Beranda > Pembelajaran > Model Pembelajaran Explicit Instruction (Rosenshina & Stevens,1986)

Model Pembelajaran Explicit Instruction (Rosenshina & Stevens,1986)


Model Pembelajaran Explicit Instruction/Pengajaran Langsung khusus dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan prosedural dan pengetahuan deklaratif yang dapat diajarkan  dengan pola selangkah demi selangkah.

Langkah-langkah pembelajarannya sebagai berikut :

  1. Menyampaikan kompetensi/tujuan pembelajaran dan mempersiapkan siswa.
  2. Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan.
  3. Membimbing pelatihan kepada siswa.
  4. Mengecek pemahaman siswa dan memberikan umpan balik.
  5. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk latihan lanjutan.
  6. Kesimpulan.

Demikianlah, mudah-mudahan postingan ini dapat menambah khasanah pembelajaran kita sehingga pembelajaran yang dirancang Bapak/Ibu Guru dapat lebih bervariatif, lebih bermakna, menantang sekaligus menyenangkan.

Majulah Pendidikan di Indonesia!

  1. elyza rei melda sitohang
    13 Februari 2010 pukul 21:08

    saya mau bertanya, apakah model explycit instruction ini sudah diterbitkan?
    kalau sudah, dimana saya boleh mendapatkannya?
    karena saya menggunakan model ini dlm proposal saya…
    dan kalau boleh,,saya juga minta keterangan antara kelebihan dan kekurangan model ini,karena saya belum memahami betul model ini.
    saya mohon bantuannya…terimakasih…

    • 14 Februari 2010 pukul 09:42

      Terimakasih atas tanggapannya. Materi postingan ini dapat Mbak Elyza temui di 2 buku referensi yang cukup relevan yang dapat saya sampaikan yaitu : 1. Mempraktikkan Cooperatif Learning di Kelas Kita- Penulis Anita Li, PT Grasindo. 2. Model Pembelajaran Inovatif-Penulis Udin S.Winataputra, penerbit Universitas Terbuka. Mbak Elyza dapat mencarinya di perpustakaan daerah, TB Grasindo atau UPBJJ UT di daerah Anda. Jika memungkinkan kadang di toko buku bekas mungkin juga ada. Salam hangat dariku.

      • 12 Maret 2012 pukul 19:08

        mas, ini bukunya susah d.dpt…
        mhon infox donk d.mn lgi z bsa dpt bukuu ttg model in…

  2. 13 Februari 2010 pukul 21:58

    Terimakasih Mbak Elyza. Coba lihat postingan saya ” model pembelajaran word square” di situ ada jawaban komentar saya atas pertanyaan senada. Terimakasih ya. salam hangat jabat erat dariku.

  3. elyza rei melda sitohang
    15 Februari 2010 pukul 12:35

    taerimakasih buat balasannya… saya juga mau minta tolong sekali lagi mengenai penjelasan yang lebih ditel tentang bagaimana sejarah model explicit insruction ini bagaimana model ini bisa muncul, siapa yang sudah pernah menerapkannya dalam pengajaran, serta langkah-langkah proseduralnya yang lebih luas lagi.

    • alvarizi
      24 Desember 2015 pukul 23:57

      apakah elyza sudah menemukan buku mengenai model explicit intruction ?

  4. 15 Februari 2010 pukul 13:04

    Wah wah wah…..salut saya atas semangat Mbak Elyza buat mendalami model pembelajaran explicite instruction. Sepertinya materi lebih mendalam terdapat dalam kedua buku yang telah saya sebutkan di atas. Coba dicari dulu ya. Salam hangat dariku.

  5. 8 Maret 2010 pukul 06:05

    ass_ma’af pak saya mau tanya? apakah model pembelajaran explicit instruction sama dengan pembelajaran direct instruction atau hal itu hanya beda nama saja. pertanyaan yang kedua, yaitu dalam pembelajaran explisit instruction dimana letak keaktifan siswanya.

  6. 8 Maret 2010 pukul 14:43

    1).Terimakasih Mas Ziyada, saya rasa beda.Direct instruction(perintah langsung)sedang explicite instruction lebih menekankan pada proses bertahap.
    2). Letak keaktifan siswa pada explicite instruction terletak pada langkah pembelajaran no.3,4 dan 5.
    Demikian, salam hangat ya.

    • indah
      3 Oktober 2012 pukul 21:28

      maaf sblm nya,, aku mw tny dong
      klo problem based learning ama problem based instruction itu sma apa kga ya???

  7. fitri rahmadhani harahap
    31 Maret 2010 pukul 16:05

    Asw..maaf pak, letak keaktifan siswa terletak pada langkah pembelajaran no.3,4,5 pd explicit instruction.Pertanyaan saya,dimana letak perbedaan yg lebih spesifik antara direct instruction dengan explicit instruction pd langkah 3,4, dan 5 smentara keduanya menggunakan langkah-langkah ini pak?

  8. wulan panani
    26 Juni 2010 pukul 19:24

    Ass.,,pak saya mahasiswa PGSD SI.dlam propsal saya mngambil mdel pembeljran explict instruction untk mningkatkan hsil beljr siswa kls III SD pd mata peljran sains.kra-kra ada nda pak ciri2 yg pling menonjol dr mdel pembljarn ini?

  9. maretna
    28 September 2010 pukul 11:15

    gmn ya aku ngambil PTK dengan explicit intruktion,,,, tp literatur nya susah didapat kira2 dmn ak dpt buku model2 ya

  10. yanto
    21 Februari 2011 pukul 08:44

    Pak Wid, bagaimana cara evaluasinya ? apakah dengan menggunakan lembar observasi ?

  11. 19 Maret 2011 pukul 23:33

    asskum.pak kenalkan saya burhan mahasiswa STAIN ponorogo.saya pengen ktmu bapak, mgkin boleh minta alamat lengkapnya dan n0mer hp nya.saya pengen konsultasi terkait masalah pembelajaran ekplisit intruktion.tolong di kirim di alamat amail saya.saya tunggu pak?

  12. catur hendra wahyudi
    6 Agustus 2011 pukul 04:49

    pk saya sedang menyusun skripsi menggunakan model pembelajaran explicit instruction untuk materi menulis cerpen. menrt bpk apa tepat dan tolong bantu sy untk mendapatkan referensi nya.

  13. nova vitria
    12 November 2011 pukul 12:23

    Assalammu’alaikum.. pak saya Nova Vitria mahasiswa UISB Solok, Padang. saya mau bertanya, apa kelemahan dan kelebihan metode explicit intruction tersebut? karena itu merupakan metode yang saya pakai dalam skripsi saya. terima kasih..

    • 4 Desember 2011 pukul 15:37

      Setiap model pembelajaran ada kekurangan dan ada kelebihan.Namun kekurangan dan kelebihan tersebut tentu ditinjau dahulu relevansinya dengan materi pembelajaran. Jadi misalkan Mbak Nova akan menggunakan model pembelajaran ini tentu tidak sembarang materi dengan SK/KD tertentu dapat diterapkan, karena yang kita harapkan tentu hasil yang terbaik atau ideal. Maka perlu perencanaan dan pemikiran materi/SD-KD apa yang pas dan ideal dengan menggunakan model pembelajaran ini. jawaban akan didapatkan setelah melakukan beberapa uji coba dengan hasil yang berbeda beda. Kadang materi yang sama dan model pembelajaran yang sama tetapi dengan siswa/sekolah yang berbeda maka hasilnyapun tidak akan sama.
      Demikian mbak Nova Vitria, tetap semangat ya …semoga sukses.salam hangat dari saya

      • 10 Mei 2017 pukul 03:00

        Your articles are for when it abyotulels, positively, needs to be understood overnight.

  14. h.abdul koliq
    26 November 2011 pukul 08:10

    ass,kum pak tolong kirimi aku kelebihan dan kekurangan mosel pembelajaran explicit instruction. mkcg pak

    • 4 Desember 2011 pukul 16:32

      Terimakasih mas H.Abdul Koliq. Kekurangan dan kelebihan model pembelajaran ini ditinjau terlebih dahulu dengan relevansinya dengan matreri pembelajaran (SK/KD) dan tujuan yang akan dicapai/indikator.Hal ini karena yang akan kita cari adalah model pembelajaran yang paling pas/ideal, maka kita perlu mengujicobakannya dengan beberapa materi yang paling pas/sesuai, efektif dan efisien. Silakan mas mencobakannya.
      Salam hangat dan jabat erat ya

  15. revi
    25 Desember 2011 pukul 14:48

    maaf sblumnya
    saya sdh cari tp nggak ktemu buku ttg exlpicit 😦
    boleh saya beli yg punya anda ?? please =(

  16. dina
    18 Maret 2012 pukul 13:41

    cocoknya untuk matapelajaran apa ya?

    • 10 Mei 2017 pukul 01:35

      At last, sonoeme who comes to the heart of it all

  17. adiliwut
    6 November 2012 pukul 21:56

    apakah model pembelajaran explicit instruction cocok kalau digunakan dalam pembelajaran matematika, mohon tuntunnya pak..

  18. lee zahara az zahra
    11 Desember 2012 pukul 15:47

    pak bisa minta tolong kasih tau referensi bukunya gx? atau kalau bisa saya mau beli pak…

  19. 27 Desember 2012 pukul 21:38

    assalamu’alaikum…
    pak…saya humairoh mahasiswi dari stkip kusuma negara
    saya mau tanya tentang metode explicit intruction induktif itu sama ya dgan explicit intruction , hanya secara per individu, atau bagaimana pak ?. trims. salam hangat

  20. dwi
    3 Januari 2013 pukul 21:35

    Asslmualaikum…pak sya dwi dari madura…taxa klo mmg model direct instruction brbeda dgn mod3el explicit , dmn letak perbedaannya? krn langkah2x tidak ada perbedaan khusus dikedua2x!

  21. 28 Januari 2013 pukul 12:02

    ass,,, pak saya apriadi mau tanya
    apakah sudah ada buku mengenai explicit intructio ini,,??
    mohon bantuan agar saya dapat memperoleh infonya mengenai bukunya..??
    trimm..
    waasss

  22. ratna
    17 Februari 2013 pukul 19:47

    assalamualaikum. bapak, saya kesusahan untuk nyari bukunya tentang explicit instruction yang lebih jelasnya. kalau buku yang lain yang saya temui hanya mencantumkan pengertian dan langkah2nya saja. bagaimana bapak?apa ada literatur lain yang bisa saya jadikan pegangan untuk skripsi saya??? mohon bantuannya Bapak.

  23. 6 Maret 2013 pukul 15:03

    asskum .bapak saya minta tolong,saya sedang menyususn skripsi tentang mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan melalui model explicit intruction, apa sih perbedaan yang paling menonjol dari model explicit intruction dengan model demonstrasi??bls secepatnya yah pak saya butuh jawaban ini .terima kasih

  24. hanny hartika gustrylianty
    22 April 2013 pukul 05:50

    Assalamu’alaikum. salam hangat, Insya Allah saya akan menyusun skripsi dg menggunakan model explicit instruction,apakah akan cocok jika diterapkan pada anak tunagrahita? terimakasih

  25. 13 Mei 2013 pukul 04:05

    Paper Explicit Instruction (Rosenshina & Stevens,1986)
    ini link nya

    Klik untuk mengakses rosenshine1986c.pdf

  26. 5 Juli 2013 pukul 09:57

    Hello just wanted to give you a quick heads up and let you know a few of the images aren’t loading correctly. I’m not sure
    why but I think its a linking issue. I’ve tried it in two different internet browsers and both show the same outcome.

  27. inggrit anggriana
    14 Februari 2014 pukul 23:29

    Slmt mlm pak.
    Pak,saya juga lg nyusun skripsi tentang model explicit instruction..
    Tp saya gk dpt bukunya pak…
    Blh bapak bntu saya..?

  28. 13 Mei 2016 pukul 09:09

    selamat pg pak, saya mau minta contoh unuk laporan pkp yang lengkap pada mata pelajaran pkn kelas 4 materi pemerintahan pusat dengan model explicit intruction

  29. 24 Juni 2017 pukul 10:01

    I see something genuinely special in this internet site.

  1. 20 Januari 2013 pukul 11:52

Tinggalkan komentar