Beranda > Pembelajaran > 8 Jalur Pendekatan Belajar Berdasarkan 8 Kecerdasan Ganda

8 Jalur Pendekatan Belajar Berdasarkan 8 Kecerdasan Ganda


Kecerdasan Ganda (Multiple Intelligence) dilontarkan oleh Dr Howard Gardner dalam bukunya “Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences” . Kedelapan kecerdasan tersebut, yaitu : kecerdasan bahasa, kecerdasan logika-matematika, kecerdasan keruangan/Gambar, kecerdasan gerakan, kecerdasan musik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan alam.

Secara toritis kedelapan jenis kecerdasan ini memungkinkan adanya  delapan jalur pendekatan belajar, yaitu : dengan menggunakan pendekatan bahasa bagi yang berkemampuan bahasa. Pendekatan logika-matematika, pendekatan gambar dan visualisasi, pendekatan musik/lagu, dsb. Pada kenyataan dan praktiknya pendekatan PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan) juga sudah menggunakan berbagai pendekatan yang sesuai dengan jenis kecerdasan siswa.

Untuk menggunakan kedelapan jenis kecerdasan ini kita mungkin bisa bereksperimentasi. Buatlah satu topik pembelajaran yang akan dibicarakan, misalnya saja masalah “Tsunami” dan ini ditaruh di tengah. Dari sini bisa dibuat delapan jalur pendekatan belajar sesuai dengan 8 jenis kecerdasan ganda (bahasa, logika-matematika, music, visual/gambar, dst). Secara teori pula setiap jalur ini dapat dipakai untuk membelajarkan anak didik sesuai dengan jenis kecerdasan yang dimilikinya. Contoh skema Jaringan Jalur Pendekatan Belajarnya bisa seperti di bawah ini.

1. Kecerdasan Bahasa 2. Kecerdasan   Logika-Matematika 3. Kecerdasan Keruangan/ Gambar

8. Kecerdasan Alam

TSUNAMI

4. Kecerdasan Musik

7. Kecerdasan Intrapersonal

6. Kecerdasan Interpersonal

5. Kecerdasan  Gerakan

1). Siswa dengan Kecerdasan Bahasa :

  • Membuat puisi dengan judul tsunami.
  • Membuat karangan dengan tema bencana tsunami.

2). Siswa dengan Kecerdasan Logika-Matematika :

  • Mencari tahu lewat siaran televise atau media cetak kapan terjadinya tsunami.
  • Berapa kerugian materi akibat tsunami.
  • Berapa kecepatan gelombang tsunami, dsb.

3). Siswa dengan Kecerdasan Keruangan/Gambar :

  • Melukis dengan tema lukisan bencana tsunami.
  • Membuat kliping foto/gambar peristiwa tsunami.

4). Siswa dengan Kecerdasan Interpersonal :

  • Diskusi tentang perasaan dan sikapnya terhadap korban peristiwa tsunami.
  • Langkah apa yang dapat dilakukan untuk meringankan penderitaan korban tsunami.

5). Siswa dengan Kecerdasan Alam :

  • Mencari tahu factor/penyebab terjadinya tsunami.
  • Mendeskripsikan daerah-daerah yang rawan terlanda  tsunami.

Pendekatan belajar seperti ini bukan dimaksudkan sebagai mengkotak-kotakkan siswa dan membeda-bedakannya, namun untuk mengakomodasi segenap kemampuan dan kelebihan siswa sesuai dengan kecerdasan yang dimilikinya. Sehingga siswa dengan kemampuan ‘lebih’akan mendapat sedikit perlakuan berbeda. Saya rasa hal ini wajar dan dapat diterima.

Namun pada praktiknya tidak setiap jenis kecerdasan mesti dapat diterjemahkan ke dalam jalur pendekatan belajar. Untuk itu, silakan Bapak/Ibu guru mencoba bereksperimentasi dalam kelas, diskusikanlah lalu adakan curah pendapat dll. Saya yakin pasti ini akan cukup menarik.

Mudah-mudahan postingan sederhana ini dapat menambah khazanah pengetahuan dan pembelajaran Bapak/Ibu guru atau siapa saja. Apabila Bapak/Ibu guru atau Anda ingin menambahkan dan memberi masukan tentu akan saya terima dengan kedua tangan terbuka dan senang hati.

Artikel terkait yang relevan :

About these ads
  1. ade
    27 Juni 2010 pukul 09:51 | #1

    thx y infonya.. ^^
    sangat bermanfaat..

  2. Ruly
    10 November 2010 pukul 09:04 | #2

    Aa’ maaf ni jd tanya ke sini..
    A’ mo tanya klo model pembel student fasilitator and explaining itu fasilitatornya dipilih berdasarkan apa?tes?
    Prosedurnya bagaimana A’?
    Tlong ya A’

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 49 pengikut lainnya.