Beranda > Pendidikan > Cara Mengasah Kecerdasan Keruangan/Gambar Siswa (Visual/Spatial Intelligence)

Cara Mengasah Kecerdasan Keruangan/Gambar Siswa (Visual/Spatial Intelligence)


Kecerdasan Keruangan/Gambar  adalah salah satu dari delapan kecerdasan ganda yang dikemukakan oleh Dr Howard Gardner dalam bukunya “Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences” . Ketujuh kecerdasan lainnya yaitu : kecerdasan logika-matematika, kecerdasan bahasa, kecerdasan gerakan, kecerdasan musik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan alam.

Ciri-ciri siswa dengan kecerdasan Keruangan/Gambar di antaranya :

  1. Biasanya mereka  suka memperhatikan peta, chart gambar, video dan film.
  2. Mempunyai  kelebihan dalam hal baca tulis.
  3. Biasanya mempunyai kemampuan yang baik dalam bidang  menggambar/seni lukis.
  4. Mereka mengunakan penalaran dan logika berdasarkan gambar atau lambang dengan baik.
  5. Mereka berfikir  secara konseptual dalam kerangka pola-pola gambar atau simbol dan mampu membuat hubungan hubungan antara berbagai  ragam informasi yang didapat.

Adakah siswa di sekolah Bapak/Ibu yang mempunyai ciri-ciri seperti di atas? Jika ada, maka Bapak Ibu guru patut bersyukur karena mempunyai siswa unggulan di bidang keruangan/ gambar. Bapak Ibu guru tinggal mendidik dan mengasah kemampuan mereka.

Adapun kemampuan siswa dengan kecerdasan keruangan/gambar di antaranya :

  1. Kemampuan menyangkut kemampuan berfikir dalam koridor gambar.
  2. Menerangkan dunia gambar dengan tepat.
  3. Menggambarkannya kembali atau mengubahnya dalam pikiran atau tulisan.
  4. Membuat atau mengerjakan  TTS.
  5. Memahami peta dan chart.
  6. Membuat sketsa dan melukis.
  7. Membuat metafora berbentuk gambar dan analogi (mungkin melalui karya  seni),
  8. Membuat dan merekayasa gambar.
  9. Membuat dan memperbaiki barang-barang serta memberikan interpretasi pada gambar-gambar.

Kemunginan karir bagai siswa semacam ini bisa dalam bidang-bidang sbb; menjadi navigator, pemahat, pelukis, desain interior, insinyur/arsitek atau mekanik.

Cara mengasah kecerdasan keruangan/gambar siswa, di antaranya :

  1. Selalu ikutkan siswa tersebut dalam setiap even lomba/kompetisi di bidang seni.
  2. Berikan PR bidang menggambar dengan porsi lebih, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.
  3. Berikan selalu reward atas keberhasilan siswa dalam pencapaian suatu tahap tertentu.
  4. Tidak ada salahnya Bapak Ibu guru memberikan pengayaan berupa melukis, memahat, memahami peta, membuat/mengerjakan TTS, dsb.

Mudah-mudahan postingan sederhana ini dapat menambah khazanah pengetahuan dan pembelajaran Bapak/Ibu guru atau siapa saja. Apabila Bapak/Ibu guru atau Anda ingin menambahkan dan memberi masukan tentu akan saya terima dengan kedua tangan terbuka dan senang hati.

Artikel terkait yang relevan :

  1. Hermansyah
    6 April 2010 pukul 13:48

    Saya siswa.. Tapi, saya masih ga tau kcrdasan pa yg saya pnya.. Coz saya tu d mua-a da.. Jd, yg mn dong…

  2. ade
    27 Juni 2010 pukul 09:55

    thx y infonya.. ^^
    sangat bermanfaat..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: