Beranda > Pendidikan > Cara Mengasah Kecerdasan Alam Siswa (Naturalist Intelligence)

Cara Mengasah Kecerdasan Alam Siswa (Naturalist Intelligence)


Kecerdasan Alam merupakan salah satu dari delapan kecerdasan ganda yang dilontarkan oleh Dr Howard Gardner dalam bukunya “Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences” . Ketujuh kecerdasan lainnya yaitu : kecerdasan bahasa, kecerdasan logika-matematika, kecerdasan keruangan/Gambar, kecerdasan gerakan, kecerdasan musik, kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal.

Ciri-ciri siswa dengan kecerdasan alam di antaranya :

  1. Biasanya mempunyai kelebihan dalam memahami alam dan lingkungannya.
  2. Mengetahui dan dapat mengklasifikasikan berbagai ragam dan jenis tanaman, jenis mineral, jenis bebatuan, tumbuh-tumbuhan, flora dan fauna.
  3. Merasa lebih dekat dengan alam dan mencintai alam.

Adakah siswa di sekolah Bapak/Ibu yang mempunyai ciri-ciri seperti di atas? Jika ada, maka Bapak Ibu guru patut bersyukur karena mempunyai siswa unggulan di bidang pengetahuan alam. Bapak Ibu guru tinggal mendidik dan mengasah kemampuan mereka.

Adapun kemampuan siswa dengan kecerdasan alam di antaranya :

  1. Kemampuan dalam memecahkan  masalah atau membuat sesuatu yang dihargai.
  2. Mengkategorikan dan mengklasifikasi jenis-jenis flora dan fauna, batuan,mineral.
  3. Kemampuan mengetahui benda-benda bernilai budaya.

Kemunginan karir bagai siswa semacam ini bisa dalam bidang-bidang sbb; ahli geologis, ahli tanaman, ahli konservasi, ahli kehutanan, ahli flora fauna.

Cara mengasah kecerdasan alam siswa, di antaranya :

  1. Berikan PR dengan porsi lebih, baik dari segi kualitas maupun kuantitas soal.
  2. Berikan selalu reward atas keberhasilan siswa dalam pencapaian suatu tahap tertentu.
  3. Angkatlah ia sebagai tutor sebaya bidang studi IPA/Sains.
  4. Tidak ada salahnya Bapak Ibu guru memberikan pengayaan berupa soal-soal setaraf lomba olimpiade MIPA.
  5. Berikan siswa kesempatan/kelonggaran untuk berekspresi,eksplorasi dan improvisasi dengan alam/lingkungan.

Mudah-mudahan postingan sederhana ini dapat menambah khazanah pengetahuan dalam proses pembelajaran Bapak/Ibu guru atau siapa saja, juga menambah wawasan dan inspirasi bagi Anda dan bagi Bapak/Ibu Guru di mana saja berada sehingga dapat lebih memahami karakteristik anak didik kita terutama dalam hal jenis kecerdasan anak didik kita. Pada akhirnya kita bisa memberikan yang terbaik bagi mereka dan menempatkan/memperlakukan mereka pada tempat yang tepat dan semestinya dengan segala kelebihan dan kekurangannya tanpa membeda-bedakan.

Apabila Bapak/Ibu guru atau Anda ingin menambahkan dan memberi masukan tentu akan saya terima dengan kedua tangan terbuka dan senang hati.

Artikel terkait yang relevan :

  1. 23 Desember 2009 pukul 15:14

    Makasih infonya Mas…
    Kebetulan saya seorang guru.
    Salam Kenal dan sukses buat Mas Rachmad Widodo

    • wyw1d
      23 Desember 2009 pukul 22:36

      Senang saya mendapat kunjungan dari Bpk.Marsudiyanto yang juga seorang guru. Terimakasih atas supportnya Pak.

  2. Dangstars
    24 Desember 2009 pukul 01:02

    Terimakasih atas Dipasangnya Link saya..
    Setelah
    Backlinknya nanti dikabarin,,maklum sekarang masih ada kerjaan

    Artikel yang menambah wawasan saya..
    Terimakasih dan sukses selalu :P :)

  3. Dangstars
    24 Desember 2009 pukul 01:03

    Salam persahabatan
    Dari Medan

    • wyw1d
      24 Desember 2009 pukul 01:36

      Terimakasih kembali Pak Dadangsupriadi,…
      Kujabat erat tali persahabatan dari Bapak.Saya tunggu backlinknya ya.

  4. 24 Desember 2009 pukul 01:44

    Lho, Pak Rachmad Widodo Rembangnya mana?
    Saya juga orang Timur lho Pak. Sering melewati rute Kudus-Pati-Juwana-Rembang
    Saya asli Kudus

    • wyw1d
      24 Desember 2009 pukul 01:59

      Hehe..dekat kok Pak, Sulang. Tepatnya belakang Polsek Sulang. Kapan-kapan mampir Pak.

  5. 24 Desember 2009 pukul 04:27

    # Berikan PR dengan porsi lebih, baik dari segi kualitas maupun kuantitas soal.<– kalo yang ini apa nggak bikin siswa jadi stress ya pak ? hehe
    # Berikan selalu reward atas keberhasilan siswa dalam pencapaian suatu tahap tertentu.<– ini yang selalu ditunggu-tunggu oleh siswa😀 makanya gaji guru harus tinggi biar bisa kasih reward yang banyak buat murid2nya.

    come to Blog Bisnis

  6. wyw1d
    24 Desember 2009 pukul 08:17

    PR lebih kan khusus buat siswa berkemampuan lebih (tentu saja lebihnya ya jangan berlebihan… hehehe), buat mengasah kecerdasan alamnya.
    Buat ngasih reward tidak perlu nunggu gaji harus tinggi,reward yang diberikan tulus kok….hehehe.
    Terimakasih ya atas kunjungannya.

  7. ade
    27 Juni 2010 pukul 09:53

    thx y infonya.. ^^
    sangat bermanfaat..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: