munif, S.Pd
    12 November 2009 pukul 13:37

    perlunya sosialisasi yang lebih konkret dan mudah sehingga pembelajaran lesson study ini bisa diaplikasikan sampai di daerah-daerah, tidak hanya sebagai wacana dan menjadi bahan kajian pada seminar, diskusi saja.. bravo guru.

    • wyw1d
      12 November 2009 pukul 14:36

      Terimakasih atas sarannya ya.Sementara saya baru mensosialisasikan scr konkret dlm forum KKG Gugus SD se kecamatan Bulu Rembang, dan menuliskannya di blog ini.

  2. 19 November 2012 pukul 20:57

    Great post.

  3. 21 Mei 2013 pukul 09:56

    Definitely consider that which you said. Your favorite justification appeared to be on the web the easiest factor to have in mind of.
    I say to you, I definitely get annoyed even as folks think about worries that they just
    don’t recognize about. You managed to hit the nail upon the top and also outlined out the whole thing without having side effect , other people could take a signal. Will probably be again to get more. Thanks

  4. 30 Juli 2013 pukul 05:10

    Hey there! I know this is somewhat off topic but I was wondering which blog
    platform are you using for this website? I’m getting fed up of WordPress because I’ve had issues with hackers and I’m looking at alternatives for another platform. I would be awesome if you could point me in the direction of a good platform.

  5. asari m.yahya
    1 November 2014 pukul 21:35

    Alhamdulillah, semoga konsep ini dapat kita jadikan model dalam pembelajar yg efektif satuan pendidikan

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan ke wyw1d Batalkan balasan