Model Pembelajaran Inside-Outside-Circle (Spencer Kagan)
Model Pembelajaran Inside- Outside- Circle (Lingkaran Kecil-Lingkaran Besar) merupakan model pembelajaran dimana “Siswa saling membagi informasi pada saat yang bersamaan, dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur”. Pembelajaran ini lebih leluasa dilaksanakan di luar kelas, atau tempat terbuka. Karena mobilitas siswa akan cukup tinggi, sehingga diperlukan perhatian ekstra. Namun demikian jika jumlah siswa tidak terlalu banyak bisa juga dilaksanakan di dalam kelas. Adapun informasi yang saling berbagi merupakan isi materi pembelajaran yang mengarah pada tujuan pembelajaran. Misalnya pada mapel Bahasa Indonesia tentang unsur-unsur cerita. Sebagian siswa mempelajari tokoh-tokoh cerita, sebagian siswa yang lain mempelajari sifat/watak tokoh, latar cerita atau amanat/pesan cerita. Pada saat nanti berbagi informasi, maka semua siswa akan saling memberi dan menerima informasi pembelajaran. Tujuan model pembelajaran ini adalah melatih siswa belajar mandiri dan belajar berbicara menyampaikan informasi kepada orang lain. Selain itu juga melatih kedisiplinan dan ketertiban.
Langkah-langkah pembelajarannya sebagai berikut :
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran/KD.
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok beranggotakan 3-4 orang.
- Tiap-tiap kelompok mendapat tugas mencari informasi berdasarkan pembagian tugas dari guru ( misal : latar cerita, tokoh cerita, watak tokoh, pesan/amanat, dsb).
- Setiap kelompok belajar mandiri, mencari informasi berdasarkan tugas yang diberikan.
- Setelah selesai, maka seluruh siswa berkumpul saling membaur (tidak berdasarkan kelompok).
- Separuh kelas lalu berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar.
- Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap ke dalam.
- Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
- Kemudian siswa berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam.
- Sekarang giliran siswa berada di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya, sampai seluruh siswa selesai berbagi informasi.
Demikianlah, mudah-mudahan postingan ini dapat menambah khasanah pembelajaran kita sehingga pembelajaran yang dirancang Bapak/Ibu Guru dapat lebih bervariatif, lebih bermakna, menantang sekaligus menyenangkan.
Majulah Pendidikan di Indonesia!
bisa diterapkan dalam mata pelajaran penjasorkes???
Bisa saja. Tentunya informasi yang diberikan berupa materi bidang Penjasorkes (permainan, perwasitan,skor, lomba, kesehatan,dsb).
Terimakasih atas kunjungannya.
bisa lebih dikomplitin ga landasan teorinya?
Terimakasih atas tanggapannya. Materi ini saya dapatkan saat mengikuti ToT Guru Pemandu di LPMP Jawa Tengah. Landasan teori lebih lengkap dapat Anda dapatkan dalam Buku referensi yang cukup relevan yang dapat saya sampaikan yaitu : 1. Mempraktikkan Cooperatif Learning di Kelas Kita- Penulis Anita Li, PT Grasindo. 2. Model Pembelajaran Inovatif-Penulis Udin S.Winataputra, penerbit Universitas Terbuka.
bisa nggak untuk matematika
Bisa saja Mbak Shery, namun informasi yang diberikan memang tak sebanyak pada mapel selain matematika. Misalnya tentang bangun ruang (macamnya, gambarnya, luas selimut, volumenya, dsb). Terimakasih ya Mbak atas kunjungannya.
kalau diterapkan dalam mata pelajaran bahasa jerman bagimana?bisa dikasih contoh konkrinya gak?makasih
Saya rasa bisa Mbak Ninis, contohnya silakan lihat materi dalam kurikulum bahasa Jerman. Saya kebetulan belum menguasai dan tidak mengajar bahasa Jerman.Terimakasih kunjungannya ya.
dalam permainan ini siswa melakukan diaolog atau monolog?
Bisa kedua-duanya Mbak Ninis. pada tahap awal mungkin monolog (siswa dalam lingkaran kecil diam menerima informasi dari siswa lingkaran besar), nanti setelah selesai semua gantian lingkaran kecil bergeser menjadi lingkaran besar dan memberikan informasi. Nah, dengan dialog proses transformasi informasinya diharapkan lebih efektif dan bermakna daripada monolog. Demikian Mbak Ninis, selamat berkreasi ya. Salam hangat dariku.
ada yang sudah meneliti metode ini belum ya? saya butuh referensi untuk penelitian yg relevan. terimakasih
bisa gak untuk speaking dalam bahasa inggris
sangat bermanfaat
terima kasih pak, sangat bermanfaat.. tapi apakah bisa diaplikasikan pada tingkat SD/MI pak ?
pak saya mau tanya, bisa ngak diterapkan pada pembelajaran bahasa indonesia, khususnya pada materi membaca cepat.mohon bantuannya. terima kasih.
pak,AKu belum menemukan referensi untuk metode ini,bs gak bapak kirimkan judul buku yang isinya tentang metode ini,
pak,aku mau tanya apa ada buku tersendirix untuk model IOC,klo iya tlong kirimkan sapa penulisnya dan penerbitnya
deviyanti: ada kok di bukunya SUPRIJONO “COOPERATIVE LEARNING” masih banyak ditoko buku, terus anita lie juga masih ada.
kalau buku yang oenulisnya spencer kagan masih ada nda? siapa penerbitnya?
ioc ini merupakan strategi/pendekatan/model pembelajaran?
kalo dalam pelajaran Bhs. Inggris memungkinkan dalam bentuk yg seperti apa?
I drop a leave a response each time I especially enjoy a article on a site or I have something to add
to the conversation. It’s triggered by the fire communicated in the article I read. And on this article Model Pembelajaran Inside-Outside-Circle (Spencer Kagan) | rachmadwidodo’s
weblog. I was moved enough to leave a comment 😉 I do have some questions for you if you do not mind.
Could it be simply me or does it look as if like some of these comments
look as if they are left by brain dead visitors?
😛 And, if you are writing at additional sites, I’d like to follow you. Could you list the complete urls of all your communal sites like your twitter feed, Facebook page or linkedin profile?
kalo untuk penerapan di tk contohnya seperti apa pa? trus habis anak melakukan bertukar informasi apa yang di lakukan lagi?
This paragraph provides clear idea for the new visitors of blogging, that genuinely how to
do running a blog.
Wow that was odd. I just wrote an really long comment but
after I clicked submit my comment didn’t appear.
Grrrr… well I’m not writing all that over again. Regardless, just wanted to say wonderful blog!
Have you ever thought about creating an e-book or guest authoring on other websites?
I have a blog based on the same topics you discuss
and would love to have you share some stories/information. I know my audience would enjoy your work.
If you are even remotely interested, feel free to send me an email.
Excellent post however , I was wondering if you could write a litte more on this topic?
I’d be very grateful if you could elaborate a little bit further.
Thank you!
Great website. A lot of helpful information here.
I’m sending it to some buddies ans also sharing in delicious.
And naturally, thanks for your effort!
bentuk soalx sprti apa ya? soalx susah nyari soal untuk model pmblajaran IOc inii
boleeh saling sher dong
Hi, thank you for sharing a awesome content. Can i share it to my fanpage and my blog.
Thank you again and looking forward to read content like this forum your website