Beranda > Blog > Pengalamanku Membuat Blog

Pengalamanku Membuat Blog


Sejak mengikuti ToT Guru Pemandu KKG SD di LPMP Jawa Tengah kurang lebih 2 tahun yang lalu, ternyata pada pertemuan yang terakhirlah (ToT Guru Pemandu KKG SD in service2 tahun kedua) pada tanggal 7 sd 10 September 2009 yang paling berkesan. Pasalnya pada pertemuan tersebut peserta ToT diberi penambahan materi baru selain materi pokok sesuai mata pelajaran yang dipandu para peserta ToT. Materi baru tersebut yaitu :

1). Cara mengoperasikan program Microsoft Powerpoint 2003 untuk presentasi yang mana sangat berguna bagi peserta TOT dalam melancarkan tugas memandu di masing-masing Gugus KKG SD di daerahnya masing-masing. Materi ini disampaikan oleh Instruktur LPMP Jawa Tengah Yuli Haryanto, S.E.,M.Si. Penampilannya yang cool dan sabar membuat kesan tersendiri bagi para peserta ToT kelas Bahasa Indonesia yang diikuti oleh 39 guru SD se-JawaTengah. Beliau begitu telaten membimbing semua peserta ToT ( yang sebagian usianya sudah cukup tua tetapi masih semangat belajar) dan menyampaikan materi secara menarik, terutama pada materi cara membuat dan menjalankan animasi untuk Microsoft Powerpoint 2003. Kompetensi ini sebagai bekal para Guru Pemandu dalam merancang presentasi dan barangkali nanti tertarik mengikuti Lomba Media Pembelajaran Interaktif.

2). Wawasan tentang Internet dan motivasi himbauan dari Widyaiswara LPMP Jawa Tengah Drs. Slamet Trihartanto (Mapel Bhs.Indonesia) kepada segenap peserta To T untuk membuat blog, dengan slogan ”Satu Guru Satu Blog.” Pada kesempatan tersebut disampaikan pengertian dan manfaat blog bagi kemajuan pendidikan di Indonesia dan kemajuan ilmu pengetahuan pada umumnya, serta ditunjukkan secara singkat cara membuat blog. Namun karena keterbatasan waktu, tidak sempat mempraktikkan bagaimana cara membuat blog. Sekembalinya dari LPMP Jawa Tengah yang terletak di Jln.Kyai Maja Srondol Kulon, Semarang  saya langsung tergugah untuk secepatnya merealisasikan saran Pak Slamet. Maka dengan keterbatasan pengetahuan dan sarana penulis langsung memberanikan diri ”uthak-uthik” membuat blog. Ada pun alat-alat yang perlu dipersiapkan  terlebih dahulu, yaitu:

  • Seperangkat Computer /laptop. Kebetulan saya sudah memiliki laptop second peninggalan ketika mengikuti  seleksi guru berprestasi Tingkat Kabupaten Rembang pada tanggal 10 Mei 2009.
  • Membeli hp modem yang akhirnya pilihan jatuh pada hp SMART D1200 seharga Rp 420.000 dengan bonus internet gratis no limite selama 2 bulan penuh dengan kecepatan maksimal koneksi internet 115.2 kbps. Sebenarnya saya ingin memakai speedy tetapi belum punya jaringan telepon kabel, maklum saya tinggal di pelosok desa, terpencil lagi …hehehe.

Demikianlah sampai larut malam saya berkutat dengan laptop kesayangan, dari mulai belajar mengkoneksikan hp dengan laptop sampai membuat alamat email dan akhirnya berhasil membuat blog sederhana di WordPress. Semua saya lakukan sendiri .Mengapa di WordPress? Itu nanti akan saya jelaskan pada lain kesempatan. Blog saya masih sangat sederhana, namun kepuasan batin saya tidak bisa diukur dengan apa pun. Postingan saya yang pertama adalah “Memilih hp Second Harga Miring Tahan Banting.” Saat itu saya memang belum ada persiapan materi yang sekiranya ‘berbobot’ jadi ya asal buat saja. Kebetulan saya ‘nyambi’ buka conter pulsa dan hp second di samping tugas pokok saya ‘ momong bocah.’ Eh, tidak ternyana ternyata postingan saya langsung menduduki posisi halaman pertama Google Search pada keyword ’hp second, hp miring, hp tahan banting.’ Lumayan kan buat permulaan. Jumlah pengunjung pada saat itu sehari baru 5 sampai 10 visitor, tetapi saya sudah merasa bersyukur sekali. Oh, ternyata ada juga yang sudi berkunjung ke blog sederhana saya ( Buat yang pertama berkunjung ke blog ini saya sampaikan banyak terimakasih ya).

Hari-hari berikutnya saya semakin asyik dan benar-benar menikmati dunia maya. Blog saya pun sedikit demi sedikit mulai ada kemajuan. Baik dari segi penampilan maupun isi/jumlah tulisan. Alhamdulillah, atas nasihat dan saran widyaiswara LPMP Jawa Tengah Drs.Slamet Trihartanto saya mulai memasukkan tulisan bidang pembelajaran /pendidikan. Begitu artikel pendidikan saya postingkan langsung visitor saya merangkak naik secara luar biasa. Dari visitor perhari  5-10 menjadi 20-50 perhari, dan komentar dari pengunjung pun mulai berdatangan. Saya merasa amat bersyukur bahwa blog saya membawa manfaat bagi orang lain. Eh, ada kejutan juga ketika visitor blog saya mencapai angka 5000 saya mendapat ucapan selamat dari Pak Slamet Trihartanto melalui pesan di Facebook. Bangganya mempunyai widyaiswara yang penuh perhatian pada ‘siswanya’.

Sekarang, sampai saat tulisan ini saya ketikkan blog saya sudah cukup lumayan (kata teman-teman lho). Jumlah seluruh tulisan sudah mencapai 111 postingan. Adapun jumlah visitor 7000 dengan rata-rata perhari 100 pengunjung, Google Pagerank 1, PR alexa 768,406, adapun visitor dari manca negara baru 11 negara. Saya merasa itu belum seberapa karena belum bisa memberikan kontribusi yang layak pada dunia pendidikan pada umumnya.Tetapi saya merasa bersyukur karena sudah dapat berbagi walaupun sekecil apa. Terimakasih saya ucapkan kepada segenap pengunjung blog ini, Andalah yang membuat maju blog ini dengan memberikan saran, usul, dan komentar. Terimakasih.

Pengunjung Istimewa, pengalaman yang saya sampaikan ini bukan karena niat ‘ujub, sombong atau pun riya’ tetapi lebih pada rasa syukur dan berbangga hati saja agar dapat menginspirasi Bapak/Ibu Guru di mana saja berada, dan juga siapa saja yang belum mempunyai blog agar segera membuat blog, sesuai anjuran dari Drs. Slamet Trihartanto.

Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan bisa memotivasi Bapak/Ibu Guru di mana saja berada, dan siapapun juga agar segera mencoba membuat blog. Sangat mudah dan asyik kok selain  wawasan kita juga semakin bertambah. Jika ada kesulitan tenang saja, pasti ada yang bersedia membantu. Gratis lagi…hehehe.

Pengalaman saya tentang suka duka membuat blog secara teknis akan saya sampaikan dalam postingan saya selanjutnya yang bertajuk “ Cara Membuat Blog di Worpress” tunggu ya.

Kategori:Blog Tag:, ,
  1. 6 Desember 2009 pukul 14:04

    Assalamu’alaikum….
    Posting yang bagus sekali dan ini sebenarnya yang diharapkan hampir semua wali murid. Bahkan pernah saya posting, jika guru tidak mau mengupdate kompetensinya, lebih baik pensiun dini saja dan diganti dengan yang baru yang lebih mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Setiap tahun murid selalu berganti dan guru tetap. Maka untuk mengimbangi guru harus belajar terus. Jangan samakan murid tahun ini dengan murid tahun yang akan datang. Tahun mendatang murid anda akan lebih pandai dan lebih kritis.
    tks 4 ur visit dan link sudah terpasang…Wassalam

  2. wyw1d
    6 Desember 2009 pukul 14:22

    Waalaikum salam….
    Terimakasih kunjungan bali dan tukar linknya sahabat.Semoga pertemanan ini membawa manfaat dan mendapat hidayah dari Allah SWT.Amin.

  3. 6 Desember 2009 pukul 16:55

    wah bagus banget… pengunjung udah tembus 100 orang ya hebaat..
    terus smangaat nulis bang… itu kuncinyaa…
    lam kenaal jg yaap

    • wyw1d
      6 Desember 2009 pukul 17:17

      Terimakasih atas kunjungan balik dan motivasinya ya.

  4. 6 Desember 2009 pukul 17:20

    Link sudah terpasang Pak! ok, thank juga yaaa dah pasang link saya and salam hangat selalu, moga sukses and keep blogging

    • wyw1d
      6 Desember 2009 pukul 18:19

      Sama-sama Bang Alwi.Semoga sukses selalu.

  5. 7 Desember 2009 pukul 01:30

    saya sudah pasang bali yaa.. thanks atas persahabatannya…
    sip

    • wyw1d
      7 Desember 2009 pukul 06:36

      Terimakaksih kembali,semoga sukses selalu.

  6. udinmduro
    7 Desember 2009 pukul 03:08

    Ass. wr. Wb.
    Trims, Saran yang sangat Baik.
    Salm kenal, Backlink Sdh dipasang di :
    http://udinmduro.wordpress.com/

    • wyw1d
      7 Desember 2009 pukul 06:40

      Terimakasih kembali ya Cak.

  7. ade
    27 Juni 2010 pukul 10:25

    thx y infonya.. ^^
    saya senang membaca blog ini,
    sangat bermanfaat..🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: