Beranda
> Pembelajaran > Model Pembelajaran Time Token (Arends,1998)
Model Pembelajaran Time Token (Arends,1998)
Model Pembelajaran Time Token sangat tepat untuk pembelajaran struktur yang dapat digunakan untuk mengajarkan keterampilan sosial, untuk menghindari siswa mendominasi pembicaraan atau siswa diam sama sekali.
Langkah-langkah pembelajarannya sebagai berikut :
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran/KD.
- Guru mengkondisikan kelas untuk melaksanakan diskusi (cooperative learning / CL).
- Tiap siswa diberi sejumlah kupon berbicara dengan waktu ± 30 detik per kupon. Tiap siswa diberi sejumlah nilai sesuai waktu yang digunakan.
- Bila telah selesai bicara kupon yang dipegang siswa diserahkan. Setiap tampil berbicara satu kupon. Siswa dapat tampil lagi setelah bergiliran dengan siswa lainnya.
- Siswa yang telah habis kuponnya tak boleh bicara lagi. Siswa yang masih memegang kupon harus bicara sampai semua kuponnya habis.
- Demikian seterusnya.
Demikianlah, mudah-mudahan postingan ini dapat menambah khasanah pembelajaran kita sehingga pembelajaran yang dirancang Bapak/Ibu Guru dapat lebih bervariatif, lebih bermakna, menantang sekaligus menyenangkan.
Majulah Pendidikan di Indonesia!
Kategori:Pembelajaran
Tag:Model Pembelajaran
Tinggalkan Balasan ke jauharulali Batalkan balasan
Anda adalah Tamu Istimewa yang ke
- 1.717.353 sejak 29 Juli 2009
Secangkir Teh
Dengan mencantumkan sumber tulisan rachmadwidodo’s weblog, nama penulis atau permanent link (https://wyw1d.wordpress.com/), maka Anda akan diizinkan mengutip, mengcopy, download tulisan di blog ini. Terimakasih
Sekapur Sirih
New Posting
- Buku Ber-ISBN Ke-5 : Gurit Pepeling
- Buku Ber-ISBN Ke-4 : Google Earth Media Pembelajaran Inovatif dalam Pembelajaran Jarak Jauh
- Belajar dari Kegagalan Menuju Kesuksesan ( Resume Ke-23 )
- Dari Kisah Perjalanan Hidup Menjadi Buku Biografi ( Resume Ke-22 )
- Menulis Dengan Hati, Menulis Tiada Henti ( Resume Ke-21 )
- Peran Inspirasi dan Motivasi dalam Proses Menulis ( Resume Ke-20 )
- Melanglang Buana dan Menerbitkan Buku (Resume Ke-19 )
- Jejak Literasi Sang Wartawan Bangkotan ( Resume Ke-18 )
- Jangan Takut Mencoba Dalam Menulis ( Resume Ke-17 )
- Tentang Menulis dan Menerbitkan Buku ( Resume Ke-16 )
- Seni Pemasaran Buku di Masa Pandemi ( Resume Ke-15 )
- Menguak Rahasia Penerbit Mayor ( Resume Ke-14 )
- Menulis Buku dan Menembus ke Penerbit Mayor ( Resume Ke-13 )
- Ayo Menjadi Bukan Guru Biasa (Resume Ke-12 )
- Ya Mengajar Ya Wirausaha, Kenapa Tidak? ( Resume Ke-11 )
- Perjalanan Singkat dari Resume Menjadi Buku ( Resume Ke-10 )
- Rahasia Sukses menulis di Media Cetak Ala Kang H Encon Rahman ( Resume Ke-9 )
- Sang Pejuang Literasi Muda dari Semarang (Resume ke-8)
- Pejuang Literasi H Thamrin Dahlan (Resume ke-7)
- Ngeblog Maka Hidupmu Bahagia (Resume ke-6)
- Menulis Bukan Bakat, Melainkan Keterampilan (Resume ke-5)
- Video Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran Digital Dalam PJJ ( Resume ke-4)
- Menulis Itu Mudah, Asal Mau Berusaha dan Semangat (Resume Ke-3)
- Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Menjadi Seorang Penulis (Resume ke-2)
- Ketika Kata Berubah Menjadi Senjata (Resume 1)
- Dampak Penggunaan Handphone Bagi Anak Usia Sekolah
- Pembelajaran Daring Untuk Meraih PAKEM
- “Mendaras Cahaya” Buku Antologi Puisi 2,7
- Kepala Sekolah Dicas dengan Literasi Digital (Artikel Ilmiah di Media Masa)
- Artikel Ilmiah di Media Masa
- Buku Antologi Puisi Tunggal “Putri Zaitun”
- Buku Referensi Model Pembelajaran Kooperatif
- Pemilihan Guru Berprestasi 2010
- 13 Cara Seni Menaikkan Pengunjung Blog
- Award dari TOPSERATUS.com
- Award dari Top10.artnoris.com
- Google Earth Sebagai Media Pembelajaran
- 11 Indikator Pembelajaran PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan)
- Membangun Learning Community Menuju Sekolah Berprestasi
- Reformasi Sekolah Dalam Membangun Komunitas Belajar
- Penilaian Kelas
- Mari Bertukar Link, Sahabat
- Ingin Anak Anda Cerdas? Biarkanlah Mereka Bermain!
- 10 Jenis Makanan Terbaik untuk Tingkatkan Kecerdasan Anak
- Penilaian Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kelas
- Cara Menyusun Sinopsis
- 8 Jalur Pendekatan Belajar Berdasarkan 8 Kecerdasan Ganda
- Cara Mengasah Kecerdasan Alam Siswa (Naturalist Intelligence)
- Kecerdasan Intrapersonal Siswa (Intrapersonal Intelligence)
- Mengasah Kecerdasan Interpersonal Siswa (Interpersonal Intelligence)
- Mengasah Kecerdasan Musik Siswa (Music/Rhythmic Intelligence)
- Cara Mengasah Kemampuan Siswa dengan Kecerdasan Gerakan (Bodily/Kinesthetic Intelligence)
- Cara Mengasah Kecerdasan Keruangan/Gambar Siswa (Visual/Spatial Intelligence)
- Cara Mengasah Kecerdasan Logika-Matematika Siswa (Logical-Mathematical Intelligence)
- Cara Mengasah Kecerdasan Bahasa Siswa(Verbal/Linguistic Intelligence)
- Model Pembelajaran Sastra Tabel Kesan Tokoh
- Model Pembelajaran Sastra Skema Tokoh
- Model Pembelajaran Sastra Urutan Alur
- Model Pembelajaran Sastra Ganti Latar
- Model Pembelajaran Sastra Ganti Tokoh
- 10 Cara Menaikkan Google Pagerank dan Alexa Site Info
- Model Pembelajaran Menulis Imajinatif
- Model Pembelajaran Menulis Re-Kreasi
- Model Pembelajaran Menulis Beranting
- Model Pembelajaran Menulis Objek Gambar
- Model Pembelajaran Menulis Objek Langsung
- Model Pembelajaran Baca Ubah
- Model Pembelajaran Baca Parafrasekan
- Model Pembelajaran Baca Peragakan
- Model Pembelajaran Baca Jawab Pertanyaan
- Model Pembelajaran Baca Susun Pertanyaan
- Model Pembelajaran Baca Ceritakan
- Model Pembelajaran Baca Rangkum
- Daftar 100 Peringkat Blog Indonesia Terbaik
- Metode Puisi
- Ponsel Sebagai Alat Pembelajaran
- Pengalamanku Membuat Blog
- Model Pembelajaran Bermain Peran
- Model Pembelajaran Parafrase
- Model Pembelajaran Bercerita
- Model Pembelajaran Menceritakan Kembali
- Model Pembelajaran Melanjutkan Cerita
- Model Pembelajaran Reka Cerita Gambar
- Model Pembelajaran Bertanya
- Model Pembelajaran Menjawab Pertanyaan
- Model Pembelajaran Memerikan
- Model Pembelajaran Lihat Ucapkan
- Model Pembelajaran Ulang Ucap
- Model Pembelajaran Dengar Tulis
- Model Pembelajaran Dengar Kerjakan
- Model Pembelajaran Dengar Tirukan
- Model Pembelajaran Dengar Ulang Ucap
- Model Pembelajaran Dengar Rangkum
- Model Pembelajaran Tari Bambu
- Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (Spencer Kagan,1992)
- Model Pembelajaran Round Club (Keliling Kelompok)
- Model Pembelajaran Pair Checks (Spencer Kagen,1993)
- Model Pembelajaran Time Token (Arends,1998)
- Model Pembelajaran Complete Sentence
- Model Pembelajaran Concept Sentence
- Model Pembelajaran Take and Give
- Model Pembelajaran Scramble
- Model Pembelajaran Word Square
- Model Pembelajaran Tebak Kata
- Model Pembelajaran Inside-Outside-Circle (Spencer Kagan)
- Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition-CIRC (Stevens–Slavin,1995)
- Model Pembelajaran Explicit Instruction (Rosenshina & Stevens,1986)
- Model Pembelajaran Demonstration
- Model Pembelajaran Course Review Horay
- Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining
- Model Pembelajaran Snowball Throwing
- Model Pembelajaran Bertukar Pasangan
- Model Pembelajaran Talking Stick
- Model Pembelajaran Group Investigation (Sharan,1992)
- Model Pembelajaran Role Playing
- Model Pembelajaran Debate (Debat)
- Model Pembelajaran Think Pair and Share (Frank Lyman,1985)
- Model pembelajaran Make a Match (Lorna Curran,1994)
- Model Pembelajaran Artikulasi
- Model Pembelajaran Problem Based Introduction ( PBI )
- Model Pembelajaran Mind Mapping
- Model Pembelajaran Jigsaw (Aronson,Blaney,Stephen,Sikes and Snapp,1978)
- Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions STAD (Slavin,1995)
- Model Pembelajaran Kepala Bernomor Struktur
- Model Pembelajaran Cooperatif Script (Dansereau Cs,1985)
- Model Pembelajaran Numbered Head Together
- Model Pembelajaran Picture and Picture
- Model Pembelajaran Examples Non Examples
- Pembelajaran Membaca di SD
- 35 Model Pembelajaran Efektif
- Pendalaman Materi Menulis di SD
- Model Pembelajaran Puisi/Pantun
- Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBI)
- Lesson Study
- Pengembangan Silabus
- Pembelajaran dengan Pendekatan CTL
- Macam-macam Model Pembelajaran Bhs.Indonesia
- Model Pembelajaran Bhs.Indonesia
- Model Pembelajaran
- Media Pembelajaran
- Strategi Pembelajaran Tematik
- Model Pembelajaran Tematik
- Kiat Menjadi Guru Berprestasi
- Menjadi Guru Berprestasi
Tulisan : 142 Postingan
Arsip Posting
Kategori
Tag
8 pendekatan alam alexa Artikel Award baca ceritakan bahasa belajar beranting berbasis kelas Bermain Peran Blog Buku cara Cara Ngeblog CTL drama dukotu evaluasi ganti latar ganti tokoh gerakan Google Earth guru berprestasi handphone imajinatif interpersonal intrapersonal jalur jawab pertanyaan kecerdasan ganda kesan tokoh Kontes Learning Comunity Lesson Study logika Lomba makanan Matematika Media Membaca meningkatkan pagerank Menulis menyusun metode metode puisi Model Model Pembelajaran Model Pembelajaran Berbicara Model Pembelajaran Bhs.Indonesia musik nutrisi otak objek gambar objek langsung pakem Parafrase Pembelajaran penghargaan penilaian Ponsel prestasi puisi re-kreasi sastra seni menaikkan pengunjung Silabus sinopsis skema Tematik top10 topseratus Tukar Link urutan alur visual worpressKlik Tertinggi
- Tidak ada
My Community
Blogroll
Blog Sahabat
Bergabung dengan 66 pelanggan lain
tolong kasih referensinya donk…
Materi postingan saya peroleh dari session widyaiswara ketika mengikuti pelatihan Guru Pemandu KKG di LPMP Jawa Tengah yang pada saat itu berasal dari slide.Namun Anda dapat mencari sendiri buku-buku yang berisi materi di atas, antara lain :
1. Cooperative Learning di Kelas Kita-Penulis Anita Lie, Penerbit Grasindo.
2. Model Pembelajaran Inovatif-Penulis Udin S. Winataputra , Penerbit Universitas Terbuka.
Mudah-mudahan dapat sedikit membantu, terimakasih.
Bisa tolong berikan penjelasan lebih lanjut tentang model time token ini g’, taw artikel-artikel yang membahas model ini secara lebih mendetail….soalnya bahan yang aku temuin tentang model ini masih minim banget..!
Mbak Dhia Safitri bisa mencari materi tsb lebih lengkap di 2 buku referensi yang saya sebutkan di komentar sebelumnya. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini.
tolong beri penjelasan yang lebih rinci donk ttg time token ini
Tolong paparan yang lebih rinci dan buku – buku yang dapat menunjang pembelajaran ini, bisa di dapat dimana j. di kota tempat saya tinggal mjasih terbatas. Trima kasih
Terimakasih, Mbak Ina Setyowati dan Mbak Dina Harika dapat merujuk jawaban saya atas komentar Mbak Shopie Meilani Susanti.Sementara baru ini yang bisa saya sampaikan.
Pak Wid, kira2 bukunya masih produksi gag ya??? penting nich mau buat skripsi PTK….
Kemungkinan sudah tidak produksi lagi kecuali Mas sigit pesan (di Pt Grasindo), atau di UPBJJ Universitas Terbuka di daerah Mas Sigit berada.Coba cari di toko buku bks barangkali ada Mas. Selamat berkreasi ya. salam hangat dariku.
pak widodo minta tolong boleh kan pak. minta supaya dikirimkan step2 time token versi aslinya(bhsa inggris),untuk refrensi skripsi pak. trimakasih ya pak.
Terimakasih atas tanggapannya Mbak Pery. Materi ini saya dapatkan saat mengikuti ToT Guru Pemandu di LPMP Jawa Tengah. Jadi maaf saya tidak memiliki buku versi Bhs.Inggrisnya. Buku referensi yang cukup relevan yang dapat saya sampaikan yaitu : 1. Mempraktikkan Cooperatif Learning di Kelas Kita- Penulis Anita Li, PT Grasindo. 2. Model Pembelajaran Inovatif-Penulis Udin S.Winataputra, penerbit Universitas Terbuka. Salam hangat dariku.
Pak, saya mau nanyak ni…
Kira2 model time token ini cocok gak ya untuk akuntansi
model pembelajaran time token bis g’ untuk sains?
tolong terbitkan referesi selengkap-lengkapnya mengenai time token
mksh sblmnya…..
minta tolong kelebihan dan kekurangannya model ini….
trus kjian pustakanya sdikit
thankz b-4
mz ephank..apakah anda sudah menemukan kekurangan dan kelibahan time token ?
ada 1 buku yang lengkap ga tentang metode time token?soalnya buku yang ada hanya menjelaskan metode time token secara singkat dan tidak lengkap.
model ini bgus sekali…sya ingin mengangkatx dlm PTK tpi referensinya dooonk..pliiiisss help me
lbih dijaskan dunk pembelajaran ini………lg butuh bget
aku cari di bukunya anita lie kok g da yang membahas tentang time token.
Yang terbitan tahun berapa ?silakan cermati komentar pengunjung blog, barangkali ada yang sudah menemukan.
pak, aku kan ge buat skripsi tentang model pembelajaran kooperatif tipe time token,,
naah aku mo minta tolong,,
gimana seh bentuk dari kartu time token itu??
uda beberapa kali aku cari referensinya gag ketemu..
makasih ya pak
skalian kalo ada materinya..
hehehe
mb meta…apakah anda sudah menemukan jawabannyaa..??saya sangat membutuhkannya
asslkm
untuk model pembelajaran time token mnrut bpak cocok ndak digunakan pd pelajaran matematika di materi persamaan linier dua variabel ???
li mohon saran nya,
terima kasih
ass…
mohon bantuannya, saya kurang jelas dengan langkah-langkah pembelajaran time token arends. bisa kah bapa menerangkan lebih rinci lg. terima kasih…
pak bentuk kuponnya seperti apa?lalu kelebihan dan kekurangan pada teknik ini apa….saya butuh bantuan pak…
Terima kasih Pak..atas postingan materinya 🙂
tolong dunk diperjelas kelebihan dan kekurangan dari time token….
dan juga artikel2ny….
bisa g tolongin dimana mesti cari bukunya pak,atau ada sm bpk,kalau ada tolong dong kirimin ntar brp biayanya sy bayar. makasi
Buku mana yang Mbak Naziya maksud?
Silakan lihat postingan saya”buku referensi model pembelajaran kooperatif’
salam hangat selalu
gimana thooo…bukunya yang berkaitan dg time token,,,ko’ ga” ada,,,download juga gak ada….nyari di mana ya,,,,,,,,,,,,,
pak minta tlong ya…minta judul bukunya donx….yg bahasa inggris untuk skripsi…maksih
Q dah dapat bukunya anita lie, cooperative learning: mempraktikkan cooperative learning di ruang-ruang kelas. tpi kok pembahasan tentang time token arends g ada yah?????
bukunya anita lie susah di cari….
q da dpt buku anita lie tp gk da yg membahas time token, terus gimana dong??
pak arti model time token itu pa yah?
maksih…..
q pinjaaaaaaaaaammmmmmmmmmmmmmmmm nyari gag dapet2 ney
butuh banget jurnal time token ini buat bahan skripsi q
Mas bisa minta 5 aja referensinya,,,,,,,,,,,,,,
skripsi q bahas ttng time token ne,,,,
semua temen ku yang di facebook dimana pun kamu berada ….
TOLONG BANTUIN AKU CARIIN BUKU YANG JUDULNYA COOPERATIF LEARNING PENGARANG NYA ANITA LIE…
DENGAN PEMBELAJARAAN KOOPERATIF PENGARANGNYA DRS.H.ISJONI,M.SI ….
aku perlu bantuan mu temen2 tolng cariin ditoko buku.. dikota temen2 skrang berada…
sblumya ats partisipasinya saya ucapakn byk terimakasih……… secepetnya…………
cp 085729326010
time token itu kupon berbicara..
Tolong referensi lengkapnya tentang model pembelajaran time tokennya pak….
Terima kasih
Tolong juga buku tentang model pembelajaran time token dapat saya beli dimana?
Dibalas ya….
makasih..
terimakasih infonya.., sangat membantu penelitian saya
pak apakah pembelajran model time toke ini bapak tau pengarangnya? minta tolong dikirim nama pengarangnya pak
trimakasih
tentang langkah-langkah time token t referensi ny buku apa y,,,?
learning to teach edisi 8 tahun terbitan 2008 karya richard I arends,,, buku ini bisa jadi referensi untuk yng mengankat tema time token,,,saking susah d carinya,,,kalo ada yang nemuin tolong kasi kabar doooonk…
cp 087743412025
Web traffic is very important for the popularity of your website. Using this method will keep you safe from being punished by Google’s strict rules on SEO, and will also mean that what traffic you do get from your SEO work is actually useful and could lead to real sales. A good SEO agency will have someone who is fluent in English, even if they are located in another country.