Beranda > Handphoneku > 10 Cara Menghemat Baterai Ponsel

10 Cara Menghemat Baterai Ponsel


Beberapa teman saya pernah mengeluh kepada saya karena baterai ponsel barunya ternyata tidak setangguh ponsel lama miliknya. Padahal ponsel miliknya tergolong ponsel merek terkenal. Saya agak sedikit heran, berbagai alternatif berkecamuk dalam benak saya. Apa memang mutu baterainya yang buruk atau mungkin ada kesalahan dalam cara mengecas?

Setelah saya melakukan tanya jawab sejenak, kini terjawablah sudah sumber masalah baterai ngedrop teman saya tersebut. Ternyata beliau mengecas baterai ponselnya sering kurang maksimal waktunya. Jika disyaratkan baterai ponsel baru waktu mengecasnya minimal 8 jam, ternyata beliau hanya 5 jam. ” Habis saya terburu-buru, karena ada acara penting sih,” katanya. Lalu ponsel miliknya saya teliti ternyata nada deringnya maksimal artinya settingan nada dering yang paling keras. ” Kalau ada panggilan dari teman biar cepat ketahuan,” katanya.

Sahabat, apa yang sudah dilakukan teman saya tadi tentu sah-sah saja. Artinya tidak akan ada yang melarangnya. Hanya saja tindakan teman saya tadi tentu akan membawa konsekuensi. Dalam hal ini berakibat kinerja baterai ponselnya kurang maksimal alias sering ngedrop.

Nah, sahabat. Dari pengalaman saya, ada beberapa cara mudah untuk menghemat baterai baterai ponsel kita. Selain menghemat daya baterai, tentu saja juga membuat awet performa baterai. Dalam hal ini bukan hanya cara mengecas yang benar saja.

Berikut 10 cara menghemat baterai ponsel :

  1. Selalu mengecas baterai ponsel jika indikator baterai habis tetapi belum habis benar atau kurang dari 30 %. Hindari mengecas baterai ponsel dalam keadaan indikator baterai ponsel masih 50% atau lebih. Selain pemborosan justru malah akan merusak performa baterai.
  2. Pastikan jika mengecas baterai, ponsel dalam keadaan off/padam. Selain cepat full daya, juga demi keamanan ponsel itu sendiri.
  3. Hindari waktu mengecas baterai ponsel secara berlebihan, semalaman barangkali. Hal ini bukan membuat baterai tahan lama malah justru merusak performa baterai. Bisa-bisa baterai ponsel “melendung” atau bahkan bisa fatal, meledak!
  4. Hindari menggunakan tampilan wallpaper flash atau animasi bergerak. Hindari pula menggunakan tampilan wallpaper berukuran besar/beresolusi besar.
  5. Kurangi derajat terang (brightness) pada tampilan layar ponsel.
  6. Pergunakanlah ringtones yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu panjang durasinya.
  7. Nonaktifkan tone-tone yang tidak perlu seperti bunyi keypad, kamera, flip folder saat dibuka, dsb.
  8. Pergunakan aplikasi ponsel yang sesuai kebutuhan, jangan ragu menghapus/membuangnya jika memang tidak begitu memerlukannya.
  9. Pastikan selalu menonaktifkan bluetooth, infrared atau wifi setelah selesai dipergunakan.
  10. Bagi para pengguna hp modem saat beronline ria baterai ponsel akan mengalami panas berlebihan. Solusi untuk mendinginkan baterai agar lebih awet stabil kinerjanya ialah dengan melepas/membuka casing ponsel bagian penutup baterai. Boleh juga sambil diberi hembusan kipas angin kecil.

Demikianlah 10 kiat menghemat baterai ponsel. Kesepuluh kiat menghemat baterai ponsel tersebut tidaklah bersifat harus, karena jika ternyata kesepuluh cara tadi ternyata membuat Anda malah menjadi kurang nyaman dalam berponsel ria maka saya sarankan pergunakan ponsel Anda secara bijaksana.

Nah, apabila ke-10 cara tadi sudah ditempuh tetapi ternyata baterai ponsel kita tetap saja ngedrop dan tidak awet, lalu bagaimana? Itu berarti Anda perlu mencari batere baru sebagai penggantinya.

Nah, jika baterai ponsel sudah diganti dengan yang baru tetapi ternyata tetap saja  ngedrop! Bagaimana nih? Jangan khawatir, saya ada saran: JIKA NGEDROP BERLANJUT, SEGERA HUBUNGI TEKNISI PONSEL TERDEKAT!Hehehe….mungkin kesalahan bukan terletak pada baterai Anda, tetapi pada ponsel Anda.

Mudah-mudahan postingan ini dapat sedikit menambah wawasan dan pembelajaran kita tentang bagaimana menghemat baterai ponsel. Baterai ponsel awet dan tahan lama, maka komunikasi dan silaturahmi akan jalan terus tiada terputus!

Salam hangat jabat erat dariku.

Kategori:Handphoneku Tag:,
  1. 1 Oktober 2010 pukul 21:21

    wew, thanks infonya. Kunjungi balik ya!

  2. 1 Oktober 2010 pukul 22:32

    saya termasuk ceroboh pak dalam merawat baterei ponsel maupun leptop..wah boros saya dalam hal ini, makasih pak masukkannya

    • 11 Oktober 2010 pukul 03:59

      Terimakasih kembali Pak Budi.Salam hangat jabat erat selalu.

  3. 9 Oktober 2010 pukul 10:52

    suwe ora jamu, lak yo padho slamet sedoyo to

    • 11 Oktober 2010 pukul 04:02

      Inggih pangestunipun pak Budi, sedaya sami saras lan wilujeng

  4. 10 Oktober 2010 pukul 19:19

    Sama dengan p Bud, sy mgkn lebih parah terutama wkt nge-charge (kadang semalaman).

    • 11 Oktober 2010 pukul 04:04

      Saya dulu juga demikian kok pak Mursyid. Salam hangat jabat erat pak

  5. 27 Oktober 2010 pukul 11:13

    saya alhamdulilah cara mrawat batre dr tahun2006 sampai skarang mash awet…

  6. 23 Mei 2011 pukul 10:21

    makasi banyak,,mas tas infonya,,ini sangat bemangfaat.

  7. riantiputri
    19 September 2011 pukul 09:14

    its good tips…saya baru kunjungi blog anda..
    btw tentang HP, koq memori telepon HP saya penuh terus ya???padahal hal hal yang buat memori telepon saya penuh sudah saya hapus???????
    mohon di jawab a bila anda tahu solusinya…trims

    • 5 Desember 2011 pukul 07:55

      Mungkin ponsel mbak Riantiputri terkena virus yang sistem kerjanya menggandakan diri sehingga memori telepon selalu penuh. Solusinya kalau tidak discan virusnya ya reinstall.
      Salam hangat selalu

  8. 26 Oktober 2011 pukul 18:18

    thanks infonya . . .
    semoga manfaatnya bisa dirasakan bagi pengguna handphone . . .

    • 31 Oktober 2011 pukul 23:04

      Terimakasih kembali mas Herdi, salam hangat jabat erat dariku

  9. andie
    20 Januari 2012 pukul 15:09

    wAhh……baGus,,,,kali

  10. ratih
    23 Februari 2012 pukul 13:39

    siip jg,..thank’s info’a,..

  11. 28 Maret 2012 pukul 12:44

    maksih mas

  12. gomel
    23 Mei 2012 pukul 20:46

    mksh sarannya,,,

  13. Majidtanua
    16 Desember 2012 pukul 20:35

    Mkasih yach mas ats postingnx, bermnfaat bnget,tpi sya mau tx mas kok hp sya tdak bsa ngmbil aplikasi di google?hp sya nokia X2 01
    mhon di jwab yach mas.

  14. Majidkancil
    16 Desember 2012 pukul 20:40

    Mksih ats postinganx
    mas sya mo nanya knpa aplikasi yg sya download di google kok ngga bsa di buka?
    Mhon blsanx yach mas.

  15. 3 Januari 2013 pukul 22:29

    pak Rachmad, hp saya SE W395 di cas cpt penuh tp cpt bgd abis..kira2 apanya y pak?terima kasih

  16. theo
    13 Februari 2013 pukul 13:46

    wah saya kalo ng cas hp biasanya saya tinggal tidur. ga bagus juga ya ternyata.

    Pest Control

  17. 14 Agustus 2014 pukul 13:17

    mantap infonya smoga sukses slalu

  18. 24 Oktober 2014 pukul 19:08

    hmm…

  19. 11 April 2015 pukul 16:04

    Ini hal positif izin copas ya buat sharing antar pengguna gadet

  1. 5 Desember 2011 pukul 07:46

Tinggalkan Balasan

