Beranda > Pembelajaran > Model Pembelajaran Scramble

Model Pembelajaran Scramble


Model Pembelajaran Scramble tampak seperti Model Pembelajaran Word Square, bedanya jawaban soal tidak dituliskan di dalam kotak-kotak jawaban, tetapi sudah dituliskan namun dengan susunan yang acak, nah siswa nanti bertugas mengkoreksi ( membolak-balik huruf ) jawaban tersebut sehingga menjadi jawaban yang tepat/benar.

Media :

  1. Buatlah pertanyaan yang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
  2. Buat jawaban yang diacak hurufnya

Langkah-langkah pembelajarannya sebagai berikut :

  1. Guru menyajikan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai.
  2. Membagikan lembar kerja sesuai contoh.

Susunlah huruf-huruf pada kolom B sehingga merupakan kata kunci (jawaban) dari pertanyaan pada kolom A!

Kolom A

1.  Sebelum mengenal uang orang melakukan pertukaran dengan cara …

2.  … digunakan sebagai alat pembayaran yang sah

3.  Uang … saat ini banyak dipalsukan

4.  Nilai bahan pembuatan uang disebut nilai …

5.  Kemampuan uang untuk ditukar dengan sejumlah barang atau jasa disebut nilai …

6.  Nilai perbandingan uang dalam negeri dengan mata uang asing disebut …

7.  Nilai yang tertulis pada uang disebut nilai …

8.  dorongan seseorang menyimpan uang untuk keperluan jual beli disebut …

9.  perintah tertulis dari seseorang yang mempunyai rekening di    bank untuk membayar sejumlah uang disebut …

Kolom B

1. TARREB ……………………………. ( Contoh : jawaban yang benar……BARTER )

2.  GANU …………………………………

3.  TRASEK ………………………………

4.  KISTRINI ………………………………

5.  LIRI ………………………………………

6.  SRUK …………………………………

7.  MINALON ………………………….

8.  SAKSITRAN …………………………

9.  KEC ……………………………………

 

Demikianlah, mudah-mudahan postingan ini dapat menambah khasanah pembelajaran kita sehingga pembelajaran yang dirancang Bapak/Ibu Guru dapat lebih bervariatif, lebih bermakna, menantang sekaligus menyenangkan.

Majulah Pendidikan di Indonesia!

  1. nels
    25 Desember 2009 pukul 10:56

    makasih infonya..ini sgt mmbantu..:)

    • wyw1d
      25 Desember 2009 pukul 11:36

      Sama-sama.Terimakasih atas kunjungannya ya.

  2. azin taufik
    30 Januari 2010 pukul 20:27

    mohon di cantumkan buku rujukan (diterbitkan) untuk model pembelajaran sramble.

  3. 31 Januari 2010 pukul 05:54

    Terimakasih atas tanggapannya. Materi ini saya dapatkan saat mengikuti ToT Guru Pemandu di LPMP Jawa Tengah. Buku referensi yang cukup relevan yang dapat saya sampaikan yaitu : 1. Mempraktikkan Cooperatif Learning di Kelas Kita- Penulis Anita Li, PT Grasindo. 2. Model Pembelajaran Inovatif-Penulis Udin S.Winataputra, penerbit Universitas Terbuka.

  4. risty
    9 Februari 2010 pukul 16:47

    terimia kasih ya buat infonya. tapi bisa ga beritahu referensi buku. karena aku membahas model scrambel ini untuk nyusun skripsi aku. tolong ya!!!
    makasih

    • 9 Februari 2010 pukul 21:16

      Terimakasih atas perhatian Mbak Risty. Anda dapat mendapatkan lebih detailnya di 2 buku yang saya sebutkan ini.Silakan di cari di toko buku/pesan TB Grasindo, Perpustakaan Daerah, UPBJJ UT, atau di toko loak
      Buku referensi yang cukup relevan yang dapat saya sampaikan yaitu : 1. Mempraktikkan Cooperatif Learning di Kelas Kita- Penulis Anita Li, PT Grasindo. 2. Model Pembelajaran Inovatif-Penulis Udin S.Winataputra, penerbit Universitas Terbuka.
      Salam hangat jabat erat dariku.

  5. risty
    9 Februari 2010 pukul 16:53

    SAUDARA, seperti yang anda berikan info tentang buku kodel pembelajaran scramble di atas.
    buku anita lie tahun berapa saudara? karena buku anita lie banyak tahunnya. tolong balas ya saudara . terima kasih

    • 9 Februari 2010 pukul 21:11

      Terimaksih Mbak Risty, saya belum tahu tahunnya, cuma judulnya saja. Saya kira dengan melihat judul buku sudah cukup. Tapi kalau memang amat membutuhkan akan saya carikan tetapi agak lama karena kesibukan saya. sementara cari dulu lah judul bukunya. salam hangat jabat erat dariku.

  6. Risty
    23 Maret 2010 pukul 14:00

    Salam hangat aku juga buat kamu saudara ku !
    aku da punya buku anita lie seperti yang saudara anjurkan tapi bukunya tahun 2010. dan ternyata ga ada di dalam buku itu . tapi saudara saya dapat informasi buku anita lie edisi ke 5 tahun 2007. Ada ga saudara di sana anita lie edisi kelima tahun 2007. Kalau di medan sih da ada saudara. saya harap dukungan dan bantuan saudara Racmad Widodo. dan saya harap balasannya tolong kirim ke email saya ya saudara yaitu ristiamans@yahoo.com. makasih yan saudara .

  7. 12 April 2010 pukul 09:15

    Makasih atas infonya mas..
    Tp, kq susah bngt yah nyari bukunya…
    soalnya aq mau pke buat nyusun sikripsi neh..
    Tolong infonya ya mas…

  8. Abdullah
    20 Mei 2010 pukul 11:07

    Mas…
    saya sangat perlu referensi buku ini, buat penyusunan skripsi saya…
    saya sudah mencari buku ini di Banjarmasin, tapi gak ada..
    boleh kah saya nta tolong…??
    fB saya Abdullah Abi suna.
    secepatnya ya mas…
    saya mohon banget…

    • hans
      27 Mei 2011 pukul 12:23

      mohon bantuannya lah,,, saya jg berniat membuat model pembelajaran scramble untuk tugas akhir saya,,,, mohon saling tukar pikiran,,,,

    • hans
      27 Mei 2011 pukul 12:25

      mohon bantuannya lah,,, saya jg berniat membuat model pembelajaran scramble untuk tugas akhir saya,,,, mohon saling tukar pikiran,,,, jd kita saling mensupport satu sama lain… thanks be4

  9. ozzy
    17 Juni 2010 pukul 16:10

    salam kenal mas dari saya rozyadi..

    mw tanya buku yang membahas model pembelajaran snowball throwing ap judulnya? sama pengarangnya siapa?

    saya butuh info mengenai buku2 tentang model snowball throwing..

    jikalau mas orang yang suka menolong sesama, tolong kirim ke e-mail : eminemloverz@yahoo.co.id

  10. veni
    10 Juli 2010 pukul 11:22

    saudaraq apakah ada buku referensi lain untuk model pembelajaran sramble ini

  11. lina
    9 Oktober 2010 pukul 11:27

    thanks ya… berarti banget nie.. ^_^

    • 11 Oktober 2010 pukul 06:14

      Terimakasih kembali mbak Lina. Salam hangat ya

  12. ateha
    11 Oktober 2010 pukul 19:29

    Ass. ternyata gak cuma saya yg trtrik untuk mmbhs mtde scramble ini untk djdikan bhn pnysunan skripsi. tapi banyak gak sich buku sumber/rujukannya ? tkut susah sprti tmn yg lain… he99x

    • 11 Oktober 2010 pukul 21:16

      Memang sebuah tantangan itu menarik. Saya harap juga menarik bagi mas Ateha. Tetap semangat ya…..salam hangat dariku.

  13. iis
    12 Oktober 2010 pukul 20:10

    salam kenal sebelumnya..
    masalah yang sama nih dengan yang lain, saya juga bermaksud menerapkan model pembelajaran scramble, untuk tugas akhir.. mohon bantuannya, minta referensi (saya sudah mencari buku nya di toko buku terlengkap bahkan toko loak terlengkap yg bapa maksudkan, tapi tidak menemukan buku yang ada model scramble ny)
    kalau ada materi dalam bentuk apa pun, dan siapa pencetus nya.. Tolong kirim ke email saya pak..

    Terima kasih sebelumnya

    • 13 Oktober 2010 pukul 18:42

      Terimakasih atas tanggapannya Mbak Iis. Materi ini saya dapatkan saat mengikuti ToT Guru Pemandu di LPMP Jawa Tengah. Buku referensi yang cukup relevan yang dapat saya sampaikan yaitu : 1. Mempraktikkan Cooperatif Learning di Kelas Kita- Penulis Anita Li, PT Grasindo. 2. Model Pembelajaran Inovatif-Penulis Udin S.Winataputra, penerbit Universitas Terbuka. Coba cari di Toko buku. atau pesan di TB.Grasindo, bisa juga di UPBJJ Universitas Terbuka, pinjam di Perpustakaan Daerah.Coba cari dulu, tetap semangat ya.

      • iis
        15 Oktober 2010 pukul 21:08

        kalau buku yang anita lie sudah saya lihat, tapi tidak ada tentang scramble nya. Mengenai buku kedua saya belum lihat, mungkin memang sangat jarang ya.. tp terima kasih informasinya.

  14. rini
    10 November 2010 pukul 11:15

    tolong ya langkah-langkahnya di buat yang sepesidik mungkin biar jadi jelas?

  15. rini
    10 November 2010 pukul 11:34

    rini :
    tolong ya langkah-langkahnya di buat yang sepesifik mungkin biar jadi jelas?

  16. DAHARA
    1 Desember 2010 pukul 19:44

    Salam kenal bang,ne ara.Masalah ara sama kyk teman yang lain.bisa gk abang buat manfaat menggunakan metode scramble,karakteristiknya,tujuannya karena dosen pembimbing ara minta data itu untuk bahan skripsi ara bang.tolongnya bang dibalas

  17. 2 Maret 2011 pukul 20:05

    terimakasih atas infonya mudah-mudahan bermanfaat bagi saya

  18. senos
    22 April 2011 pukul 18:48

    pak , di mana saya bisa mendapatkan buku tentang scramble karena saya cari-cari tidak dapat, jika mau pesan di mana ? trima kasih.

  19. seno
    11 Mei 2011 pukul 10:23

    pak , di mana saya bisa mendapatkan buku tentang scramble karena saya cari-cari tidak dapat, jika mau pesan di mana ? karena metode ini ingin saya gunakan untuk PTK. Terima Kasih

  20. 19 April 2012 pukul 19:58

    pak,saya tria, apakah model pembelajaran scramble ini sama dengan metode pembelajaran scrabble?

  21. arini
    21 April 2012 pukul 15:40

    MAKASIH ATAS INFONYA
    BUKUNYA ADA G, TOLONG YA DI BALAS SECEPATNYA…
    LEWAT FACEBOOK OR EMAIL INI
    arinisagita91@yahoo.com

  22. hendra marhadi
    6 Mei 2012 pukul 00:40

    dimana bisa memesanx dan brapa hargax bls ya
    hendrasatukosong@ymail.com

  23. hendramarhadi
    9 Mei 2012 pukul 09:29

    PAK TOLONG DI BANTU PAK DIMANA BISA DAPAT BUKU SCRAMBLE

  24. 19 November 2012 pukul 20:00

    Thanks infonya ya…..

  25. 15 Desember 2012 pukul 23:36

    Undeniably believe that that you said. Your favourite reason
    seemed to be at the net the simplest thing to take into accout of.
    I say to you, I certainly get annoyed while folks think
    about worries that they just don’t recognise about. You managed to hit the nail upon the highest as neatly as defined out the entire thing without having side-effects , folks could take a signal. Will probably be back to get more. Thanks

  26. 2 Januari 2013 pukul 13:08

    maz tolong kasih literatur tentang buku metode pembelajaran scrable untuk skripsi saya

  27. elia
    15 Januari 2013 pukul 20:46

    tolong donk minta info dmn saya saya bisa dapet buku tentang scramble, butuh banged buat skripsi saya!!!!minta bantuannya, please!!!!!!!!!!

  28. 10 Oktober 2013 pukul 20:46

    Pak tolong referensix donk, untuk skripsi. Please

  29. lita
    11 Oktober 2014 pukul 11:43

    adakah rujukan buku tentang model ini?

  30. 21 Oktober 2015 pukul 18:35

    saya baca dari buku berjudul Koleksi Games Edukatif tulisan Iva Rifa penerbit Flash books tahun 2012 ada, mgkin bisa membantu untuk referensi alternatif

  31. 27 Januari 2016 pukul 11:15

    saya sedang penelitian membandingkan model wordsquare dan scramble dan membutuhkan buku referensi dan diskusi. bagi kaka2 yang sudah beres skripsi tentang 2 materi itu, sy harap bisa membantu dan berdiskusi dengan saya di khairunnisamulyana@gmail.com terimakasih

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar