Beranda > Pembelajaran > Model pembelajaran Make a Match (Lorna Curran,1994)

Model pembelajaran Make a Match (Lorna Curran,1994)


Model Pembelajaran Make a Match artinya model pembelajaran Mencari Pasangan. Setiap siswa mendapat sebuah kartu (bisa soal atau jawaban), lalu secepatnya mencari pasangan yang sesuai dengan kartu yang ia pegang. Suasana pembelajaran dalam model pembelajaran Make a Match akan riuh, tetapi sangat asik dan menyenangkan.

Langkah-langkah pembelajaran Make a Match adalah sebagi berikut :

  1. Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban.
  2. Setiap siswa mendapat satu buah kartu.
  3. Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang.
  4. Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya. Artinya siswa yang kebetulan mendapat kartu ‘soal’ maka harus mencari pasangan yang memegang kartu ‘ jawaban soal’ secepat mungkin. Demikian juga sebaliknya.
  5. Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin.
  6. Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya.
  7. Demikian seterusnya sampai semua kartu soal dan jawaban jatuh ke semua siswa.
  8. Kesimpulan/penutup.

Demikianlah, mudah-mudahan postingan ini dapat menambah khasanah pembelajaran kita sehingga pembelajaran yang dirancang Bapak/Ibu Guru dapat lebih bervariatif, lebih bermakna, menantang sekaligus menyenangkan.

Majulah Pendidikan di Indonesia!

  1. fitriani
    12 Januari 2010 pukul 14:35

    kalo mau beli bukunya lorna ada gag ya?

    • pandu
      6 Oktober 2011 pukul 17:14

      to mba fitriani= dah dpet bku’y lom????saya jg gi butuh bgt buat nyusun dkripsi neh???mohon bantuan’yy Mba Fitri.
      thanx be4 y!!!!!!

      • Ryszal
        8 Februari 2012 pukul 22:05

        @maz pandu: mas pandu skripsi’ny ambil make a match to..???

  2. wyw1d
    12 Januari 2010 pukul 14:52

    Saya optimis ada, tetapi mesti sabar mencari Mbak Fitriani.Kalau sekedar butuh buku referensi, Mbak bisa menemukan judul bukunya di jawaban komentar Mbak Stephani di artikel Model Pembelajaran Word Square.Terimakasih, salam hangat dariku.

  3. Amirullah
    24 April 2010 pukul 19:13

    blog ini sangat membantu saya dalam menyusun proposal PTK karena model pembelajaran inilah merupakan pavorit saya dalam meningkatkan mutu pembelajaran saya di kelas terima kasih !!!!

  4. novi handayani
    7 Juni 2010 pukul 11:27

    thanks banget ya, aku lagi butuh banget data-data tentang make a match method. ada yang tau nyari references nya dimana?

  5. nurlaila fitri
    6 Oktober 2010 pukul 08:22

    Tq banget ya………….smoga berkah

  6. Asep Rusman
    3 November 2010 pukul 07:54

    saya sudah melaksanakannya untuk mata pelajaran IPA materi persilangan monohibrid SMP dan siswa sangat antusias. cocok sekali

  7. dwi nuraeni
    1 Desember 2010 pukul 07:30

    Assalamualaikum…
    Saya saat ini sedang menyusun skripsi tentang teknik make a match…
    saya mohon dengan sangat bantuan bapa…
    saya ingin bertanya tentang karakteristik make a match…?
    saya bingung sekali, karena buku sumbernya saya tidak punya
    jazakallohu khairan katsiran
    apabila bapa berkenan membantu saya, saya sangat berterima kasih sekali…

    • 14 November 2013 pukul 13:08

      dwi nuraeni :
      Assalamualaikum…
      Saya saat ini sedang menyusun skripsi tentang teknik make a match…
      saya mohon dengan sangat bantuan bapa…
      saya ingin bertanya tentang karakteristik make a match…?
      saya bingung sekali, karena buku sumbernya saya tidak punya
      jazakallohu khairan katsiran
      apabila bapa berkenan membantu saya, saya sangat berterima kasih sekali…

  8. 25 Januari 2011 pukul 23:35

    model make a match ini apakah ada ksamaan dengan model pembelajaran scramble????

  9. Rasyidi
    1 Februari 2011 pukul 17:19

    Terima kasih, model ini sangat cocok untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran.

  10. a'am
    10 Maret 2011 pukul 16:47

    sayyaaaaaang

  11. yuyun hardiyanti
    26 Maret 2011 pukul 12:11

    apakah ada buku referensi tentang make a match?judul bkunya ap?mksh sblmnya…

    • erry
      2 Mei 2011 pukul 12:59

      saya seorang mahasiswa sedang menyusun skripsi,saya mencari buku tentang make a match. apa judul bukunya. mksih.

  12. Nunu
    29 Maret 2011 pukul 09:27

    sintaks make a match yang baru ada ngga???
    coz pernah baca d’buku,,,make a matchnya berkelompok

  13. lenny
    12 April 2011 pukul 10:06

    ada bukunya g?judulnya apa?

  14. riska
    9 Juni 2011 pukul 09:02

    saya mohon kepada bapak untuk mengirimkan kelemahan dan kelebihan model pembelajaran make a match.

  15. pak diyan
    15 Agustus 2011 pukul 06:42

    ass… Af1 apakah bisa n dimana srt gman cr dpdtkn buku / refrnsi ttg make a mact ini, sukron.

  16. kiki novlida rizky
    27 Oktober 2011 pukul 12:57

    saya mahasiswa yg sdg menyusun skripsi menggunakan metode make a match, saya referensi bukunya pak, dan saya jg ingin tau karakteristik dari metode ini, terima ksh pak sebelumnya, saya menunggu blsan bapak

    • 31 Oktober 2011 pukul 23:08

      Mbak Kiki Novlida Rizky, coba lihat postingan “Buku Referensi Model pembelajaran Kooperatif”
      Terimakasih, salam hangat jabat erat ya

  17. 8 Desember 2011 pukul 11:30

    Assalamualaikum…….
    make a match 2h model pa metode ya pak???? coz kemaren q abiz baca kok metode y…….trima kasih.

    • 8 Desember 2011 pukul 12:45

      model pembelajaran mas Yuno, kalau metode itu yang seperti ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, diskusi, dll. Terimakasih, salam hangat jabat erat selalu

  18. 8 Desember 2011 pukul 11:31

    lo make a match dipake buat experimen co2k g ya pak???? makasih……

    • 8 Desember 2011 pukul 12:47

      Cocok tidaknya tergantung materinya apa, atau KD dan indikator yang mau dicapai apa?Terimakasih salam hangat selalu

      • 8 Desember 2011 pukul 12:47

        Silakan lihat postingan”Buku Referensi Model Pembelajaran Kooperatif” Terimakasih.Salam hangat selalu

  19. 10 Desember 2011 pukul 14:58
  20. 10 Desember 2011 pukul 15:02
  21. yuno
  22. 13 Desember 2011 pukul 11:17

    Askum…. pak ni q cew lo…..jd aneh dipanggil mas….hehehe. lo make a match sama gak ya sama index card match pak??? maksih.

  23. 13 Desember 2011 pukul 11:20

    maaf pak untuk komen saya yg ada http wedding itu…..virus kayaknya pak……maaf sebelumnya….mo komen malah keluar kayak gitu…..

  24. 25 Desember 2011 pukul 16:39

    pak tolong dicantumkan kelebihan dan kelemahan dari model pembelajaran Make A Match. Trimaksih………….

    • Ryszal
      8 Februari 2012 pukul 22:15

      ass.wr.wb ma’af pak, bapak sudah tahu atau belum kelebihan dan kelemahan make a match? kalo sudah tahu saya minta tlg untk di infokan ke saya pak..Mksh sebelumnya..

  25. 31 Januari 2012 pukul 14:18

    sya minta tlong pak,sbenarx pengertian metode make a match itu apa ya pak,thanks sbelumnya

  26. Ryszal
    8 Februari 2012 pukul 22:10

    saat ini saya berencana akan menyusun skripsi tentang metode belajar make a match, saya harap bapak berkenan untuk membantu saya, karena buku sumbernya sulit dicari, terima kasih sebelumnya pak…

  27. yorra luffy
    10 Februari 2012 pukul 10:33

    Butuh bukuNa niiii buat skripsi…mohon bantuannyaa

  28. yery tanty
    9 Maret 2012 pukul 13:51

    bukunt
    ya judulnya apa ya mon
    hon dibantu yaaaaa

  29. 13 Juni 2012 pukul 10:04

    To: Anak sekampung
    BAse on my experience in teaching English (speaking), the weaknesses of Make a Match is students’ chalenge and creativity is limited because they match the task and its answer only so we need to combine with others methode or influence our own creativity.

  30. rumi_ful
    29 September 2012 pukul 21:21

    sya pgn tau ni pak.. saya baca referensinya tpi masih bingung….
    kartu soal, jawban soal.. gimana ya pak ?
    sya minta tlong dong pak gimana itu maksdnya??
    mkasih\

  31. vera
    1 Oktober 2012 pukul 11:24

    hem… buat penelitian mayematika cocok gx ya??

  32. wahyu
    5 Oktober 2012 pukul 15:58

    kimia bole jga kyknya ne

  33. endang dian
    8 Oktober 2012 pukul 08:01

    Pak Rahmad…. bisa kirimkan video tentang peragaan pelaksanaan model pembelajaran make a matchnya ke surel saya, sebagai bahan evaluasi dan penbgayaan terhadap pelaksanaan di kelas, terima kasih.

  34. anggun
    20 November 2012 pukul 09:44

    dimana kita bisa mendapatkan buku itu ??

  35. 19 Desember 2012 pukul 19:40

    sebenarnya make a match ini model pembelajaran koperatif atau tidak ?

  36. 14 April 2013 pukul 13:13

    haduuuuuuuuuuuuuuh peningggggggggggg

  37. 3 Mei 2013 pukul 18:58

    assalammuaalikum,,
    permisi mau tanya,, saya juga kebetulan ambil metode make a match tapi skillnya reading comprehension,, butuh buku refrensi yang cocok. ada lagi si mas yang word grouping vocabularry itu apa ya mas?

  38. 9 Mei 2013 pukul 03:04

    The developers are saying that Defiance is a pixel perfect shooter, so if you aim at your target’s head it WILL be a headshot instead of the invisible dice rolling a 5 and telling you that you somehow missed. It combines RPG elements and strategy for a very interesting game where you must stop the rows of pirates ship from making their way down the river. If you want to be able to hit the ball further and harder, you should keep in mind to keep your grip on the bat loose, your swing should begin with your legs and hips, and finally, you must always follow your bat through.

  39. 18 Mei 2013 pukul 03:19

    Una Musica Brutal, by Gotan Project: from Buddha Bar IV. Just a few evenings ago we were at a meeting with other volunteers to find out more about RSVP: the Retired Senior Volunteer Program.
    It was the perfect place to meet friends after work, have a few drinks, and unwind.

  40. hendra
    21 Mei 2013 pukul 00:35

    kalo untuk peljaran akuntansi cocok gak ya?

  41. 23 Mei 2013 pukul 16:13

    assalamualaikum semuanya.saya juga sedang skripsi ini, mohon bantuannya..
    Ini sudah alhamdulillah bisa cari dan dapat dari sini,tapi masih kurang.kira kira referensi yang untuk bukunya selain lorna tidak ada yaaa?

    • Shofi
      18 April 2014 pukul 13:03

      mbak, udah dapet bukunya Lorna curran nggak?
      aku juga bingung ni nyarinya mbak

  42. 4 Juni 2013 pukul 05:43

    The fishfinder approximates where the fish are by measuring the amount of time between when the beam
    was sent out and when it registered the hit.
    The 360 Series from Aqua-Vu is specifically designed with a rugged encasement for ice
    fishing. If the fish are not hitting on your main crappie jigs you may need to switch to live
    bait or a combination of live and artificial baits.

  43. 4 Juli 2013 pukul 14:47

    Hi there admin, I just wanted to give you a quick heads up that your current Domain name: http:
    //wyw1d.wordpress.com/2009/11/06/model-pembelajaran-make-a-match-lorna-curran-1994/ is
    being flagged as a potentially malicious internet site in my web browser
    firefox. I’d highly recommend having someone look into it. You can easily lose a lot of website visitors due to this issue. Very best of Luck.

  44. 3 Agustus 2013 pukul 10:35

    Simply want to say your article is as surprising. The clearness for your put up is just great and
    i can suppose you are a professional in this subject. Well with your permission let me to snatch your RSS feed to keep
    up to date with forthcoming post. Thanks a million and please
    continue the gratifying work.

  45. 7 Agustus 2013 pukul 22:59

    Hi, I do believe this is an excellent website. I stumbledupon
    it 😉 I am going to return once again since i have bookmarked it.
    Money and freedom is the best way to change, may you
    be rich and continue to help other people.

  46. wewe
    6 Mei 2014 pukul 22:53

    keren

  47. 12 Oktober 2014 pukul 11:50

    tq tulisannya pak..saya dan teman2 sedang belajar membuat ptk..

  48. 14 Januari 2015 pukul 10:10

    Terimakasih pak 🙂

  49. Rizna
    3 Februari 2015 pukul 06:09

    saya mau butuh buku Lorna Curran ini….. dimana ya bisa saya dapat kan… mohon share donk… pleaseee

  50. 26 November 2015 pukul 07:35

    dimana buku nya di jual mas,, please,, aq butuh bangat ,, tolong info x?

  51. 29 Juli 2016 pukul 21:44

    Pollution insurance coverage usually takes the form of first-social gathering protection for contamination of insured property both by external or on-site sources.

  52. 13 Agustus 2016 pukul 20:58

    The debate on geothermal energy is predicated on the
    implications of its application versus its price and environmental impact.

  53. 21 Oktober 2017 pukul 05:58

    One can easily draw money to purchase a house or an vehicle.
    However what if it is advisable purchase a tv, music system or an outfit
    in your pal’s wedding ceremony?

  54. hilmifajriyati
    26 Desember 2017 pukul 14:29

    mohon jawabannya ya, apakah make a match sama dengan index card match?

  55. bestari
    1 September 2018 pukul 11:46

    assalamualaikum. saya mau bertanya. mohon dijawab dengan referensi yang pasti. pedidikan bisa merubah pengetahuan hingga perilaku seseorang. yg ingin saya tanyakan,berapa kali standar dilakukannya metode pembelajaran make a match sehingga dapat mengubah perilaku seseorang? mohon jawaban dengan referensi jurnal atau buku yang membahas terkait pertanyaan saya

  1. 2 September 2012 pukul 10:26

Tinggalkan komentar