Beranda > Pendidikan > Cara Mengasah Kemampuan Siswa dengan Kecerdasan Gerakan (Bodily/Kinesthetic Intelligence)

Cara Mengasah Kemampuan Siswa dengan Kecerdasan Gerakan (Bodily/Kinesthetic Intelligence)


Kecerdasan Gerakan (Bodily/Kinesthetic Intelligence) adalah salah satu dari delapan kecerdasan ganda yang dikemukakan oleh Dr Howard Gardner dalam bukunya “Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences” . Ketujuh kecerdasan lainnya yaitu : kecerdasan bahasa, kecerdasan logika-matematika, kecerdasan keruangan/Gambar, kecerdasan musik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan alam.

Ciri-ciri siswa dengan kecerdasan gerakan di antaranya :

  1. Biasanya mempunyai kemampuan yang baik dalam bidang gerakan fisik dan system-sistem koordinasi anggota tubuh.
  2. Mengekspresikan dirinya melalui gerakan/olah tubuh (body language).
  3. Mampu memproses informasi melalui interaksi antara berbagai ruang di sekitarnya.
  4. Mempunyai perimbangan dan koordinasi antara mata dan tangan yang amat baik.

Adakah siswa di sekolah Bapak/Ibu yang mempunyai ciri-ciri seperti di atas? Jika ada, maka Bapak Ibu guru patut bersyukur karena mempunyai siswa unggulan di bidang gerakan/olah tubuh. Bapak Ibu guru tinggal mendidik dan mengasah kemampuan mereka.

Adapun kemampuan siswa dengan kecerdasan gerakan di antaranya :

  1. Kemampuan dalam memakai badan/fisik secara mahir dalam mengekspresikan diri atau untuk mencapai tujuan tertentu.
  2. Kemampuan mengontrol gerakan tubuh dan menangani beberapa benda secara amat terampil.
  3. Kemampuan khusus dalam hal menguasai tarian, koordinasi fisik, olah raga, eksperimentasi, memakai body language, memakai tangannya untuk menciptakan dan mengekspresikan diri  melalui tubuhnya.

Kemungkinan karir bagai siswa semacam ini bisa dalam bidang-bidang sbb; atlit, guru penjas, penari, actor/aktris, anggota pemadam kebakaran, tim SAR dan tukang.

Cara mengasah kecerdasan gerakan siswa, di antaranya :

  1. Berikan selalu reward atas keberhasilan siswa dalam pencapaian suatu tahap tertentu.
  2. Angkatlah ia sebagai panutan/contoh dalam senam, olah raga, menari, menukang/ketrampilan.
  3. Selalu ikutkan dalam setiap kompetisi olah raga, seni tari, drama dan ketrampilan fisik.
  4. Berikan PR ketrampilan tangan dan olah tubuh dengan porsi lebih dari pada siswa yang lain.

Mudah-mudahan postingan sederhana ini dapat menambah khazanah pengetahuan dan pembelajaran Bapak/Ibu guru atau siapa saja. Apabila Bapak/Ibu guru atau Anda ingin menambahkan dan memberi masukan tentu akan saya terima dengan kedua tangan terbuka dan senang hati.

Artikel terkait yang relevan :

  1. 20 Juni 2013 pukul 18:22

    Salam kenal Gan
    wah klo siswa seperti artikel Gan cocok banget untuk dijadikan instruktur senam zumba atau senam aerobik
    dan dimana ya Gan ada tempat senam favorit yang menyediakan baju senam murah yang berkualitas? tq🙂

  2. 5 Juni 2014 pukul 17:35

    salam kenal sis
    klo boleh tau bagaimana sih cara mengetahui kemampuan siswa itu?
    dan apakah sis tau dimana toko baju senam body image di daerah surabaya?

  3. 14 November 2014 pukul 09:34

    met pagi kak, pengen banget tuch kak, biar badn ane ni agag bisa seimbang, hehehehe , oh iya kak info donk kak tentang pakaian olahraga wanita

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: