Beranda
> Pembelajaran > Model Pembelajaran Explicit Instruction (Rosenshina & Stevens,1986)
Model Pembelajaran Explicit Instruction (Rosenshina & Stevens,1986)
Model Pembelajaran Explicit Instruction/Pengajaran Langsung khusus dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan prosedural dan pengetahuan deklaratif yang dapat diajarkan dengan pola selangkah demi selangkah.
Langkah-langkah pembelajarannya sebagai berikut :
- Menyampaikan kompetensi/tujuan pembelajaran dan mempersiapkan siswa.
- Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan.
- Membimbing pelatihan kepada siswa.
- Mengecek pemahaman siswa dan memberikan umpan balik.
- Memberikan kesempatan kepada siswa untuk latihan lanjutan.
- Kesimpulan.
Demikianlah, mudah-mudahan postingan ini dapat menambah khasanah pembelajaran kita sehingga pembelajaran yang dirancang Bapak/Ibu Guru dapat lebih bervariatif, lebih bermakna, menantang sekaligus menyenangkan.
Majulah Pendidikan di Indonesia!
Kategori:Pembelajaran
Tag:Model Pembelajaran
Tinggalkan komentar Batalkan balasan
Anda adalah Tamu Istimewa yang ke
- 1.717.335 sejak 29 Juli 2009
Secangkir Teh
Dengan mencantumkan sumber tulisan rachmadwidodo’s weblog, nama penulis atau permanent link (https://wyw1d.wordpress.com/), maka Anda akan diizinkan mengutip, mengcopy, download tulisan di blog ini. Terimakasih
Sekapur Sirih
New Posting
- Buku Ber-ISBN Ke-5 : Gurit Pepeling
- Buku Ber-ISBN Ke-4 : Google Earth Media Pembelajaran Inovatif dalam Pembelajaran Jarak Jauh
- Belajar dari Kegagalan Menuju Kesuksesan ( Resume Ke-23 )
- Dari Kisah Perjalanan Hidup Menjadi Buku Biografi ( Resume Ke-22 )
- Menulis Dengan Hati, Menulis Tiada Henti ( Resume Ke-21 )
- Peran Inspirasi dan Motivasi dalam Proses Menulis ( Resume Ke-20 )
- Melanglang Buana dan Menerbitkan Buku (Resume Ke-19 )
- Jejak Literasi Sang Wartawan Bangkotan ( Resume Ke-18 )
- Jangan Takut Mencoba Dalam Menulis ( Resume Ke-17 )
- Tentang Menulis dan Menerbitkan Buku ( Resume Ke-16 )
- Seni Pemasaran Buku di Masa Pandemi ( Resume Ke-15 )
- Menguak Rahasia Penerbit Mayor ( Resume Ke-14 )
- Menulis Buku dan Menembus ke Penerbit Mayor ( Resume Ke-13 )
- Ayo Menjadi Bukan Guru Biasa (Resume Ke-12 )
- Ya Mengajar Ya Wirausaha, Kenapa Tidak? ( Resume Ke-11 )
- Perjalanan Singkat dari Resume Menjadi Buku ( Resume Ke-10 )
- Rahasia Sukses menulis di Media Cetak Ala Kang H Encon Rahman ( Resume Ke-9 )
- Sang Pejuang Literasi Muda dari Semarang (Resume ke-8)
- Pejuang Literasi H Thamrin Dahlan (Resume ke-7)
- Ngeblog Maka Hidupmu Bahagia (Resume ke-6)
- Menulis Bukan Bakat, Melainkan Keterampilan (Resume ke-5)
- Video Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran Digital Dalam PJJ ( Resume ke-4)
- Menulis Itu Mudah, Asal Mau Berusaha dan Semangat (Resume Ke-3)
- Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Menjadi Seorang Penulis (Resume ke-2)
- Ketika Kata Berubah Menjadi Senjata (Resume 1)
- Dampak Penggunaan Handphone Bagi Anak Usia Sekolah
- Pembelajaran Daring Untuk Meraih PAKEM
- “Mendaras Cahaya” Buku Antologi Puisi 2,7
- Kepala Sekolah Dicas dengan Literasi Digital (Artikel Ilmiah di Media Masa)
- Artikel Ilmiah di Media Masa
- Buku Antologi Puisi Tunggal “Putri Zaitun”
- Buku Referensi Model Pembelajaran Kooperatif
- Pemilihan Guru Berprestasi 2010
- 13 Cara Seni Menaikkan Pengunjung Blog
- Award dari TOPSERATUS.com
- Award dari Top10.artnoris.com
- Google Earth Sebagai Media Pembelajaran
- 11 Indikator Pembelajaran PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan)
- Membangun Learning Community Menuju Sekolah Berprestasi
- Reformasi Sekolah Dalam Membangun Komunitas Belajar
- Penilaian Kelas
- Mari Bertukar Link, Sahabat
- Ingin Anak Anda Cerdas? Biarkanlah Mereka Bermain!
- 10 Jenis Makanan Terbaik untuk Tingkatkan Kecerdasan Anak
- Penilaian Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kelas
- Cara Menyusun Sinopsis
- 8 Jalur Pendekatan Belajar Berdasarkan 8 Kecerdasan Ganda
- Cara Mengasah Kecerdasan Alam Siswa (Naturalist Intelligence)
- Kecerdasan Intrapersonal Siswa (Intrapersonal Intelligence)
- Mengasah Kecerdasan Interpersonal Siswa (Interpersonal Intelligence)
- Mengasah Kecerdasan Musik Siswa (Music/Rhythmic Intelligence)
- Cara Mengasah Kemampuan Siswa dengan Kecerdasan Gerakan (Bodily/Kinesthetic Intelligence)
- Cara Mengasah Kecerdasan Keruangan/Gambar Siswa (Visual/Spatial Intelligence)
- Cara Mengasah Kecerdasan Logika-Matematika Siswa (Logical-Mathematical Intelligence)
- Cara Mengasah Kecerdasan Bahasa Siswa(Verbal/Linguistic Intelligence)
- Model Pembelajaran Sastra Tabel Kesan Tokoh
- Model Pembelajaran Sastra Skema Tokoh
- Model Pembelajaran Sastra Urutan Alur
- Model Pembelajaran Sastra Ganti Latar
- Model Pembelajaran Sastra Ganti Tokoh
- 10 Cara Menaikkan Google Pagerank dan Alexa Site Info
- Model Pembelajaran Menulis Imajinatif
- Model Pembelajaran Menulis Re-Kreasi
- Model Pembelajaran Menulis Beranting
- Model Pembelajaran Menulis Objek Gambar
- Model Pembelajaran Menulis Objek Langsung
- Model Pembelajaran Baca Ubah
- Model Pembelajaran Baca Parafrasekan
- Model Pembelajaran Baca Peragakan
- Model Pembelajaran Baca Jawab Pertanyaan
- Model Pembelajaran Baca Susun Pertanyaan
- Model Pembelajaran Baca Ceritakan
- Model Pembelajaran Baca Rangkum
- Daftar 100 Peringkat Blog Indonesia Terbaik
- Metode Puisi
- Ponsel Sebagai Alat Pembelajaran
- Pengalamanku Membuat Blog
- Model Pembelajaran Bermain Peran
- Model Pembelajaran Parafrase
- Model Pembelajaran Bercerita
- Model Pembelajaran Menceritakan Kembali
- Model Pembelajaran Melanjutkan Cerita
- Model Pembelajaran Reka Cerita Gambar
- Model Pembelajaran Bertanya
- Model Pembelajaran Menjawab Pertanyaan
- Model Pembelajaran Memerikan
- Model Pembelajaran Lihat Ucapkan
- Model Pembelajaran Ulang Ucap
- Model Pembelajaran Dengar Tulis
- Model Pembelajaran Dengar Kerjakan
- Model Pembelajaran Dengar Tirukan
- Model Pembelajaran Dengar Ulang Ucap
- Model Pembelajaran Dengar Rangkum
- Model Pembelajaran Tari Bambu
- Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (Spencer Kagan,1992)
- Model Pembelajaran Round Club (Keliling Kelompok)
- Model Pembelajaran Pair Checks (Spencer Kagen,1993)
- Model Pembelajaran Time Token (Arends,1998)
- Model Pembelajaran Complete Sentence
- Model Pembelajaran Concept Sentence
- Model Pembelajaran Take and Give
- Model Pembelajaran Scramble
- Model Pembelajaran Word Square
- Model Pembelajaran Tebak Kata
- Model Pembelajaran Inside-Outside-Circle (Spencer Kagan)
- Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition-CIRC (Stevens–Slavin,1995)
- Model Pembelajaran Explicit Instruction (Rosenshina & Stevens,1986)
- Model Pembelajaran Demonstration
- Model Pembelajaran Course Review Horay
- Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining
- Model Pembelajaran Snowball Throwing
- Model Pembelajaran Bertukar Pasangan
- Model Pembelajaran Talking Stick
- Model Pembelajaran Group Investigation (Sharan,1992)
- Model Pembelajaran Role Playing
- Model Pembelajaran Debate (Debat)
- Model Pembelajaran Think Pair and Share (Frank Lyman,1985)
- Model pembelajaran Make a Match (Lorna Curran,1994)
- Model Pembelajaran Artikulasi
- Model Pembelajaran Problem Based Introduction ( PBI )
- Model Pembelajaran Mind Mapping
- Model Pembelajaran Jigsaw (Aronson,Blaney,Stephen,Sikes and Snapp,1978)
- Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions STAD (Slavin,1995)
- Model Pembelajaran Kepala Bernomor Struktur
- Model Pembelajaran Cooperatif Script (Dansereau Cs,1985)
- Model Pembelajaran Numbered Head Together
- Model Pembelajaran Picture and Picture
- Model Pembelajaran Examples Non Examples
- Pembelajaran Membaca di SD
- 35 Model Pembelajaran Efektif
- Pendalaman Materi Menulis di SD
- Model Pembelajaran Puisi/Pantun
- Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBI)
- Lesson Study
- Pengembangan Silabus
- Pembelajaran dengan Pendekatan CTL
- Macam-macam Model Pembelajaran Bhs.Indonesia
- Model Pembelajaran Bhs.Indonesia
- Model Pembelajaran
- Media Pembelajaran
- Strategi Pembelajaran Tematik
- Model Pembelajaran Tematik
- Kiat Menjadi Guru Berprestasi
- Menjadi Guru Berprestasi
Tulisan : 142 Postingan
Arsip Posting
Kategori
Tag
8 pendekatan alam alexa Artikel Award baca ceritakan bahasa belajar beranting berbasis kelas Bermain Peran Blog Buku cara Cara Ngeblog CTL drama dukotu evaluasi ganti latar ganti tokoh gerakan Google Earth guru berprestasi handphone imajinatif interpersonal intrapersonal jalur jawab pertanyaan kecerdasan ganda kesan tokoh Kontes Learning Comunity Lesson Study logika Lomba makanan Matematika Media Membaca meningkatkan pagerank Menulis menyusun metode metode puisi Model Model Pembelajaran Model Pembelajaran Berbicara Model Pembelajaran Bhs.Indonesia musik nutrisi otak objek gambar objek langsung pakem Parafrase Pembelajaran penghargaan penilaian Ponsel prestasi puisi re-kreasi sastra seni menaikkan pengunjung Silabus sinopsis skema Tematik top10 topseratus Tukar Link urutan alur visual worpressKlik Tertinggi
- Tidak ada
My Community
Blogroll
Blog Sahabat
Bergabung dengan 66 pelanggan lain
saya mau bertanya, apakah model explycit instruction ini sudah diterbitkan?
kalau sudah, dimana saya boleh mendapatkannya?
karena saya menggunakan model ini dlm proposal saya…
dan kalau boleh,,saya juga minta keterangan antara kelebihan dan kekurangan model ini,karena saya belum memahami betul model ini.
saya mohon bantuannya…terimakasih…
Terimakasih atas tanggapannya. Materi postingan ini dapat Mbak Elyza temui di 2 buku referensi yang cukup relevan yang dapat saya sampaikan yaitu : 1. Mempraktikkan Cooperatif Learning di Kelas Kita- Penulis Anita Li, PT Grasindo. 2. Model Pembelajaran Inovatif-Penulis Udin S.Winataputra, penerbit Universitas Terbuka. Mbak Elyza dapat mencarinya di perpustakaan daerah, TB Grasindo atau UPBJJ UT di daerah Anda. Jika memungkinkan kadang di toko buku bekas mungkin juga ada. Salam hangat dariku.
mas, ini bukunya susah d.dpt…
mhon infox donk d.mn lgi z bsa dpt bukuu ttg model in…
Terimakasih Mbak Elyza. Coba lihat postingan saya ” model pembelajaran word square” di situ ada jawaban komentar saya atas pertanyaan senada. Terimakasih ya. salam hangat jabat erat dariku.
taerimakasih buat balasannya… saya juga mau minta tolong sekali lagi mengenai penjelasan yang lebih ditel tentang bagaimana sejarah model explicit insruction ini bagaimana model ini bisa muncul, siapa yang sudah pernah menerapkannya dalam pengajaran, serta langkah-langkah proseduralnya yang lebih luas lagi.
apakah elyza sudah menemukan buku mengenai model explicit intruction ?
Wah wah wah…..salut saya atas semangat Mbak Elyza buat mendalami model pembelajaran explicite instruction. Sepertinya materi lebih mendalam terdapat dalam kedua buku yang telah saya sebutkan di atas. Coba dicari dulu ya. Salam hangat dariku.
ass_ma’af pak saya mau tanya? apakah model pembelajaran explicit instruction sama dengan pembelajaran direct instruction atau hal itu hanya beda nama saja. pertanyaan yang kedua, yaitu dalam pembelajaran explisit instruction dimana letak keaktifan siswanya.
1).Terimakasih Mas Ziyada, saya rasa beda.Direct instruction(perintah langsung)sedang explicite instruction lebih menekankan pada proses bertahap.
2). Letak keaktifan siswa pada explicite instruction terletak pada langkah pembelajaran no.3,4 dan 5.
Demikian, salam hangat ya.
maaf sblm nya,, aku mw tny dong
klo problem based learning ama problem based instruction itu sma apa kga ya???
Asw..maaf pak, letak keaktifan siswa terletak pada langkah pembelajaran no.3,4,5 pd explicit instruction.Pertanyaan saya,dimana letak perbedaan yg lebih spesifik antara direct instruction dengan explicit instruction pd langkah 3,4, dan 5 smentara keduanya menggunakan langkah-langkah ini pak?
Ass.,,pak saya mahasiswa PGSD SI.dlam propsal saya mngambil mdel pembeljran explict instruction untk mningkatkan hsil beljr siswa kls III SD pd mata peljran sains.kra-kra ada nda pak ciri2 yg pling menonjol dr mdel pembljarn ini?
gmn ya aku ngambil PTK dengan explicit intruktion,,,, tp literatur nya susah didapat kira2 dmn ak dpt buku model2 ya
Pak Wid, bagaimana cara evaluasinya ? apakah dengan menggunakan lembar observasi ?
asskum.pak kenalkan saya burhan mahasiswa STAIN ponorogo.saya pengen ktmu bapak, mgkin boleh minta alamat lengkapnya dan n0mer hp nya.saya pengen konsultasi terkait masalah pembelajaran ekplisit intruktion.tolong di kirim di alamat amail saya.saya tunggu pak?
pk saya sedang menyusun skripsi menggunakan model pembelajaran explicit instruction untuk materi menulis cerpen. menrt bpk apa tepat dan tolong bantu sy untk mendapatkan referensi nya.
Assalammu’alaikum.. pak saya Nova Vitria mahasiswa UISB Solok, Padang. saya mau bertanya, apa kelemahan dan kelebihan metode explicit intruction tersebut? karena itu merupakan metode yang saya pakai dalam skripsi saya. terima kasih..
Setiap model pembelajaran ada kekurangan dan ada kelebihan.Namun kekurangan dan kelebihan tersebut tentu ditinjau dahulu relevansinya dengan materi pembelajaran. Jadi misalkan Mbak Nova akan menggunakan model pembelajaran ini tentu tidak sembarang materi dengan SK/KD tertentu dapat diterapkan, karena yang kita harapkan tentu hasil yang terbaik atau ideal. Maka perlu perencanaan dan pemikiran materi/SD-KD apa yang pas dan ideal dengan menggunakan model pembelajaran ini. jawaban akan didapatkan setelah melakukan beberapa uji coba dengan hasil yang berbeda beda. Kadang materi yang sama dan model pembelajaran yang sama tetapi dengan siswa/sekolah yang berbeda maka hasilnyapun tidak akan sama.
Demikian mbak Nova Vitria, tetap semangat ya …semoga sukses.salam hangat dari saya
Your articles are for when it abyotulels, positively, needs to be understood overnight.
ass,kum pak tolong kirimi aku kelebihan dan kekurangan mosel pembelajaran explicit instruction. mkcg pak
Terimakasih mas H.Abdul Koliq. Kekurangan dan kelebihan model pembelajaran ini ditinjau terlebih dahulu dengan relevansinya dengan matreri pembelajaran (SK/KD) dan tujuan yang akan dicapai/indikator.Hal ini karena yang akan kita cari adalah model pembelajaran yang paling pas/ideal, maka kita perlu mengujicobakannya dengan beberapa materi yang paling pas/sesuai, efektif dan efisien. Silakan mas mencobakannya.
Salam hangat dan jabat erat ya
maaf sblumnya
saya sdh cari tp nggak ktemu buku ttg exlpicit 😦
boleh saya beli yg punya anda ?? please =(
cocoknya untuk matapelajaran apa ya?
At last, sonoeme who comes to the heart of it all
apakah model pembelajaran explicit instruction cocok kalau digunakan dalam pembelajaran matematika, mohon tuntunnya pak..
pak bisa minta tolong kasih tau referensi bukunya gx? atau kalau bisa saya mau beli pak…
assalamu’alaikum…
pak…saya humairoh mahasiswi dari stkip kusuma negara
saya mau tanya tentang metode explicit intruction induktif itu sama ya dgan explicit intruction , hanya secara per individu, atau bagaimana pak ?. trims. salam hangat
Asslmualaikum…pak sya dwi dari madura…taxa klo mmg model direct instruction brbeda dgn mod3el explicit , dmn letak perbedaannya? krn langkah2x tidak ada perbedaan khusus dikedua2x!
ass,,, pak saya apriadi mau tanya
apakah sudah ada buku mengenai explicit intructio ini,,??
mohon bantuan agar saya dapat memperoleh infonya mengenai bukunya..??
trimm..
waasss
assalamualaikum. bapak, saya kesusahan untuk nyari bukunya tentang explicit instruction yang lebih jelasnya. kalau buku yang lain yang saya temui hanya mencantumkan pengertian dan langkah2nya saja. bagaimana bapak?apa ada literatur lain yang bisa saya jadikan pegangan untuk skripsi saya??? mohon bantuannya Bapak.
asskum .bapak saya minta tolong,saya sedang menyususn skripsi tentang mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan melalui model explicit intruction, apa sih perbedaan yang paling menonjol dari model explicit intruction dengan model demonstrasi??bls secepatnya yah pak saya butuh jawaban ini .terima kasih
Assalamu’alaikum. salam hangat, Insya Allah saya akan menyusun skripsi dg menggunakan model explicit instruction,apakah akan cocok jika diterapkan pada anak tunagrahita? terimakasih
Paper Explicit Instruction (Rosenshina & Stevens,1986)
ini link nya
Klik untuk mengakses rosenshine1986c.pdf
Hello just wanted to give you a quick heads up and let you know a few of the images aren’t loading correctly. I’m not sure
why but I think its a linking issue. I’ve tried it in two different internet browsers and both show the same outcome.
Slmt mlm pak.
Pak,saya juga lg nyusun skripsi tentang model explicit instruction..
Tp saya gk dpt bukunya pak…
Blh bapak bntu saya..?
selamat pg pak, saya mau minta contoh unuk laporan pkp yang lengkap pada mata pelajaran pkn kelas 4 materi pemerintahan pusat dengan model explicit intruction
I see something genuinely special in this internet site.