Cara Mengasah Kecerdasan Logika-Matematika Siswa (Logical-Mathematical Intelligence)
Kecerdasan Logika-Metematika adalah salah satu dari delapan kecerdasan ganda yang dilontarkan oleh Dr Howard Gardner dalam bukunya “Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences” . Ketujuh kecerdasan lainnya yaitu : kecerdasan bahasa, kecerdasan keruangan/Gambar, kecerdasan gerakan, kecerdasan musik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan alam.
Ciri-ciri siswa dengan kecerdasan Logika-Matematika di antaranya :
- Biasanya mempunyai kemampuanyang baik dalam bidang matematika dan system-sistem logika lain yang rumit.
- Mereka mengunakan penalaran dan logika serta angka angka dengan baik.
- Mereka berfikir secara konseptual dalam kerangka pola pola angka dan mampu membuat hubungan hubungan antara berbagai ragam informasi yang didapat.
- Mereka selalu ada rasa ingin tahu tentang dunia disekeliling mereka dan selalu menanyakan banyak hal serta mau mengerjakan eksperimentasi.
- Selalu mempermasalahkan dan menanyakan kejadian-kejadian yang ada, sehingga tak jarang mereka agak tak disukai atau membosankan karena terlalu banyak bertanya.
Adakah siswa di sekolah Bapak/Ibu yang mempunyai ciri-ciri seperti di atas? Jika ada, maka Bapak Ibu guru patut bersyukur karena mempunyai siswa unggulan di bidang logika-matematika. Bapak Ibu guru tinggal mendidik dan mengasah kemampuan mereka.
Adapun kemampuan siswa dengan kecerdasan Logika-Matematika di antaranya :
- Kemampuan dalam memecahkan masalah.
- Mengkategorikan dan mengklasifikasi inforrmasi yang diperoleh.
- Bekerja dalam konsep abstrak untuk mengketahui hubungan antara konsep.
- Mampu menghubungkan rantai-rantai rasio untuk melihat perkembangan satu kegiatan.
- Melaksanakan eksperimentasi terkendali.
- Mampu mengerjakan perhitungan matematika yang rumit dan sulit.
Kemunginan karir bagai siswa semacam ini bisa dalam bidang-bidang sbb; menjadi ilmuan, insinyur , ahli riset, akuntan dan ahli matematika.
Cara mengasah kecerdasan Logika-Matematika siswa, di antaranya :
- Berikan PR dengan porsi lebih baik dari segi kualitas maupun kuantitas soal.
- Berikan selalu reward atas keberhasilan siswa dalam pencapaian suatu tahap tertentu.
- Angkatlah ia sebagai tutor sebaya bidang studi matematika.
- Tidak ada salahnya Bapak Ibu guru memberikan pengayaan berupa soal-soal setaraf lomba olimpiade MIPA.
Mudah-mudahan postingan sederhana ini dapat menambah khazanah pengetahuan dalam proses pembelajaran, juga menambah wawasan dan inspirasi bagi Anda dan bagi Bapak/Ibu Guru di mana saja berada sehingga dapat lebih memahami karakteristik anak didik kita terutama dalam hal jenis kecerdasan anak didik kita. Pada akhirnya kita bisa memberikan yang terbaik bagi mereka dan menempatkan/memperlakukan mereka pada tempat yang tepat dan semestinya tanpa membeda-bedakan. Apabila Bapak/Ibu guru atau Anda ingin menambahkan dan memberi masukan tentu akan saya terima dengan kedua tangan terbuka dan senang hati.
Artikel terkait yang relevan :
Wah blog nya sangat edukatif,
Saya ingin berTukar link, semoga manfaat dan barokah
Saya terima dengan senang hati.Senang bisa bertukat link dengan Pak Hari Wuryanto.Semoga manfaat dan barokah pula.Amin.
Kalawo boleh tahu, panjenengan itu menghajar anyak-anyak di mana mas? 🙄
Wah ……saya ragu menyebutkannya Mas Wandi. Lihat profilku saja ya.Terimakasih kunjungannya. salam hangat jabat erat dariku.
thx y infonya.. ^^
sangat bermanfaat..
terima kasih infonya…