Beranda > Pembelajaran > Model Pembelajaran Ulang Ucap

Model Pembelajaran Ulang Ucap


Model Pembelajaran Ulang Ucap merupakan salah satu sub bagian dari Model Pembelajaran Berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sub bagian yang lain dari model pembelajaran Berbicara yaitu : Lihat Ucapkan, Memerikan, Menjawab Pertanyaan, Bertanya, Reka Cerita Gambar, Melanjutkan Cerita, Menceritakan Kembali, Bercerita, Parafrase, Bermain Peran.

Model pembelajaran Ulang Ucap merupakan pembelajaran tingkat awal/pertama pada model pembelajaran Berbicara. Dengan demikian maka dikandung pengertian bahwa model pembelajaran ini sebagai langkah awal/dasar bagi pembelajaran selanjutnya yaitu model pembelajaran Lihat Ucapkan. Langkah pembelajaran dan proses pembelajaran Ulang Ucap dapat menyerupai model pembelajaran Dengar Ulang Ucap (Mendengarkan), namun boleh divariasikan dan dikombinasikan agar lebih kreatif dan menyenangkan asal tetap mengacu pada tujuan pembelajaran. Penilaian dalam model pembelajaran Ulang Ucap  dititikberatkan pada lafal dan intonasi yang jelas dan tepat.

Salah satu contoh langkah-langkah pembelajarannya, sebagai berikut :

  1. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran/KD.
  2. Guru mengucapkan sebuah kata atau kalimat sederhana  dengan intonasi yang jelas.
  3. Guru menyuruh seluruh  siswa bersama-sama mengulang ucapan/kata-kata yang baru saja diucapkan guru.
  4. Guru menunjuk salah satu siswa mengulang ucapan/kata-kata yang baru saja diucapkan guru, dilanjutkan dengan siswa yang lain.
  5. Guru mengulangi lagi dengan ucapan kata-kata/kalimat yang lain, lalu melakukan langkah ketiga dan keempat.
  6. Guru menunjuk salah satu siswa mengucapkan sebuah kata/kalimat, lalu siswa yang lain mengulang ucapan kata/kalimat tersebut.
  7. Demikian seterusnya sampai seluruh siswa maju mengulang ucapan dari guru atau siswa.
  8. Evaluasi.
  9. Kesimpulan.

 

Demikianlah, mudah-mudahan postingan ini dapat menambah khasanah pembelajaran bahasa Indonesia kita sehingga pembelajaran bahasa Indonesia yang dirancang Bapak/Ibu Guru dapat lebih bervariatif, lebih bermakna, menantang sekaligus menyenangkan.

Majulah Pendidikan di Indonesia!

  1. 20 Maret 2012 pukul 12:32

    assalamu’alaikum.. afwan, kalau saya boleh tau. metode ulang ucap ini teory nya siapa ? dan judul buku serta pengarangya siapa ??
    terima kasih.. wassalamu’alaikum.

  2. 7 Agustus 2014 pukul 14:06

    sip

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: